8 Makanan Khas Labuan Bajo Wajib Dicoba !

Makanan khas Labuan Bajo

Makanan khas Labuan Bajo – siapa yang tidak mengenal Labuan bajo. Ya memang daerah ini terkenal dengan wisata alamnya yang sering juga disebut dengan sepetak surga yang ada di Indonesia. Labuan bajo sendiri merupakan sebuah kota yang mayoritas penduduknya adalah bermata pencaharian sebagai nelayan yang terletak di ujung barat Flotes provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bagi pecinta healing-healing ga penting hhe Labuan bajo merupakan salah satu impian atau tujuan yang harus didatangi. Ya karena Labuan bajo menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa dan tidak dapat kita temui di daerah lainya. Salah satu wisata andalan dari Labuan bajo sendiri adalah Taman Nasioanal Komodo yang mempunyai keindahan alam yang mempesona dan terdapat hewan pra sejarah yang mendunia. Tidak hanya itu Labuan bajo juga menawarkan keindahan pulau, pantai dan hewan-hewan laut yang masih alami dapat kita temukan di Labuan bajo ini.

BACA JUGA :  

Namun siapa sangka, bahwa Labuan bajo tidak melulu soal wisata alam. Labuan bajo sendiri menyimpan ke eneka ragaman kuliner yang wajib kita coba saat berkunjung ke daerah ini.

Apa sajakah makanan khas dari Labuan bajo?

Nah, jika ingin mengetahui apa saja kuliner khas dari Labuan bajo ada baiknya kita menyimak penjelasan di bawah ini.

Aneka Seafood

Aneka Seafood

Makanan khas Labuan Bajo yang pertma adalah olahan seafood Karena Labuan bajo tergolong daerah yang dikelilingi perairan maka tidak salah jika Labuan bajo memiliki kuliner yang berbau seafood. Aneka ragam hewani dari perairan Labuan bajo seperti ikan, lobster, cumi-cumi, kepiting dan masih banyak yang lainya dapat menjadi pilihan saat kita sedang berlibur ke Labuan bajo.

Tumis Bunga Pepaya

Tumis Bunga Pepaya

Makanan yang satu ini merupakan hidangan yang biasa dijadikan sebagai pendamping saat kita memakan nasi. Di daerah Labuan bajo tumis bunga papaya ini sangat lah ternama. Olahan bunga papaya ini sangat cocok di jadikan pendamping saat kita memakan nasi hangat-hangat sembari menikmati keindahan alam Bajo.

Jagung Bose

Jagung Bose

Jika kita ingin mengisi perut tetapi bukan dengan nasi, nampaknya makanan satu ini cocok untuk dijadikan untuk pilihan. Jagung Bose merupakan makanan pengganti Nasi yang dikonsumsi oleh masyarakat bajo. Jagung yang ditumbuk dengan menggunakan lesung. Kemudian dimasak dengan campuran kacang merah dan santan untuk mendapatkan rasa yang gurih sangat nikmat jika dinikmati saat hangat.

Sup Ikan Kuah Asam

Sup Ikan Kuah Asam

Memang untuk wilayah Indonesia bagian timur terkenal dengan kekayaan hasil laut termasuk juga Labuan bajo. Makanan khas pulau komodo ini tidak dapat dipisahkan dengan menu ikan. Kita wajib mencoba makanan yang satu ini. Sup ikan kuah asam yang segar dan enak dengan bumbu kuah asam berasal dari belimbing wuluh yang dicampur sebagai salah satu bumbu. Perpaduan akan semakin nikmat dengan rasa gurih yang dihasilkan dengan ikan segar yang baru diambil dari laut.

Kolo Labuan Bajo

Kolo Labuan Bajo

Kita pasti sudah sering mendengar atau bahkan sudah pernah menikmati makanan yang satu ini. Jika kita berada di Labuan Bajo makanan yang berupa nasi bakar dinamakan dengan Kolo. Namun pembuatanya dilakukan dengan cara yang istimewa. Kolo akan dimasak/dibakar dengan menggunakan alat yang khusus dan bara api. Sebelum dibakar, nasi yang sudah disiapkan diberi bumbu khas lalu dibakar menggunakan bamboo selama kurang lebih 30 menit.

Sambal Ikan Teri

Sambal Ikan Teri

Jika kita menyukai makanan yang pedas, maka makanan yang satu ini layak dicoba. Rasa pedas pedas yang dihasilkan dari sambal dan rasa gurih dari ikan teri yang digunakan, menjadikan sambal ikan teri ini terasa nikmat. Jika anda memadukan dengan nasi kolo maka akan menjadikan sebuah santapan yang nikmat.

Rebok

Rebok

Siapa yang belum pernah mendengar Rebok? Memang namanya asing ditelinga kita terlebih belum pernah menggunjungi Labuan Bajo. Rebok merupakan jenis camilan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa. Penduduk lokal Labuan bajo, sering menjadikan makanan ini sebagai cemilan. Jika dijawa, rebok mirip dengan cemilan sagon.

Roti Kompyang

Roti Kompyang

Makanan khas Labuan Bajo yang satu ini memiliki bentuk yang khas yaitu Oval. Jika ingin mendapatkan jajanan satu ini, kita dapat membeli di toko-toko sepanjang jalan pertigaan gede labuhan bajo. Banyak sekali makanan-makanan khas Labuan bajo yang dijual disitu.

Banyak makanan khas daerah Labuan bajo, di atas adalah beberapa rekomendasi dari Zonamakan yang dapat dinikmati saat kita berlibur kelabuhan bajo. Semoga penjelasan beberapa makanan di atas dapat menjadi rekomendasi anda saat berlibur kelabuhan bajo. Semangat mencoba

Tinggalkan komentar