Menu Diet Penderita Asam Lambung

Menu Diet Penderita Asam Lambung – Ketika anda menerapkan pola hidup sehat atau diet. Yang harus diketahui untuk menjadikan pengetahuan dasar adalah tentang pola makan dan menu makan bagi para penderita asam lambung.

Secara tidak dasar banyak sekali efek buruk yang disebabkan oleh obesitas. Maka bukan merupakan hal baru dalam masyarakat semua berlomba-lomba untuk memiliki tubuh sehat dan ideal. Hal ini juga berlaku pada pengidap asam lambung.

Mengingat banyak sekali orang-orang yang menginginkan hasil yang instan demi memiliki bentuk tubuh yang ideal dengan cara diet yang ekstrim.

Tentunya hal ini bukanlah hal yang baik, karena semuanya yang instan akan menimbulkan efek samping yang tidak baik dalam kurun waktu yang lama. Contoh akibat pola makan yang tidak sehat atau tidak teratur adalah terkena asam lambung atau GERD.

GERD adalah kepanjangan dari Gastroesophageal Reflux Diseasei merupakan bahasa yang sering digunakan dalam dunia kedokteran. Namun masyarakat biasa menyebutnya dengan asam lambung. GERD ini dapat menyerang siapa saja tidak hanya wanita atau pria saja.

Menu diet penderita asam lambung ini dapat dilakukan oleh meraka yang memiliki riwayat GERD tetapi tetap ingin memiliki tubuh sehat dan juga ideal.

Orang yang memiliki riwayat GERD tentu akan merasa kerepotan untuk membatasi konsumsi makananya. Karena jika terjadi keterlambatan makan, maka asam lambung akan langsung naik. Untuk itu perlu beberapa cara yang tepat untuk mengatasi asam lambung agar selalu normal.

Apa Saja menu diet penderita asam lambung?

menu diet penderita asam lambung

Pola makan yang baik dan sehat tentunya menjad hal yang terpenting untuk para penderita Gerd dalam melakukan diet. Hal ini bertujuan agar kesehatan selalu terjaga dan juga mendapatkan hasil diet yang maksimal. Berikut adalah menu diet penderita asam lambung

Kentang

Kentang adalah bisa menjadi alternative penggiat diet. Karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh kita.

Dibandingkan dengan nasi merah atau gandum, kentang adalah pilihan yang lebih baik.

Telur

Telur merupakan hidangan yang cepat disajikan dan mudah saat pengolahanya. Usahakan masak telur dengan direbus hal ini untuk menghindari konsumsi minyak berlebih yang sering kita lakukan. Tentunya jangan menambahkan bumbu-bumbu pedas seperti merica atau cabai.

Untuk cara mengkonsumsinya hindari dicampur dengan susu, mentega atau keju. Jika kita menyukai makanan beku atau frozen kita juga harus menghindarinya.

Mengurangi Gula

Sekarang banyak sekali produk pemanis yang memiliki kadar gula yang rendah. Produk ini tentunya akan bisa dijadikan pilihan untuk anda saat ingin melakukan perilaku hidup sehat tetapi tetap ingin mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Atau yang paling mudah kita temukan adalah madu, yang bisa kita konsumsi saat merasa kekurangan kadar gula dalam tubuh kita.

Konsumsi Buah dan sayur

Buah yang menjadi rekomendasi untuk Menu Diet Penderita Asam Lambung adalah apel dan untuk sayur kita bisa menggunakan wortel. Namun masih banyak pilihan buah dan sayur yang bisa kita gunakan untuk diet penderita asam lambung.

Untuk buah kita usahakan untuk menghindari konsumsi buah yang memiliki rasa asam, karena buah yang asam dapat memicu asam lambung kita naik.

Makanan yang harus di hindari untuk  Menu Diet Penderita Asam Lambung

Hal yang pertama harus dilakukan oleh penderita GERD adalah memilih makanan yang bisa mengakibatkan asam lambungnya kambuh. Kita bisa menghindari makanan seperti :

Untuk penderita asam lambung harus menghindari makanan di atas, karena makanan tersebut dapat memicu asam lambung anda kembali kambuh .

Tips Menu Diet Penderita Asam Lambung

menu diet penderita asam lambung

Tentunya saat melakukan diet kita menginginkan hasil yang maksimal tetapi juga tidak mengkesampingkan kesehatan kita, untuk itu zonamakan akan memberikan tips menu diet penderita asam lambung agar berjalan sesuai keinginan kita. Berikut tipsnya :

Mengatur porsi makan

Yang dimaksud porsi makan di sini adalah bagaimana kita mengatur makanan dalam porsi kecil tetapi harus sering mengkonsumsi makanan.

Memilih makanan yang tepat

Dengan mengetahui makanan yang harus di konsumsi dan wajib dihindari akan mendorong kesuksesan kita untuk melakukan diet.

Baca Juga : Pola makanan Hidup Sehat

Berolahraga

Yang terpenting dalam memiliki badan sehat dan ideal adalah berolahraga, kita tidak perlu repot untuk olahraga yang berat, cukup dengan yoga atau jogging saja sudah cukup.

Tinggalkan komentar