Makanan Khas Riau

Resep Makanan Khas Riau – Provinsi Riau adalah wilayah yang terletak di bagian tengah pantai sebelah timur pulau Sumatera. Wilayah ini berbatasan dengan selat malaka. Provinsi riau sendiri memiliki kurang lebih 6 juta penduduk.
Mengalami pemekaran pada tahun 2004 Riau memiliki ibukota bernama Pekanbaru dan memiliki kota besar yang lain adalah Dumai. Kepulauan Riau juga termasuk dalam sekelompok besar pulau-pulau kecil di sekelilingnya termasuk Pulau Bintan dan Batam yang berada di selatan Singapura dan timur Sumatera.

 

Berdasarkan letak geografisnya Riau memiliki makanan khas yang bergenre melayu. Hal ini dapat kita ketahui melalui nama makanan yang ada. Biasanya kuliner akan menjadi sebuah identitas suatu daerah. Begitupun makanan khas riau. Karena sebagian penduduknya adalah orang melayu maka makanan khas riau pun bercita rasa melayu bahkan dalam penamaan juga terpengaruh.

 

Saat kita berkunjung atau bahkan berwisata menuju ke sebuah daerah maka kita akan melakukan banyak hal. Yang paling sering dilakukan selain menuju ke objek wisata adalah berburu kuliner.

 

Berburu makanan khas riau adalah sebuah hal yang menyenangkan dan tentunya akan menambah pengalaman yang tidak mudah dilupakan. Sebagai wilayah yang berada di dekat pesisir yang berbatasan langsung dengan laut lepas, Riau memiliki aneka ragam makanan khas riau yang nikmat dan lezat tentunya.

 

Apa saja sih makanan khas Riau?

 

Makanan khas riau adalah makanan etnis melayu yang sering ditemui di Negara tetangga kita Malaysia juga dibeberapa wilayan Indonesia seperi Kalimantan barat, Jawa dan Sumatra utara.

Karakter utama dari masakan khas Riau adalah banyaknya penggunaan rempah-rempah disemua masakan. Penggunaan satan juga tidak kalah penting sebagai ciri khas makanan enak melayu yang bertekstur kental.

 

Makanan Khas Riau

 

Nasi Lemek

 

makanan khas riau

 

Tidak hanya dapat ditemui di Provinsi Riau, nasi lemek juga banyak terdapat di daerah Brunei, Singapura dan Malaysia. Nasi lemek sendiri biasa di sajikan sebagai hidangan sarapan oleh masyarakat melayu pada umumnya.
Nasi lemek biasanya akan di partnerkan bersama sambal, teri goreng, telur dan irisan mentimun. Dengan adanya lauk yang bernaeka ragam, maka terciptalah invasi nasi lemek menggunakan sate, daging, ikan, tempe dan tahu.

 

Sup Tunjang

 

 

Salah satu hidangan favorit masyarakat Riau adalah sup tunjang. Terbuat dari kaldu kaki sapi yang menciptakan cita rasa kuah kaldu yang gurih.

Keunikan dari sup tunjang adalah kaki sapi yang masih terdapat sisa-sisa potongan daging yang sengaja dibiarkan dan direndam dengan waktu yang cukup lama, sehingga memiliki tekstur yang lembut dan menggoda.

 

Asam Pedas Ikan Baung Riau

makanan khas riau

Makanan Khas Riau yang satu ini adalah makanan yang berbahan dasar ikan. Untuk mendapatkan cita rasa asam pedas ikan baung, biasanya masyarakat Riau akan menggunakan rempah tradisional seperti jahe, bawang, kunyit, lengkuas dan lain sebagainya.

 

Cita rasa asam dalam hidangan ini kita peroleh dari air asam Jawa yang digunakan untuk merendam ikan Baung itu sendiri juga bumbu yang digunakan.

BACA JUGA :

Oleh-oleh khas Riau

 

Jika kita sedang beribur atau berkunjung ke Provinsi Riau, namun ingin membawa buah tangan untuk keluarga di rumah, tidak ada salahnya untuk membawakan oleh-oleh khas riau sebagai berikut.

 

Kacang Pukul Bagansiapiapi

 

Olahan kacang yang menjadi favorit para wisatawan untuk di jadkan oleh-pleh khas riau adalalah kacang pukul bagansiapiapi. Makanan yang turun temurun selalu diproduksi oleh etnis tionghoa di kota pecan baru ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Seperti namanya, oleh-oleh ini berasal dari kota Bagansiapiapi.

 

Lempuk Durian

 

Jika kita sudah pernah memakan dodol, lempuk durian adalah makan sejenis dodol yang berbahan dasar durian. Lempuk durian juga menjadi favorit turis lokal maupun mancanegara, bercita rasa manis, rasanya makanan ringan khas riau ini cocok untuk dijadkan oleh-oleh.

 

Resep Makanan Khas Riau Sup Tunjang

 

Bahan :
1 buah kaki sapi
4 buah wortel
daun bawang secukupnya
1 buah tomat
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah

 

Cara memasak

 

  • Rebus kaki sapi yang sudah dibersihkan selama kurang lebih 60 menit
  • Buang air rebusan, kemudian ganti dengan air baru (untuk di jadkan kuah)
  • Jika air sudah mendidih masukan wortel dan bahan lainya
  • Jika dirasa kuah sudah matang, dapat diangkat lalu sajikan

 

Demikian beberapa Makanan Khas Riau semoga bisa menambah informasi bagi kita semua bagi yang belum pernah menikmati. Selamat Mencoba

 

Tinggalkan komentar