5 Makanan Khas Kota Bima Yang Patut Dicoba!

makanan khas kota bima

Halo apakabar kali ini zona makan akan membahas tentang makanan khas kota Bima  yang secara geografis terletak di ujung timur pulau Sumbawa Diantara 8°20′-8°30′ Lintang Selatan dan 118°41′-118°48′ Bujur Timur. Dengan sebagian batas wilayahnya di kelilingi oleh kabupaten bima yaitu Ambalawi di sisi utara, Pelibeo di sebelah selatan, Wawo pada sebelah Timur, dan Teluk Bima yang ada di seblah barat.

Luas wilayah kota Bima sendiri meliputi wilayah daratan seluas 222,25 kilometer persegi dan memiliki jumlah kecamatan sebanyak 5 kecamatan yang ditinggali oleh penduduk asli Bima dan beberapa suku pendatang.

Hampir 30 persen kota bima merupakan wilayah Kecamatan Asakota, dan 57,5 persen adalah wilayah Rasanae Timur dan Raba. Dan sisanya merupakan wilayah yang masuk ke dalam kecamatan Mpunda dan Rasanae barat. Jumlah penduduk Kota Bima hanya sekitar 3,3 persen dari total penduduk provinsi nusa tenggara barat yaitu kurang lebih sebesar 163 jiwa.

BACA JUGA : Makanan Khas Kupang

Karena letaknya yang sangat strategis Kota Bima adalah salah satu destinasi wisata yang sangat digandrungi banyak orang untuk tempat tujuan wisata. Terkenal dengan wisata pulaunya, bima juga memiliki destinasi wisata alam yang eksotis dan menawan. Tidak hanya itu Bima juga menawarkan kebudayaan yang masih asli dan masih banyak menjaga warisan para leluhur dan tetap menjaga tradisinya yang kuat.

Selain destinasi wisata yang terkenal, kota Bima juga memiliki sisi lain yang patut kita ketaui. Kuliner, ya seperti kota kota atau daerah yang lainya, kota Bima memiliki beberapa makanan khas yang menawarkan ciri khas rasa berbeda. Untuk soal rasa, nampaknya kota bima memiliki ciri khas makanan dan segala resep rahasia yang membuat wisata kulinernya wajib untuk kita coba, karena orang orang Bima yang selalu masak menggunakan bumbu atau rempah terntentu.

Nah dibawah ini kami akan mengupas beberapa makanan khas Kota Bima yang pastinya wajib anda coba saat berwisata ke kota Bima.

Ro’o sambi

makanan khas bima

Apakah kita pernah mendengar makanan ini? makanan yang terbuat dari daun kosambi ini merupakan salah satu makanan khas Kota Bima. Dalam penyajianya, masakan ini biasa dipadukan dengan campuran daging. Seperti daging sapi, kerbau atau juga rusa. Dalam memasak ro’o samba ini, daun kosambi yang sudah kita sediakan hanya kita rebus dengan sedikit air, kemudian dibentuk menjadi sebuah bulatan menyerupai onde onde. Kemudian daun dibentuk menjadi bulat. Makanan ini disebut memiliki banyak khasiat dan rasanya yang tergolong unik, dapat menarik rasa penasaran kita akan makanan khas bima satu ini. jika kita sedang berada di kota bima, ro’o samba adalah makanan yang patut kita coba.

Bingka dolu

Bingka Dolu

Salah satu jajanan atau makanan khas bima yang wajib kita coba adalah Bingka Dolu, kue ini adalah kuliner khas Bima. Makanan yang atu ini memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan kue lumpur. Bingka dolu sendiri terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, gula dan beberapa adonan lainya. Jajanan ini dapat kita nikmati sembari kita menikmati wisata alam yang disajikan kota bima dan menikmatinya sembari minum the. Mantap gan

Uta muju puru

Uta Muju Puru

Kuliner atau makanan khas Bima selanjutnya adalah Uta Muju Puru. Makanan khas bima yang satu ini sedikit mirip dengan dendeng yang biasanya. Namun yang membedakan adalah dasar yang dipakai. Jika dendeng menggunakan daging sapi, Utu Muju Puru menggunakan daing rusa. Mungkin kita akan menemukan sensasi berbeda dengan sajian yang satu ini. hmm daging rusa. Rasanya sangat menarik ya untuk kita coba. Dalam penyajianya, daging rusa diolah seperti dendeng lalu kemudian dibakar dan diberi bumbu rempah rempah khas Bima. Proses pemasakan yang tergolong rumit ini adalah yang membuat kudapan satu ini menjdai makanan yang wajib kita coba.

Uta sepi tumis

Uta sepi tumis

Untuk para penikmat seafood, nampaknya menjadi hal yang wajib untuk menjajal kuliner khas bima yang satu ini. pasalnya bahan dari uta sepi tumis ini adalah udang udang kecil atau biasa kita sebut udang rebon. Dalam penyajianya biasa dipadukan dengan bumbu dari cabai, tomat, kemangi dan asam muda. Hal ini lah yang membuat cita rasa dari uta sepi tumis ini cenderung pedas manis.

Kue mata pisang

Kue mata pisang

Kuliner khas bima yang terakhir kita bahas adalah kue mata pisang. Cemilan yang satu ini sering dijadikan sebagai makanan penutup. Yang menjadi keunikan makanan ini adalah biasa di sajikan dengan es batu yang telah diserut. Umumnya pisang yang digunakan untuk membuat menu ini adalah pisang kapok yang diletakan di tengah adonan yang terbuat dari ubi. Mirip dengan mata roda yaa hhe. Dalam penyajian lain juga terkadang di bubuhi gula merah, garam kelapa parut dan pewarna makanan agar terlihat lebih menarik.

BACA JUGA : Makanan Khas Lombok

Demikian beberapa makanan khas kota Bima yang kami rekomendasikan, semoga dapat menjadi referensi wisata kuliner anda saat berwisata ke kota bima. Selamat menikmati

Tinggalkan komentar