7 Makanan Khas Batak Wajib Dicoba !

Makanan Khas Batak – Suku batak merupakan suku terbesar ketiga di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya menduduki daerah Sumatera Utara. Suku batak sendiri terbagi menjadi 5 subetnis yaitu Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Mandailing dan Batak Toba. Mayoritas orang batak pada umumnya menganut Agama Kristen Protestan, Kristen Katolik dan Islam. Namun ada juga yang menganut kepercayaan tradisional yaitu Malim. Untung penganut kepercayaan ini disebut dengan Pamalim dan juga penganut kepercayaan Animisme. Tetapi seiring berkembangnya jaman para penganut kepercayaan ini semakin berkurang.

Baca Juga :

Apa saja makanan Khas Batak?

Suku yang sering disebut marga ini tentunya memiliki hidangan kuliner khas dari Batak yang sangat beranegaram dan tentunya menggugah selera.  Mari kita simak macam-macam makanan batak di bawah ini.

Dayok Nabinatur

Makanan khas Batak Simalungun ini bernama Dayok Nabitur. Makanan ini biasanya dihidangan saat ada upacara adat maupun acara besar para masyarakat Batak Simalungun. Bahan dasar yang digunakan merupakan daging ayam yang dimasak dengan campuran-campuran bumbu khas dari Batak.

Tasak telu

Makanan khas Batak yang selanjutnya adalah Tasak telu, makanan ini berbahan dasar daging ayam. Tasak telu adalah makanan khas dari suku Batak Karo. Untuk cara membuatnya pertama-tama daging direbus terlebih dahulu dengan dicampuri bumbu rahasia dari Batak Karo. Jika dikira sudah matang, pisahkan antara air dan dagingnya. Untuk kemudian air rebusan yang sebelumnya di jadikan sebagai kuah. Cara penyajian tasak telu kerap ditambah dengan potongan sayur hingga membuat tampilanya sekilas mirip dengan urap.

Cipera

Masih membahas makanan khas dari Batak Karo. Makanan selanjutnya adalah cipera. Makanan ini biasanya berbahan dasar ayam kampung. Karena yang membuat makanan ini menjad khas adalah pemakaian bahan dasar yang digunakan, maka ayam kampung wajib dipilih sebagai bahan dasar untuk membuatnya. Cara memasak Cipera sendiri adalah memotong-motong ayam terlebih dahulu kemudian potongan ayam tersebut dimasak menggunakan tepung jagung proses memasaknya direbus hingga mengental. Cita rasa yang dihasilkan makanan ini adalah Asam dan pedas yang dapat disesuaikan dengan selera kita masing-masing.

Manuk Napinadar

Makanan ini adalah salah satu makanan khas batak yang cukup unik. Mengapa unik? Karena cara memasaknya tergolong tidak biasa. Saat diolah atau dimasak, Manuk Napidanar ini akan d siram dengan darah ayam yang kita masak. Dan bumbu-bumbu andaliman yang mempunyai cita rasa yang khas. Untuk tekstur makanan ini tergolong lembut, namun kita dapat memilih tingkat kematangan ayam sesuai selera ya.

Naniura

Naniura juga sering disebut dengan sushinya orang batak, karena dari penampilan dan bahan yang digunakan sedikit mirip dengan makanan khas jepang sushi. Bahan yang digunakan untuk membuat Naniura adalah ikan mas, ikan mujahir atau ikan nila. Layaknya sushi ikan ikan tersebut akan disajikan dalam keadaan mentah/ tidak dimasak. Namun yang membedakan dengan sushi adalah bumbu yang dipakai adalah bumbu khas dari batak. Makanan satu ini mempunyai cita rasa asam segar. Hal ini terjadi karena proses pematanganya menggunakan asam.

Arsik

Arsik merupakan makanan khas dari Suku Batak yang berbahan ikan. Biasanya para warga lokal mengambil ikan di danau toba. Karena ketika yang dipakai adalah ikan yang segar, maka masakan akan terasa lebih nikmat. Yang membedakan rasa masakan ini adalah bumbu andaliman. Bumbu andaliman merupakan bumbu khas batak. Cita rasa makanan yang satu ini adalah rasa pedasnya. Bagi kita yang mempunyai selera pedas, wajib sih mencoba makanan yang satu ini.

Saksang

Bagi yang tidak memakan olahan babi, tidak direkomendasikan ya untuk mencicipi makanan satu ini. Yak arena Saksang adalah makanan yang berbahan dasar daging babi. Cara memasak dari saksang sendiri mirip-mirip dengan cara memasak makanan Napidanar. Dengan menyiramkan darah dari babi yang sedang dimasak. Jika membandingkan dengan babi panggang, sangsang sendiri lebih banyak memiliki daging dari pada babi panggang yang cenderung banyak terdapat lemak. Saksang sendiri biasanya dimasak menggunakan kamuliman yang mengeluarkan cita rasa pedas dan panas.

Nah di atas merupakan beberapa contoh makanan olahan khas dari suku batak dengan berbagai macam bahan dasar yang diolah. Sudah dapatkah pilihan mana yang akan kita nikmati saat berlibur ke daerah suku Batak? Pilih yang sesuai selera yaa.
Terima kasih. Selamat mencoba

Tinggalkan komentar