Tempat Makan di Medan

Siapa yang tidak kenal dengan kota besar yang satu ini?

Ibu kota dari provinsi Sumatera Utara ini merupakan salah satu kota metropolitan sekaligus masuk dalam kota yang cukup padat. Percampuran banyak kebudayaan yang terdapat di Medan menghasilkan banyak perpaduan yang baru dan beraneka ragam dalam bidang kuliner.

Jika Sumatera Utara atau khususnya Medan terkenal akan suku Bataknya, namun tidak hanya itu, banyak suku melayu, atau orang tionghoa yang juga banyak tinggal di Medan.

Medan juga menjadi destinasi wisata yang cukup favorit bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata ke daerah Sumatera. Jika kamu lapar setelah berwisata, kamu dapat mengunjungi tempat-tempat makan yang terkenal dan juga legendaris.

Berikut adalah rekomendasi tempat-tempat makan di Medan yang paling rekomended.

1. Wajir Seafood

tempat makan paling asyik di medan

Jika kalian para pencinta seafood berkunjung ke Medan, tempat makan ini cocok untuk memuaskan hasrat makan seafood kalian.

Dengan harga yang cukup murah, tempat makan ini punya rasa masakan yang tidak kalah dengan restoran. Wajir Seafood menawarkan masakan seafood dengan pelayanan serta kualitas yang menjaga cita rasa dari menu yang disediakan.

Beberapa menu yang diantaranya menjadi favorit disini adalah cumi masak telur asin, ikan uap tiociu, udang goreng telur asin, cah kangkung belacan, dan belut masak cabai hijau.

Untuk harga makanan disini ditawarkan mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 40.000 untuk setiap menu.

Lokasi
Restoran yang berlokasi di Jl. Kol. Sugiono No.31 Medan Maimun ini buka tiap hari mulai dari jam 4 sore hingga jam 11 malam.

2. Ayam Pepes Medan

tempat makan di medan yang enak

Pepes ayam, udang, bebek, dan pepes ikan, adalah beberapa menu pepes yang bisa dinikmati tempat ini. Disini, penyajian pepes dibagi menjadi dua piring anyaman kayu yang bisa digunakan kembali.

Piring ini diberi alas daun pisang, dan masing-masing piring terdiri atas seporsi nasi putih, seporsi pepes, dan sambal cabai rawit yang di atasnya diberi taburan bawang merah.

Seporsi pepes dijual mulai dari Rp 15.000, sudah plus nasi putih (tersedia juga pepes ayam kampung seharga Rp 25.000). Untuk ternyata ayamnya sudah dipepes terlebih dahulu, diselimuti daun pisang.

Begitu ada yang pesan, ayam pepes dibakar di atas panggangan dari arang untuk menghangatkan ayam di dalam daun pisang.

Lokasi
Tiap harinya, tempat yang berada di Jl. HM. Joni, Pasar Merah buka mulai dari jam 11 siang dan tutup jam 12 malam.

3. Rumah Makan Pohon Pisang

tempat makan di medan yang enak

Namanya cukup unik yaitu Rumah Makan Pohon Pisang. Namun jangan langsung mencari dimana letak pohon pisangnya.

Di rumah makan ini menyediakan berbagai menu masakan tradisonal khas Indonesia seperti urap, ayam goreng, gurame, cumi, dan berbagai menu masakan yang diolah dengan ditumis atau digoreng.

Rumah makan ini juga tersedia menu prasmanan sehingga kita tinggal memilih lauk yang tersedia. Untuk harga yang ditawarkan disini termasuk murah, mulai dari Rp 10.000 kita bisa makan dengan kenyang sekaligus nikmat.

Tempat ini buka tiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 9 malam.

Lokasi
Tempat makan yang punya nama cukup unik ini berlokasi di Jl. S Parman, Medan Baru.

4. Soto Kesawan “enak tenan”

tempat makan paling favorit di medan

Tempat ini merupakan sebuah rumah makan yang  menyajikan soto sebagai menu andalan.

Soto di tempat ini cukup unik, karena soto ini memakai udang pada isiannya, dan tidak dapat dijumpai pada soto-soto yang ada di daerah lain.

Udang yang digunakan merupakan udang galah yang ukurannya relatif besar. Udang ini digoreng terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah soto.

Meskipun menu andalannya adalah soto udang, tapi tempat ini juga menyediakan berbagai macam menu soto lain dengan menggunakan daging sapi dan daging ayam.

Untuk harganya, seporsi soto kesawan dijual Rp 15.000.

Lokasi
Tempat yang terletak di Jl. Ahmad Yani, Kesawan ini buka tiap hari senin sampai sabtu jam 8 pagi hingga jam 3 sore.

5. Mie Ayam Jamur Amigos

tempat makan paling asyik di medan

Selain makanan restoran, Medan juga terkenal dengan makanan jalanannya yang beragam, salah satunya mie ayam jamur ini.

Yang istimewa dari mie ayam jamur ini adalah rasa ayam yang disemur dan semur jamurnya yang pas.

Semuanya dikombinasikan dengan mie yang empuk, potongan acar cabe merah pedas asam, dan disiram kuah kaldu yang gurih.

Dalam menikmati mie ayam ini, dapat juga ditemani aneka gorengan dan kerupuk yang tersedia. Seporsi mie ayam jamur lengkap disini dihargai Rp 12.000.

Lokasi
Warung mie yang terletak di Jl. DI Panjaitan No. 15 Medan Baru ini tiap harinya buka dari jam 10 pagi hingga mie habis.

6. Jambul Seafood

tempat makan di medan yang enak

Medan juga terkenal dengan aneka seafoodnya yang rasanya enak. Salah satunya adalah rumah makan ini.

Beberapa menu makanan yang terkenal disini adalah kepiting saos padang, udang masak telur asin, dan kerapu kuah kuning.

Jangan khawatir tentang harga seafood yang biasanya mahal, disini untuk menikmati aneka seafood cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000 kita bisa makan seafood dengan kenyang. Warung ini buka tiap hari selasa sampai minggu mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

Lokasi
Jambul Seafood yang berlokasi di Jl. Dr. Cipto No. 8, Anggrung ini menyediakan beragam olahan hasil laut yang enak.

7. Tip Top Medan

restoran pilihan di medan

Tip-Top adalah restoran yang merupakan saksi perjalanan kemerdekaan di Indonesia karena sudah ada sejak tahun 1934 lengkap dengan bangunan jaman Belanda yang unik.

Di sini pengunjung dapat menemukan banyak makanan ala western seperti salad, steak, kentang goreng dan es krim.

Selain menyajikan makanan serta berbagai macam varian roti dan kue, tempat ini juga memiliki menu es krim yang juga jadi favorit.

Carmen ice dan ystraat ice adalah menu yang menjadi favorit di tempat ini. Restoran Tip top juga memiliki beberapa menu es krim yang menggunakan nama lokal, seperti java ice dan es johor.

Harga makanan dan es krim disini dijual mulai dari Rp 15.000.

Lokasi
Tiap harinya, restoran yang berada di Jl. Ahmad Yani No. 92, Kesawan ini buka mulai dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

8. Nasi Ayam Mama Koki

tempat makan paling asyik di medan

Tempat ini merupakan sebuah rumah makan yang menyediakan berbagai masakan khas Indonesia seperti ayam bakar, ayam goreng, dan ayam kampung yang dalam penyajiannya dihidangkan bersama nasi hangat yang nikmat.

Selain itu, terdapat juga menu lain seperti tumis kangkung, kol goreng, soto udang, kari ayam, dan juga beberapa makanan Indonesia lain. Untuk harga dari setiap menu mulai dari Rp 15.000.

Lokasi
Warung yang terletak di Jl. Singa Pandau Hulu II, Medan Area ini biasanya buka tiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

9. Cha Sio Afoek 88

tempat makan di medan yang enak

Selanjutnya adalah untuk kategori makanan non halal yang ada di Medan. Cha Sio Afuk ini menjual nasi campur dengan daging babi yang dimasak dengan menggunakan bumbu barbeque.

Warna daging khas yang kemerahan kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu khusus dan diolah dengan dipanggang atau digoreng.

Selain itu adal pula babi panggang yang berwarna putih yang memiliki rasa lebih gurih. Untuk seporsi nasi campur disini dijual mulai dari Rp 23.000.

Lokasi
Warung yang terletak di Jl. Brigadir Katamso No. 148, Medan Maimun ini tiap harinya buka mulai dari jam 10 pagi dan tutup jam 5 sore.

10. Rumah Makan Tabona

tempat makan di medan

Rumah makan yang satu ini sudah cukup terkenal di Medan karena sudah berdiri sejak tahun 1983.

Menu favorit di tempat ini adalah kari bihun yang biasanya dimakan pagi untuk sarapan. Dalam satu porsinya berisi isian bihun, kentang rebus, dan aneka lauk yang dapat dipilih seperti ampela, ati, usus, kulit, dan juga daging.

Perpaduan bumbu menghasilkan kuah kari begitu kental dan memiliki cita rasa yang mantap. Jika ingin makan dengan nasi juga disediakan disini.

Menu lain yang bisa dicicipi adalah mie pangsit. Seporsi kari bihun disini dihargai mulai dari Rp 20.000.

Lokasi
Rumah makan yang berlokasi di Jl. Mangkubumi No. 17, Medan Maimun tiap harinya buka mulai jam 7 pagi dan tutup jam 12 siang.

11. Fuk Yen Cheong Fun

tempat makan paling asyik di medan

Medan juga terkenal dengan beberapa menu khas orientalnya karena disini banyak tersebar penduduk keturunan Tionghoa yang juga memiliki makanan khas.

Fuk Yen Cheong Fun terkenal khas dengan kuliner oriental yang enak, penggemar chinese food tentu akan makin senang menikmati kuliner yang satu ini.

Menu lainnya ada resep dari cina yaitu nasi goreng yang dicampur mie yang semakin mantap di lidah dengan porsi lengkap kombinasi ebi atau ayam.

Harga seporsi nasi mie disini ditawarkan dengan harga Rp 20.000.

Lokasi
Tiap harinya, kedai yang berlokasi di Jl. Cemara Asri Regency, Deli Serdang ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore.

Yuk, baca juga :

12. Rumah Makan Sipirok

tempat makan di medan

Rumah makan ini adalah rumah makan yang cukup terkenal di Medan.

Menu favorit yang diburu disini adalah sop iga sapi dengan kuah bening yang gurih dan menggugah selera makan.

Menu lain yang jadi favorit adalah gulai ikan asap dan sop sumsum kaki sapi. Cara makan sop sumsum kaki sapi di Rumah Makan Sipirok sangat unik.

Dalam menikmatinya, sumsum yang ada di bagian dalam rongga tulang kaki sapi dihisap menggunakan sedotan. Seporsi sop iga dan sop sumsum disini dihargai mulai dari Rp 35.000.

Lokasi
Rumah makan yang berlokasi di Jl. Sunggal No. 14, Medan Sunggal ini juga buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

13. OnDo Grill Batak

tempat makan di medan yang enak

Tempat ini adalah salah rumah makan yang cukup unik di Medan, unik disini karena menyajikan menu khas Sumatra Utara ini dengan sentuhan ala Korea.

Tempat ini sangat ramai oleh pengunjung, terutama pada jam makan siang karena tempat ini hanya buka sampai jam 6 sore.

Disini, sangat beragam menu yang tersedia yang berasal dari bahan dasar babi, meskipun ada jenis makanan lainnya.

Di rumah makan ini, pengunjung dapat mencoba sejumlah menu khas seperti babi panggang, kalbi panggang, saksang, ayam atau babi goreng, ikan mas bakar, dan beragam menu lain.

Harga makanan yang tersedia disini dijual mulai Rp 10.000.

Lokasi
Tempat makan yang berlokasi di Jl. Pabrik Tenun No. 45, Medan Petisah ini tiap hari buka mulai dari jam 10 pagi.

14. Kuliner Jalan Semarang

tempat makan di medan

Bisa dibilang, tempat ini merupakan pasar kulinernya Medan. Disini terdapat berbagai macam pedagang makanan mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Di tempat ini juga tersedia beberapa bangku dan meja yang sengaja disediakan untuk pengunjung yang ingin makan di tempat.

Beragam menu makana tersedia disini, namun yang jadi buruan banyak warga adalah ayam goreng, bebek panggang, babi panggang, kwetiaw, bakmie, aneka kue sampai jus, dan yang pasti semuanya disini enak.

Untuk harga tentu cukup murah, mulai dari Rp 5.000 kita bisa makan kenyang disini atau dibawa pulang.

Lokasi
Pasar kuliner jalan semarang ini tiap harinya buka mulai dari jam 5 sore hingga jam 12 malam.

15. Mie Aceh Titi Bobrok

tempat makan di medan yang enak

Mie Aceh merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat terkenal seantero Indonesia.

Di Medan sendiri juga terdapat beberapa warung mie Aceh yang cukup terkenal. Salah satunya adalah warung ini.

Yang unik dan khas dari Mie Aceh Titi Bobrok ini adalah pada semangkuk mie Aceh terdapat irisan daging kepiting yang mantap terasa dan kuah kental yang kaya dengan rempah, menjadi sajian yang siap disantap di malam hari yang tiada duanya.

Harga seporsi Mie Aceh di warung ini mulai dari Rp 15.000 bervariasi tergantung jenis isian mie yang dipilih.

Lokasi
Warung yang berlokasi di Jl. Setia Budi No. 17, Medan Sunggal ini tiap hari buka dari jam 11 siang dan tutup jam 10 malam.

16. Bihun Bebek Kumango

tempat makan paling asyik di medan

Selain ayam, bebek adalah unggas yang juga punya banyak penggemar untuk menyantapnya. Salah satu warung bihun bebek di Medan ini wajib dicoba saat berkunjung ke Medan.

Anda untuk menikmati paduan bihun yang kenyal berpadu dengan empuk dan gurihnya daging bebek pilihan.

Selain bihun bebek, disini juga tersedia beragam olahan bebek lain seperti bebek goreng, sate bebek, bebek panggang dan beragam menu lain.

Untuk harga seporsi bihun bebek disini dihargai mulai dari Rp 20.000.

Lokasi
Warung yang terletak di Jl. Kumango No. 15, Kesawan ini buka setiap hari senin sampai sabtu, buka mulai jam 7 pagi hingga jam 11 siang.

17. Sop Sumsum Langsa

tempat makan paling asyik di medan

Di Medan, sumsum banyak diolah menjadi makanan lain, salah satunya sop sumsum langsa ini.

Warung yang berlokasi di Jl. KL Yos Sudarso No. 73 ini memiliki ornamen dan interior dengan warna kuning dan hijau. Dari jauh, ciri khas warna ini akan terlihat mencolok jika anda mencari lokasi kuliner ini.

Kenikmatan dari kuah sop langsa ini dihasilkan dari tangan pemiliknya dengan pembuatan dari bahan dasar kuah sop ini antara lain, bawang putih, jahe, merica, garam dan kayu manis.

Di tempat ini, tersedia juga menu lain seperti sop buntut, daging, urat, dan menu lainnya.

Warung ini menawarkan sop dengan harga bervariasi mulai dari Rp 25.000 sampai dengan Rp 38.000.

Lokasi
Warung yang terletak di Jl. KL Yos Sudarso No. 73 ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

18. Sate Memeng

tempat makan di medan

Warung sate ini selalu ramai dikunjungi karena memang cukup terkenal.

Sate memeng punya beberapa pilihan daging mulai dari daging sapi, ayam, sate usus dan jeroan di sini. Untuk pilihan sambal teman makannya juga beragam, ada sambal kecap, sambal kacang, dan sambal khas padang.

Harga per porsi sate adalah Rp 20.000 yang berisi 5 tusuk sate, dan bisa juga ditambah lontong atau nasi untuk mengganjal lapar.

Lokasi
Warung sate Memeng berada di Jl. Irian Barat No 2. ini biasanya buka dari jam 6 sore dan tutup jam 1 malam.

19. Restoran Nelayan

tempat makan paling favorit di medan

Tempat ini bisa dikatakan sebagai salah satu restoran terfavorit yang wajib didatangi.

Restoran ini menghadirkan beragam makanan asian food yang disesuaikan dengan racikan bumbu khas Medan. Yang uniknya adalah tiap-tiap outlet-nya menghadirkan konsep yang berbeda satu sama lain.

Jadi, kamu bisa jadi menemukan satu menu di satu outlet nelayan namun tidak ada di outlet lainnya.

Beberapa menu makanan yang ada disini diantaranya adalah dimsum, ayam dan bebek peking, dan ada juga beberapa kue dan pancake durian khas Medan.

Untuk harga makanan disini bervariasi, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000.

Lokasi
Restoran yang terletak di Sun Plaza Polonia ini biasanya buka tiap hari dari jam 11 siang hingga jam 8 malam.

20. Medan Walk

restoran pilihan di medan

Tempat ini membawa konsep pasar kuliner malam yang menyediakan beraneka ragam makanan khas.

Beberapa makanan yang tersedia disini diantaranya steak, sup tomyam, sushi, seafood, hingga beragam jenis minuman segar.

Sedangkan menu khas Indonesia tentu lebih beragam lagi, seperti lontong sayur, soto medan, sop buntut, sate padang, bakso, nasi lemak dan masih banyak lainnya.

Sembari menikmati makanan disini, kita juga disuguhi penampilan live music sebagai hiburan.

Untuk harga makanan disini bervariatif mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Lokasi
Medan Walk berlokasi di Jl. Balaikota, Kesawan dan buka tiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 12 malam.

21. Warung Soto Sinar Pagi

restoran pilihan di medan

Selain seafood dan sate, Medan juga memiliki warung soto yang terkenal enak dan selalu ramai oleh pengunjung.

Warung Soto Sinar Pagi ini dapat mewakili ciri khas dari soto medan pada kuahnya yang berwarna kuning kehijau-hijauan dengan santan dan rempah.

Yang membedakan soto medan dengan soto lainnya adalah penggunaan jinten pada bumbunya.

Soto di sini memiliki cita rasa lezat dengan kuah santan kental dan kaya rempah yang disajikan bersama potongan daging sapi, perkede, kerupuk, rempeyek serta sambal kecap dengan taburan bawang goreng.

Seporsi soto ini dapat kita nikmati dengan harga Rp 15.000.

Lokasi
Soto ini cocok disantap sebagai menu sarapan ataupun menu makan siang karena warung soto yang terletak di Jl. Sei Deli, Silalas ini buka mulai dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore.

Tinggalkan komentar