Tempat Makan di Batu Malang

Tempat makan di Batu Malang – Batu, sebuah kota kecil di daerah Jawa Timur yang masuk ke dalam kesatuan wilayah metropolitan Malang yang sangat populer menjadi tempat wisata.

Banyak destinasi-destinasi tertentu di Batu yang sering dijadikan tujuan untuk berwisata. Ke-tenaran kawasan wisata Batu sudah cukup populer bukan hanya di dalam negeri saja namun hingga ke negeri tetangga.

Akhir pekan atau musim liburan sekolah menjadi waktu yang sangat ramai dipadati pengunjung. Biasanya pengunjung yang datang ke Batu merupakan rombongan sekolah ataupun keluarga.

Selain menikmati indahnya wisata di Batu, wisata kuliner atau berburu makanan menjadi bagian yang cukup penting dilakukan saat berkunjung ke Batu.

Banyak tempat-tempat makan yang menyajikan hidangan yang tradisional atau yang tidak bisa kita jumpai di daerah lain.

Berikut adalah rekomendasi tempat-tempat makan di Batu yang sangat favorit untuk keluarga.

1. Warung Wareg

tempat makan paling favorit di batu

Salah satu tempat kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota Batu Malang adalah Warung Wareg ini.

Tempat makan di Batu Malang yang cukup populer menjadi pilihan keluarga ini menyediakan masakan tradisional khas Indonesia.

Namun menu yang paling terkenal disini adalah masakan olahan gurameh, seperti gurameh goreng, gurameh tepung asam manis, dan gurameh bakar dengan berbagai macam rasa.

Selain gurameh, tempat ini juga menyediakan menu masakan lain seperti ayam goreng, aneka tumis, dan camilan.

Untuk harga makanan disini bervariatif mulai dari Rp 40.000 gurameh gorengnya.

Lokasi
Warung yang berlokasi di Jl. Raya Dieng No. 9, Batu ini tiap harinya buka dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam.

2. Sate Hotplet

restoran pilihan di batu

Sate merupakan makanan khas Indonesia yang hampir bisa ditemui di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kota Batu ini. Penyajian sate di warung ini terbilang cukup unik.

Penamaan warung ini diambil dari cara penyajian sate yaitu dengan menggunakan hot plate atau piring besi panas yang menjaga sate tetap panas.

Di warung ini terdapat dua pilihan menu sate yaitu sate ayam atau kambing, dengan ditemani pilihan bumbu sambal kecap atau sambal kacang.

Selain sate, disini juga tersedia menu gule atau tongseng jika pengunjung ingin makanan berkuah.

Seporsi sate disini dijual mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 75.000.

Lokasi
Warung yang berlokasi Jl. Patimura No. 40, Batu ini buka tiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

3. Jungle Fast Food Resto

tempat makan di batu

Salah satu tempat makan di Batu Malang yang memberi nuansa berbeda, dan sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga adalah Jungle Fast Food Resto.

Di sini, pengunjung akan diajak untuk menyantap makanan dengan konsep ruangan yang membuat pengunjung seolah berada di dalam hutan belantara.

Jangan terkejut jika melihat hewan-hewan liar koleksi Batu Secret Zoo seperti singa, macan tutul dan harimau. Hewan-hewan tersebut sebenarnya berada di luar restoran.

Hanya saja, di antara pengunjung dan hewan dipisahkan oleh kaca tebal, sehingga tidak membahayakan keselamatan para pengunjung restoran.

Terdapat beberapa menu makanan yang disajikan Jungle Fast Food ini seperti menu khas Indonesia, chinese food, khas eropa, dan lain-lain.

Untuk makan disini, pengunjung cukup merogoh kocek mulai dari Rp 30.000 untuk dapat makan sekaligus melihat hewan seperti di kebun binatang.

Lokasi
Lokasi jungle fastfood, tempat makan yang bertemakan suasana hutan.

4. Pecel Kawi Hj. Musilah

tempat makan paling favorit di batu

Cukup dengan Rp 10.000 kita sudah bisa menikmati seporsi nasi pecel lengkap dengan peyek kacang.

Tempat makan di Batu Malang yang cukup melegenda ini jangan sampai kamu lewatkan jika berkunjung ke sini.

Aneka sayuran seperti kangkung, timun, kacang panjang, dan kembang turi disajikan di atas nasi hangat dan disiram bumbu pecel.

Sensasi gurih dan sedikit pedas langsung menyapa lidah ketika mencicipi bumbu kacang ala pecel kawi. Rasa bumbu pecelnya pun tidak terlalu manis khas selera masyarakat Jawa Timur.

Untuk melengkapi hidangan, kita dapat memilih aneka lauk seperti telur ceplok, perkedel, hingga ayam pedas.

Pecel legendaris ini menyediakan jam buka yang panjang untuk memanjakan konsumennya yaitu mulai buka pukul jam 6 pagi dan tutup jam 9 malam.

Lokasi
Sesuai namanya, warung ini terletak di Jl. Kawi No. 43, Klojen.

5. Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo

restoran pilihan di batu

Tempat makan di Batu Malang berikut ini terkenal akan sensasi kuliner yang dijamin membuat kalian terkesan.

Makanan tradisional seperti aneka olahan ikan air tawar, ayam kampung, bebek dan sayuran menjadi hidangan utama yang terdapat di warung ini.

Bukan hanya makanannya saja yang terkenal enak dan tersaji dalam berbagai macam varian, nuansa alam khas daerah Batu yang terkenal akan hawa sejuk dan pemandangannya yang asri.

Dari berbagai menu yang tersedia, kita cukup merogoh kocek mulai dari Rp 20.000 untuk makan dengan nikmat.

Lokasi
Waroeng Bamboe Lesehan yang terletak di Jl. Pacet, Batu ini buka setiap harinya mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 9 malam.

6. Pos Ketan Legenda

tempat makan di batu

Ya, makanan yang berlokasi di sebelah alun-alun Batu ini unik sekali.

Ketan yang biasanya disajikan dengan kelapa parut atau bubuk, ditempat ini disajikan dengan cukup unik. Ketan Legenda ini berdiri sejak tahun 1967.

Dulu menunya hanya ketan dengan kelapa parut/bubuk, namun seiring berjalannya waktu inovasi demi inovasi sampai saat ini lebih dari 10 varian menu.

Sebuah ketan hangat di taburi beraneka varian rasa, seperti rasa durian, meses, keju, nangka, pisang, susu, gula merah, susu kedelai dan juga ada menu yang sudah disajikan secara mix atau dicampur.

Harga ketan di tempat ini dimulai dari Rp 7.000 sampai Rp 12.000.

Lokasi
Warung yang berlokasi di Jl. Kartini No. 6, Batu ini tiap harinya buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

7. Wakul (Warung Kuliner)

tempat makan paling asyik di batu

Sesuai namanya, warung ini menyediakan beragam kuliner bagi wisatawan yang ingin bersantap bersama keluarga atau teman.

Dengan area yang cukup luas, Wakul memiliki beragam fasilitas seperti area restoran dengan 2 tipe yaitu lesehan dan kursi, kolam ikan, tempat bermain anak-anak, serta mushola di bagian belakang.

Yang unik dari warung ini adalah menu sambalnya. Untuk menikmati sambal disini, kita tidak dikenakan biaya alias gratis. Jadi bagi para pencinta sambal dan pencinta pedas wajib mencoba warung ini.

Disini juga tersedia berbagai macam sambal seperti sambal terasi, sambal matah, sambal bawang, sambal petai, sambal mangga, dan masih banyak jenis sambal lain.

Untuk menu makanannya disini tersedia ayam goreng, aneka nasi goreng, aneka seafood, aneka ikan tawar, aneka mie, bubur, dan masih banyak menu lain.

Untuk menu disini rata-rata dihargai mulai dari Rp 15.000.

Lokasi
Warung yang berlokasi di Jl. Raya Mojorejo, Batu ini tiap harinya buka dari jam 10 pagi dan tutup jam 10 malam.

8. Pupuk Bawang

restoran pilihan di batu

Tempat yang memliki nama cukup unik ini memang menyimpan keunikan yang menjadi daya tarik. Restoran ini memiliki teras belakang resto dengan view ke kebun seledri, gunung, serta rumah-rumah yang ada di kota batu.

Saat malam tiba, kita bisa melihat pemandangan kelap kelip lampu perumahan penduduk di tengah kegelapan.

Apalagi beberapa meja di Pupuk Bawang ini sengaja di tempatkan langsung menghadap kebun seledri, sehingga pengunjung dapat menikmati menu di Pupuk Bawang ditemani pemandangan yang menawan.

Beberapa menu yang tersedia disini diantaranya rawon, sop buntut, nasi goreng, mie goreng, dan juga berbagai menu lain.

Untuk harga makanan disini mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 60.000.

Lokasi
Tiap harinya, restoran yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman No 116 ini buka mulai dari jam 10 pagi hingga jam 12 malam.

9. Omah Kitir Cafe

tempat makan paling asyik di batu

Kafe yang satu ini menjadi tempat wisata kuliner yang pantang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Batu.

Model bangunan jaman belanda mungkin jadi kesan pertama yang dirasakan setiap pengunjung ketika melihat tempat ini.

Untuk menu hidangan yang disajikan juga beragam mulai dari aneka pasta, piza, aneka mie, nasi goreng, steak, pancake, sandwich dan aneka menu snack lainnya.

Menu minuman yang tersaji di sini diantaranya aneka kopi, susu, jus, milkshake serta beberapa minuman lainnya yang dihargai mulai dari Rp 20.000 untuk makanan, dan Rp 10.000 untuk minuman.

Lokasi
Kafe yang terletak di Jl. Ridwan No. 1 Batuini tiap harinya buka dari jam 11 siang hingga jam 11 malam.

10. Warung Sidik

tempat makan di batu

Letaknya yang berada di jalur padat Kota Batu menyebabkan tempat ini sering dikunjungi karena letaknya yang mudah ditemukan.

Warung Sidik merupakan warung yang bisa dikatakan sudah berdiri cukup lama di Kota Malang. Konon warung ini sudah turun temurun hingga beberapa generasi.

Sajian makanan yang dihidangkannya walaupun umum masakan Jawa Timur, namun mempunyai cita rasa yang khas. Disini tersedia nasi rawon, pecel, gudeg, ayam goreng, hingga tongseng, dan yang spesial dengan senantiasa adanya dengan sambal kentang yang pedas.

Hampir seperti warung rames, harga makanan disini cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 kalian bisa kenyang.

Lokasi
Warung yang berlokasi di Jl. Agus Salim, Temas ini tiap harinya buka dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam.

11. Waroeng Lesehan Pring Pethuk

restoran pilihan di batu

Warung ini mengusung konsep kuliner dan wisata keluarga. Tempat ini juga memiliki kolam pancing, wisata berkuda, dan kebun binatang mini yang siap menghibur para anak-anak.

Waroeng Pring Pethuk terkenal akan sensasi berkuliner yang dijamin membuat kalian terkesan. Makanan tradisional seperti aneka olahan ayam, ikan air tawar, bebek dan sayuran menjadi hidangan utama yang terdapat disini.

Bukan hanya makanannya saja yang terkenal enak dan tersaji dalam berbagai macam varian, suasana alam daerah Batu yang terkenal akan hawa sejuk dan pemandangannya yang asri.

Harga makanan di tempat ini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000, pengunjung bisa makan dengan kenyang.

Lokasi
Warung kuliner yang berada di Jl. Cemara Kipas Dalam, Sidomulyo, Batu ini buka setiap harinya mulai jam 9 pagi hingga jam 8 malam.

Yuk, baca juga :

12. Sate Kelinci

tempat makan di batu

Sate kelinci jadi salah satu kuliner favorit di kalangan wisatawan saat berkunjung ke Malang, khususnya ke kota Batu.

Saat menyebut sate, sebagian besar orang akan membayangkan sate ayam atau kambing. Jika kalian berkunjung ke Malang, kalian bisa mencicipi lezatnya sate kelinci.

Saat melintasi jalan raya Malang-Batu, disini akan banyak ditemukan beberapa resto yang menyediakan menu sate kelinci, salah satunya adalah Lesehan Sate Kelinci. Meskipun terletak dipinggir jalan, tetapi suasana dalam lesehan ini tak sebising yang dibayangkan.

Ruangan lesehan yang tertata dengan desain tradisional menambah kenyamanan untuk menikmati sate kelinci dengan bandrolan harga Rp. 30.000 per porsinya.

Lokasi
Di warung yang terletak di Jl. Patimura No.126, Batu ini buka mulai dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam.

13. Ria Djenaka

tempat makan paling favorit di batu

Kafe ini dibangun dari banyak kontainer yang menjadikan tempat ini sangat instagramable.

Pilihlah meja di balkon sehingga bisa makan sambil menikmati pemandangan kota Batu yang cantik. Menu makanan yang tersedia disini juga berupa menu kekinian favorit anak muda seperti aneka mie, nasi goreng, cake, kentang goreng dan makanan lainnya.

Untuk minuman, disini juga tersedia beragam seperti susu, kopi, jus, dan teh.

Harga dari makanan dan minuman disini dibanderol mulai dari Rp 20.000.

Lokasi
Kafe yang terletak di Jl. Ir. Soekarno No. 142, Beji ini buka tiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 12 malam.

14. Rumah Sosis

tempat makan di batu

Pada dasarnya menu sosis ini ada dua macam sate sosis dan olahan sosis sebagai menu utamanya, namun menu sosis disini bermacam-macam.

Isinya lebih dari satu sosis lalu diberi tambahan dari bermacam hidangan pendamping seperti saus spesial maupun kentang goreng yang diiris tipis-tipis.

Selain beragam jenis makanan dari sosis, pengunjung juga bisa memesan menu lain seperti steak, pasta, sop maupun aneka menu tradisional seperti sop buntut, nasi ayam kriuk, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Tersedia juga masakan oriental seperti nasi ayam saus lada hitam, nasi saus ayam teriyaki dan lainnya.

Untuk harga makanan disini dijual mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 70.000.

Lokasi
Warung yang terletak di Jl. Oro-oro Ombo No. 12, Batu ini tiap harinya buka mulai dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

15. Toko Oen

tempat makan di batu

Toko Oen di Kota Malang merupakan salah satu tempat makan dalam bangunan cagar budaya yang sampai hari ini terus dipelihara.

Restoran yang berdiri sejak tahun 1930 ini tidak pernah berubah sejak awal pembangunannya. Karena merupakan bangunan cagar budaya, bangunan ini memiliki suasana klasik khas bangunan Belanda.

Untuk menu makanan yang tersedia disini ada nasi goreng, gado-gado, steak, kroket, dan yang paling terkenal adalah es krimnya.

Untuk harga makanan dan minuman disini dijual mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 85.000.

Lokasi
Restoran yang berlokasi di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Malang ini tiap harinya buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

16. Putu Lanang Celaket

tempat makan di batu

Putu Lanang Celaket adalah salah satu kedai makanan tertua di Malang yang sudah berdiri sejak tahun 1935.

Setiap harinya, kedai ini banyak diburu oleh pengunjung baik wisatawan maupun warga lokal. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pelanggan yang kerap memenuhi gerai ini.

Aroma kue putu yang khas dengan daun pandan dan kelapa menyeruak menggugah selera. Secara penampilan, kalian tidak akan menyangka kenikmatan rasanya yang tiada tara.

Kue putu ini terasa lembut melebur dengan manis gula jawa dan tepung beras. Untuk harga kue putu disini dijual mulai dari Rp 10.000.

Lokasi
Kedai yang terletak di Jl. Jaksa Agung No.73 Klojen ini tiap harinya buka dari jam 5 sore hingga jam 10 malam.

17. Bakso Pak Wit

tempat makan di batu yang enak

Malang memang terkenal dengan beragam menu baksonya yang enak.

Tenang saja, jika saat ini bakso terhitung makanan mahal menurut kalian, Bakso Pak Wit ini tergolong murah dibandingkan dengan bakso lainnya. Bakso disini dibandrol seharga Rp 7.000 saja per porsinya.

Meski begitu jangan khawatir soal rasanya, tetap enak dan mantap. Setiap baksonya padat dengan daging, dengan kuahnya yang gurih dan lengkap dengan berbagai varian gorengan baksonya.

Tak hanya pentol halus dan kasar, di sini ada berbagai gorengan dari yang panjang, kembang dan gorengan bulat.

Telur puyuh pun siap menemani di dalam mangkuk bakso Anda. Jangan lupa tambahkan saus dan sambal sesuai selera.

Tiap harinya, bakso yang selalu ramai ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

Lokasi
Salah satu bakso yang wajib dicoba adalah Bakso Pak Wit yang beraada di Jl. Untung Suropati, Blimbing.

18. Kuliner Daerah Payung

restoran pilihan di batu

Kawasan wisata Payung terbagi dalam 3 tempat, yakni Payung 1, Payung 2, dan Payung 3.

Di setiap kawasan Payung selalu ada warung maupun kedai yang berdiri diatas tebing yang ditopang oleh tiang-tiang kokoh.

Tempat kuliner yang satu ini menyajikan aneka makanan mulai dari camilan hingga makanan berat seperti jagung bakar sebagai menu andalan di kawasan ini dan olahan susu milik sapi segar.

Selain jagung, makanan khas kawasan payung lain ada roti bakar, bakso, mie rebus dan mie goreng. Dan aneka minuman hangat yang akan menghangatkan tubuh dari udara dingin Kota Wisata Batu.

Lokasi
Kawasan Payung yang berlokasi di Jl. Brigjend Moh. Manan, Songgokerto tiap harinya buka dari jam 7 pagi hingga jam 12 malam.

19. Warung Sate Landak Bu Ria

tempat makan paling favorit di batu

Tempat makan di Batu Malang yang satu ini sangat unik, yup, warung ini terkenal dengan menu andalannya yaitu sate landak.

Menu ini memang ekstrem, tapi dijamin lidah bakal tak berhenti bergoyang. Menu sate landak ini menggunakan daging asli dari hewan landak.

Dengan bentuk yang sudah dalam potongan kecil yang telah dibakar dengan kematangan merata. Memiliki tekstur empuk dan aroma gurih yang membuat ketagihan.

Selain sate landak, di sini juga terdapat menu lain dari daging biawak dan bulus. Sama-sama dijadikan sate, daging dari kedua hewan ini memiliki tekstur berbeda dan juga rasa yang tak kalah nikmat dari sate landak.

Untuk aneka sate disini dihargai mulai dari Rp 20.000.

Lokasi
Warung yang berlokasi di Jl. Raya Bugis No. 47, Saptorenggo terkenal sebagai tempat makan yang menyajikan kuliner ekstrem dan buka tiap harinya dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

20. Warung Sambal Bawang Mbok Djayus

tempat makan paling favorit di batu

Kuliner pedas memang selalu diburu oleh banyak orang. Makanan yang tergantung dengan cabai ini memang dapat diolah dengan berbagai cara seperti sebagai sambal ataupun langsung dicampur dengan bumbu masakan.

Berbicara tentang kuliner pedas di kota Malang, rasanya akan berasa kurang apabila kita tidak membahas Sambal Bawang Mbok Djayus. Warung ini merupakan salah satu warung di Malang yang selalu ramai didatangi pengunjung.

Ada keunikan sendiri ketika kita tiba di warung, karena kita dapat memilih sendiri lauk yang akan dimakan dengan beragam lauk mulai dari ayam, ikan pindang, gorengan, ampela, hati, dan yang lainnya.

Selain itu, warung ini terkenal dengan sambalnya. Selain sambal bawang sebagai andalannya, disini juga tersedia beragam sambal lain seperti sambal terasi, sambal matah, sambal mangga, sambal petai, sambal bledek, dan beragam sambal lain.

Untuk harga makanan disini diharga mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Lokasi
Warung yang berlkoasi di Jl. Candi Sewu, Mojolangu, ini tiap harinya buka dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore.

21. Kopi Teko

tempat makan di batu yang enak

Kopi Teko merupakan sebuah kafe sekaligus resto yang menyajikan berbagai menu makanan chinese food seperti mie, dimsum, kopi, mocktail, dan masih banyak lagi.

Sekilas menu di kafe ini mirip seperti resto khas cina yang ada di Kota Malang, namun lebih beragam. Bangunannya lumayan besar dengan desain interior yang cukup menarik dan cozy.

Suasana yang nyaman, membuat kafe yang buka setiap hari mulai jam 11 siang hingga jam 11 malam ini tak pernah sepi pengunjung terutama saat malam minggu tiba.

Harga menu yang dibanderol di sini tergolong bersahabat, yaitu sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 50.000.

Lokasi
Kafe ini terletak di Jl. Diponegoro, Sisir, Batu.

Tinggalkan komentar