7 Makanan Khas Suku Minang Wajib Dicoba!

Makanan Khas Suku Minang

Makanan Khas Suku Minang – Suku miang adalah suku yang berasal dari provinsi sumatera Barat. Cerita rakyat yang melegenda menjadikan suku Minang terkenal diseluruh rakyat Indonesia hingga dunia. Suku minang berada di urutan ke 7 dengan populasi terbanyak di antara suku yang berada di Indonesia. Suku minang sendiri menduduki sebagian besar wilayah Sumatera Barat yang beribukota Kota Padang. Penduduknya sendiri berkisar diangka 4,9 juta jiwa dan menduduki Sumatera Barat, maka dari itu Sumatera Barat sangat dikenal dengan Suku Minang.

Makanan Khas Suku Minang akan kita bahas dengan lengkap untuk menambah wawasan kita terhadap keaneka ragaman budaya Indonesia. Hal ini bertujuan agar kita dapat mengerti makanan-makanan khas yang berada di Sumatera Barat. Seperti makanan Negeri Sembilan dan yang berasal dari daerah lain. Semuanya sudah melalang buana di Indonesia bahkan hingga keluar negri. Contoh sederhana adalah adanya rumah makan Padang yang dapat kita temui di seluruh daerah Indonesia.

Apa Saja Makanan Khas Suku Minang?

BACA JUGA : 

Di bawah ini akan ada contoh beberapa makanan khas suku minang. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa contoh makanan minang di bawah ini.

Rendang

Rendang

Makanan Khas Suku Minang yang pertama adalah Rendang. Saya rasa semua masyarakat Indonesia sudah tahu ya makanan khas suku minang yang satu ini. Sejarahnya makanan ini hanya disajikan pada saat acara tertentu saja namun seiring berkembangnya jaman dan semakin makmurnya kehidupan manusia saat ini menjadikan rendang dapat kita nikmati pada saat kapanpun dan di manapun kita berada. Karakter khas rendang yang pedas dan gurih pastinya sulit untuk kita lupakan. Bahan dasar rendang sendiri merupakan daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan berbagai macam rempah khas minang. Karena proses memasaknya yang lama, menjadikan rendang memiliki cita rasa yang sempurna dan tekstur lunak yang akan sangat nikmat dinikmati dengan nasi yang masih hangat.

Sate Padang

Sate Padang

Makanan Khas Suku Minang yang kedua adalah sate padang, Untuk kita para pecinta sate tentunya Sate Padang bukan termasuk makanan yang baru. Makanan ini juga sudah dapat kita temui di berbagai daerah di Indonesia tidak hanya di daerah asalnya saja. Bahkan mungkin salah satu dari kita menikmati sate padang di dekat tempat tinggal kita yaa. Keunikan dari sate padang adalah bumbu aneka rempah dan dicampur dengan kaldu ayam yang memiliki tekstur kental dan cita rasa yang gurih dan pedas tentunya akan memanjakan lidah kita.

Gulai Itiak

Gulai Itiak

Apakah sudah pernah menjoba Gulai Itiak? Bagi yang sudah mungkin mengerti ya apa itu gulai itiak, namun untuk beberapa orang masih asing dengan masakan yang satu ini. Gulai itiak adalah Gulai yang terbuat dari Daging Itik iya hanya penamaanya saja karena orang minang menyebut itik adalah itiak. Itik yang dimasak untuk membuat Gulai biasanya itik yang masih muda karena daging yang dihasilkan oleh itik muda masih gurih dan tergolong empuk.

Bubur Kampiun

Bubur Kampiun

Bubur Kampiun merupakan kolaborasi antara beberapa jenis bubur yang disajikan dalam 1 wadah. Adapun macam macam bubur yang digunakan yaitu Bubur sum-sum, bubur ketan, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam dan bubur candil. Makanan ini berasal dari kota bukit tinggi. Biasanya orang minang membuat makanan ini disaat ramadhan karena biasa untuk dijadikan takjil pada saat bulan puasa.

Gulai Tunjang

Gulai Tunjang

Memanglah masyarakat minang terkenal dengan olahan gulai yang tidak dapat dipungkiri rasanya.  Makanan khas minang yang memiliki cita rasa yang khas dan tidak dapat terlupakan. Salah satu gulai yang sangat terkenal adalah Gulai Tunjang. Berbahan dasar kikil dan tulang lunak kemudian dimasak dengan bumbu gulai khas minang membuat makanan ini bertekstur sedikit kenyal dengan rasa gurih dan pedas yang mendominasi.

Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

Dendeng yang menjadi primadona oleh masyarakat minang ini terbuat dari bahan dasar daging sapi. Bentuk nya mirip-mirip seperti dendeng balado namun cabai yang dipakai biasanya adalah cabai hijau yang segar menjadi cita rasa yang khas. Cara pengolahanya sama seperti dendeng lainya yang membedakan adalah setelah dagingya direbus, kemudian daging ditokok-tokok agar menjadi tipis dan bumbunya dirasa akan lebih meresap.

Sala Lauak

Sala Lauak

Makanan Khas Suku Minang yang terakhir adalah sala lauak. Makanan ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan tepung. Teksturnya mirip dengan bakso sebenarnya namun olahan ini tidak berkuah. Yang menjadikan makanan ini unik adalah cara memasaknya yang digoreng hingga kering hingga mendapatkan tekstur yang krispi dan rasa yang gurih, untuk menambah rasa nikmat, kita bisa menikmatinya menggunakan sambal. Makanan yang cocok dinikmati saat bersantai dijadikan camilan menjadi primadona masyarakat minang .

Sebenarnya masih banyak makanan khas dari suku minang. Namun penjelasan di atas di rasa cukup untuk menggambarkan makanan khas dari suku minang. Selamat mencoba

Tinggalkan komentar