8 Makanan Khas Solo Wajib Dicoba!

makanan khas solo

Halo semuanya zona makan kali ini akan membahas tentang makanan khas Solo. Kota Solo merupakan kota yang terkenal dengan budaya dan adat istiadat Jawa. Selain itu, solo juga dikenal dengan beragam macam makanan khas yang sangat mengguggah selera. Makanan khas solo terbilang sangat beraneka rakam, ada Timlo, Nasi Liwet dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kota solo juge memiliki jajanan yang sangat beraneka ragam dan sangat menarik tentunya. Salah satu ciri khas makanan kota Solo adalah penggunaan bumbunya. Rasa yang nikmat dan Aromanya yang khas akan menjad sebuah rasa yang kita kenang dan sulit dilupakan saat mengunjungki kota solo. Dikutip dari buku Wisata Kuliner Makanan Khas Solo yang di tulis Miftah Sanaji pada tahun 2010 dan berbagai sumber lainya, berikut daftar makanan khas solo yang wajib kita coba.

Sejak dahulu, makanan merupakan komponen yang penting, dalam tradisi Jawa. Hal ini berlaku juga di Solo. Keberadaan keratin Surakarta yang selalu menjaga kelestarian tradisi memiliki andil besar dalam menciptakan makanan khas dengan berbagai macam cita rasanya. Beuh makanan keratin ni boss.

Di kutip dari buku Kulier Surakarta : Menciptakan Rasa Penuh Nuansa, aneka ragam makanan yang menjadi pelengkap pada kegiatan adat tradisi Jawa ini tertulis jelas dalam naskah Serat Centhini. Selain suku Jawa, sejak masa penjajahan juga banyak suku China dan Arab yang mendiami wilayah ini. keragaman suku ini pun berpengaruh kepada akulturasi budaya dan kuliner tentunya.

Untuk makanan khas solo, memiliki rasa yang cenderung manis dan gurih. Penggunaan bumbu santan kelapa, gula kelapa dan garam yang menciptakan rasa tesebut. Makanan solo dapat mudah kita temukan di rumah makan, warung hingga restoran. Selain itu ada beberapa makanan khas solo yang hanya di sediakan pada acara tertentu.

Yuk Baca Juga ! 

Olahan berbahan dasar beras, jagung maupun singkong, menjadi makanan utama yang sering dinikmati masyarakat solo. Saat ini kota solo sangat identic dengan kuliner nasi liwet. Pada jaman dulu, masyarakat Jawa pada umumnya kerap mengkonsumsi nasi berbahan dasar jagung atau singkong. Nasi ini di kenal dengan sebutan nasi Tiwul.

Menu makanan yang biasanya menjadi pendamping hidangan utama masakan solo dan berfungsi sebagai lauk pauk ini biasanya dibagi menjadi dua yaitu nabati dan hewani. Untuk lauk nabati terdiri sayur mayor, kacang atau umbi umbian. Seperti tempe bacem, bayam kenikir dan lainya. Untuk lauk nabati contoh nya adalah gadhon, gulai dan masih banyak lainya.

Jajanan khas solo sering di sebut dengan jajanan pasar. Karena makanan ini dapat mudah kita dapatkan di pasar tradisional yang berada di kota Solo.biasanya juga menjadi pelengkap dalam acara adat kota solo.

Untuk minuman kota solo juga menawarkan minuman khas kota Solo, salah satunya adalah Wedang jahe, wedang cemoe dan lain sebagainya.

Dibawah ini akan kami uraikan beberapa makanan khas dari kota Solo yang bisa dijadikan sebagrai refrensi jika kita sedang berwisata di sana.

Selat Solo

Selat solo

Makanan khas solo yang pertama adalag Selat Solo mengadopsi steak dari luar negri itu yang membuat masyarakat membuat inovasi sensasi menikmati steak sesuai selera lidah mereka.

Sambal Goreng Labu Siam

Sambal goreng labu siam

Saat berkunjung ke kota Solo nampaknya kurang lengkap, jika belum mencoba makanan khas solo yang satu ini. Sambal goreng labu siam biasanya disajikan bersama nasi liwet. Dengan adanya sambal labu siam ini, kita akan mendapat sensasi berbeda saat menikmati nasi liwet.

Gudeg Ceker

Gudeg ceker

Solo juga memiliki Gudeg. Namanya gudeg Ceker. Makanan yang satu ini sering kita termu di jalan Monginsidi Surakarta. Konon warung yang menyediakan menu Gudeg Ceker ini sudah ada sejak 1960 dan tidak pernah sepi pengunjung.

Nasi Liwet

Nasi liwet

Menu yang biasa disajikan di atas daun pisang menambah rasa tradisionalnya. Makanan ini dapat kita temukan di seluruh penjuru kota solo.

Tongseng

Tongseng

Bagi masyarakat luas, tongseng sudah menjadi salah satu makanan favorit dari solo, sehingga tidak heran jika tongseng menjadi salah satu makanan khas kota solo.

Timlo

Timlo

Makanan ini memiliki tampilan yang mirip dengan sup. Memiliki kuah yang segar dan dipadukan dengan resep resep khas masakan solo, membuat makanan ini sangat nikmat untuk di santap.

Sate Kere

Sate kere

Ini adalah olahan dari olahan ampas kedelai, atau sisa produksi tahu. Menarik untuk di coba.

Brambang Asem

brambang asem

Makanan ini hampir punah tergerus perkembangan jaman, makanan ini berdasarkan tempe gembus. Sehingga kurang lengkap jika kita tidak mencobanya saat kita berada di solo.

Demikian beberapa ulasan tentang makanan khas solo. Namun sebenarnya masih banyak lagi makanan khas yang di tawarkan Kota solo. Jika sedang berada di solo tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas nya. Semangat mencoba

Tinggalkan komentar