Membuat Makanan Lezat, Inilah Resep Kue Khas Nusantara

Membuat Makanan Lezat, Inilah Resep Kue Khas Nusantara- Indonesia memiliki berbagai jenis kue kahs nusantara. Kebanyakan dari jenis makanan tersebut adalah kue-kue yang merupakan jajanan yang enak dan menjadi favorit berbagai kalangan.

Di beberapa tempat atau daerah, kue ini masih banyak dijual di pasar tradisional dan memiliki banyak penikmat setia yang membelinya. Cita rasa khas yang diberikan oleh kue tradisional Indonesia akan memberikan kenangan manis bagi setiap orang yang mencicipinya.

Nah, Jika Anda tidak bisa mendapatkan kue favorit Anda, tetapi ingin menikmatinya kembali, mengapa Anda tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Kebanyakan kue ini tidak memerlukan bahan yang merepotkan, karena bisa ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan, jadi Anda bisa mempraktekkan resep kueyang diidamkan ini. Berrikut Resep Kue Khas Nusantara.

Ada beberapa jenis kue nusantara yang sebenarnya bukan kue Indonesia, ada yang berasal dari China (China) dan Belanda, namun sudah sangat populer, familiar dan diminati oleh berbagai lapisan masyarakat.

Kue-kue ini masuk ke Indonesia dengan datangnya orang Tionghoa ke Nusantara dan penjajahan Belanda ratusan tahun yang lalu, serta melalui proses interaksi ekonomi, sosial dan budaya yang berlangsung selama ratusan tahun. Nah, ini dia resep kue tradisional khas Indonesia yang bisa anda coba buat sendiri di rumah.

Singkong manis

Bahan: 350 gram singkong,85 gr kelapa parut, 80 gr gula merah, 1 sdm gula pasir, 1/5 sdt garam, Daun pisang

Cara Membuat nya: Parut singkong, campur semua bahan, aduk rata, sisihkan. Ambil 1-2 sendok makan adonan, bungkus dengan daun pisang. Kukus selama 30 menit dan lembut dan siap disajikan.

Serabi Solo

Bahan Serabi Solo:  600 ml santan kental, 1/2 sdt garam, 2 lembar daun pandan simpulkan, 250, 1 sdt ragi instan75 gr gula pasir, 2 butir telur dikocok lepas.

  • Bahan santan areh :, 150 ml santan kental banget, 1/2 sdt garam
  • Topping : Meises atau apa saja sesuai selera

Cara Membuat Serabi Solo: Pertama yang harus dilakukan yaitu Rebus santan dengan garam dan daun pandan hingga mendidih lalu dinginkan. Setelah itu Campur tepung beras, gula pasir, dan ragi instan, aduk rata, lalu tuang santan dalam mangkuk.

Aduk rata sambil terus tuang sisa santan hingga habis, lalu tambahkan telur yang sudah dikocok, aduk kembali menggunakan whisk (agar telur tidak saling menempel). Kocok adonan dengan whisk hingga berbusa, diamkan 90 menit. Panaskan wajan menggunakan api kecil, tuang 1 sendok makan campuran sayur ditengahnya, pindahkan sendok ke pinggir wajan.

Diamkan hingga pancake setengah matang dan terlihat indah sarangnya. Kemudian siram dengan 1 sdt santan areh. Tambahkan topping sesuai selera. Tutup panci, masak hingga pancake matang, angkat.

Nanas

Bahan: 1/2 nanas, cincang kasar, 150 ml air,150 gr tepung sagu, ,150 gr gula pasir (sesuai selera), 50 gr bihun (rendam sampai mengembang, gunting kasar), 1/2,sdt garam, 1/2 sdt vanila, 3 tetes pewarna kuning.

Yang harus anda lakukan yaitu Blender nanas dengan air (ambil 500 ml) yang di campur gula, lalu aduk sampai gula larut. Selanjutnya masukkan tepung sagu, vanila, dan garam, aduk, lalu masukkan bihun, aduk rata. Panaskan kukusan dan olesi loyang dengan minyak, selanjutnya kukus selama 30 menit adonan yang sudah dituangkan ke loyang. Setelah dingin baru dipotong-potong, taburi dengan kelapa.

Jentik Manis

bahan-bahan: 1 bungkus (110 gr) mutiara 3 bungkus (270 gr) tepung hunkwe, 400 gr gula pasir, 1500 ml santan Garam, daun pandan, Pisang kepok rebus, potong-potong.

Cara Membuat Jentik Manis

Rebus mutiara hingga matang sempurna lalu tiriskan dengan cara merebusnya selama 5-30-7 dan ambil sedikit santan untuk melarutkan tepungnya. Selanjutnya tinggal panaskan sisa santan dengan daun pandan, gula pasir dan garam.

Sebelum mendidih, tuang hunkwe yang sudah dilarutkan, aduk hingga mengental, masukkan mutiara yang sudah matang, hingga meletup-letup, lalu matikan api. Dan anda tinggal tuangkan ke cetakan yang telah di beri potongan pisang.

Kue Cucur Gula Merah

Bahan-bahan: 250 gr gula merah, 450 ml udara,, 200 gr tepung terigu, 100 gr tepung beras, 1/4 sdt garam, 3 lembar daun pandan.

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah: Masak gula merah, daun pandan, dan air hingga mendidih dan gula larut, biarkan hangat. Lalu campurkan tepung terigu dan tepung beras hingga rata, tambahkan garam. aduk rata. Tuangkan air gula dengan campuran tepung, lalu aduk perlahan hingga adonan kalis (dapat menggunakan whisk atau mixer selama 2-3 menit).

Diamkan 2 jam, suhu ruang, tuangkan satu sendok adonan ke dalam minyak yang sudah dimulai terlebih dahulu, sampai seratnya keluar. Siram-siram bagian atasnya dengan minyak yang ada di penggorengan selanjutnya Angkat dan dinginkan.

Kue Nagasari

Bahan-bahan: 500 gr tepung beras, 1,5 liter santan biasa (tidak kental tidak cair), 250 gr gula pasir 4 lembar daun pandan, 1/2 sdt garam, Pisang raja iris iris untuk isian, Daun nangka secukupnya, dibentuk kerucut.

Cara Membuat Kue Nagasari: Siapkan dandangan, kukus Kemana-mana tepung beras kurang lebih 15 menit. Sementara kita mengukus tepung beras, rebus santan, gula, garam daun pandan hingga mendidih, matikan api. siapkan tempat, tuang sedikit demi sedikit santan rebus hingga adonan kalis dan bisa dibentuk. Masukkan adonan nagasari ke daun nangka, lalu beri topping pisang. Kukus lagi selama 15 menit hingga matang.

Kue Nusantara

Kue ini Merupakan jajanan khas yang berasal dari berbagai daerah dan pulau di seluruh Indonesia, dengan cita rasa tradisional khas Indonesia, dengan bahan dasar yang banyak tersedia diproduksi dari tanah air, seperti tepung beras, tepung tapioka, tepung ketan, tepung sagu dan santan. , sehingga sudah tidak asing lagi di lidah kita sejak kecil.

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor daya tarik dan daya tarik kue Indonesia, sehingga hingga saat ini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan di tengah gempuran toko-toko bakery yang menjual kue-kue Barat modern, seperti roti, donat, kue kering dan kue kering. kue bolu.

Kue atau penganan khas Indonesia ini juga populer disebut kue tradisional, sehingga di benak banyak orang timbul kesan penggunaan bahan dan berbagai peralatan pembuatan kue, cetakan kue, yang di zaman modern ini sudah jarang ditemukan. Sebenarnya berbagai alat dan cetakan yang dibutuhkan untuk membuat kue nusantara ini masih bisa ditemukan di berbagai pasar tradisional, bahkan di kota-kota besar.

Teknik pembuatan kue khas Indonesia yang kebanyakan menggunakan proses mengukus, merebus dan menggoreng, agar kue khas Indonesia tidak bertahan lama. Sementara itu, tidak banyak jenis kue Indonesia yang matang karena proses pemanggangan dan pemanggangannya. Kue tradisional Indonesia yang sudah matang karena proses pemanggangan ini biasanya bisa bertahan lebih lama.

Perbedaan bahan dan teknik pembuatan yang jelas membuat cita rasa kue tradisional Indonesia sangat khas, sangat berbeda dengan kue-kue Barat yang banyak menggunakan telur dan mentega dan kebanyakan melalui proses pemanggangan oven.

BACA JUGA : 

Demikian penjelasan dari saya tentang Membuat Makanan Lezat, Inilah Resep Kue Khas Nusantara semoga bermanfaat, terimakasih.