Kumpulan Resep Masakan Nusantara Mudah Dibuat

Kumpulan Resep Masakan Nusantara Mudah Dibuat– Apakah Anda ingin memasak atau ingin berbisnis dengan memasak masakan Indonesia? Bisnis aneka masakan Indonesia ini bisa dan cocok untuk dijalankan oleh semua orang yang menginginkan bisnis kuliner Indonesia yang menguntungkan. Bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis, inilah Kumpulan Resep Masakan Nusantara Mudah Dibuat.

Bahan Baku Aneka Masakan Indonesia

Dalam menjalankan bisnis, berbagai masakan Indonesia membutuhkan bahan baku untuk pembuatannya. Untuk membuat masakan yang enak membutuhkan bahan baku yang lengkap, berguna sebagai pelengkap resep bumbu masakan.

Sedangkan bagi konsumen, bisnis aneka masakan Indonesia tidaklah sulit, suguhan sensasional dan lezat yang disajikan mampu menarik banyak orang. Konsumennya cukup besar dan tidak terbatas dari anak-anak hingga orang dewasa. Nah jika anda ingin menjalankan bisnis ini, berikut ini kami akan membagikan kumpulan resep masakan nusantara yang mudah untuk anda coba.

Masakan Nusantara

Memasak masakan Indonesia terkenal sulit dan banyak orang merasa tidak mampu karena tidak tahu cara memasak dan bahan-bahannya. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan resep masakan nusantara ini, Anda bisa memasak dan juga menikmati masakan Indonesia di rumah. Resep aneka masakan Indonesia yang mudah dibuat dan juga enak adalah sebagai berikut:

Rawon Khas Jawa Timur

Bahan: 1kg Daging Sapi, Serai dan daun jeruk 3 batang, 4 daun bawang, Gula, garam, kaldu bubuk, merica, jinten, ketumbar secukupnya, 4 sisir jahe dan laos, kunyit, 8 bawang merah, 4 bawang putih, 3 buah hazelnut panggang, 3 kluwek, Cukup air.

Cara Membuat Rawon: Haluskan semua bawang merah, putih, kunyit, kemiri, ketumbar dan juga kluwek sambil masak daging hingga empuk. Kemudian masukkan bumbu yang belum ditambahkan, tunggu hingga mendidih dan jangan lupa dicicipi.

Sate Ayam Madura

Bahan: kg daging ayam, kg kacang tanah goreng Kecap, minyak sayur, garam secukupnya, siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 5 pecan sangria, cabai rawit secukupnya.

Cara Membuat Sate Ayam Madura : Tusuk ayam sesuai selera lalu olesi minyak dan kecap pada ayam yang ditusuk dan dibakar. Giling halus kacang dan bumbu lainnya, tambahkan kecap, sate siap dihidangkan.

Sate Lilit Asli Bali: Bahan:, 100gr kelapa parut  300 gr ayam giling, 1 telur, 2 sendok makan tepung tapioka 5 bawang merah, 4 bawang putih, 3 kemiri.1 cm lengkuas, jahe, kunyit, kencur, terasi, 5 cabai rawit ,merica, garam secukupnya, 20 batang serai

Cara Membuat Sate Lilit

Haluskan bumbu terlebih dahulu lalu tumis hingga harum dan jangan lupa siapkan adonan yang berisi ayam giling, tepung tapioka, garam, merica dan telur. Setelah bumbu harum, campur semuanya dan bungkus di atas batang bambu lalu panggang hingga matang. Bahan: 250 gr filet makarel, 300gr tepung terigu, air, garam, gula sesuai selera, 5 bawang putih, 3 telur, 400gr tepung sagu.

Cara membuat Empek Lenjer: Campur adonan yang berisi tepung, air, garam, dan gula pasir lalu masak hingga menjadi bubur dan tunggu hingga dingin. Jika sudah dingin, masukkan bawang putih, telur yang sudah dikocok, tambahkan tepung sagu, dan aduk hingga rata. Kemudian bentuk silinder dan rebus dalam air mendidih sampai matang.

Seblak Bandung

Bahan: Kerupuk yang sudah direndam air hangat, 3 siung bawang merah dan putih, 2 buah kemiri panggang, kencur 1cm, cabai rawit pedas, cabai merah sesuai selera, sawi hijau 2 buah, kaldu, bakso, gula, garam, merica, sosis, ceker secukupnya.

Cara Membuat Seblak Bandung: Haluskan semua bumbu, tumis hingga matang dan tambahkan semua bahan kemudian tambahkan kaldu sampai mendidih dan terakhir tambahkan sawi dan sosis.

Bakso

Bahan: 200 gr daging sapi giling, 100 gr tepung maizena, 1 telur, merica bubuk, garam secukupnya, 5 siung bawang putih, es batu dan air secukupnya.

Cara membuat bakso: Campurkan bawang putih cincang halus, tepung kanji, telur, merica dan bawang bombay ke dalam daging giling. Uleni dengan tambahkan es batu hingga adonan dapat dibentuk. Masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih dan angkat bakso yang sudah mengapung.

Nah selain macam-macam resep masakan Indonesia yang kami bagikan di atas, kami juga akan menyediakan resep masakan Indonesia yang biasanya dibuat oleh masyarakat desa. Berikut resep-resep yang diwarisi dari nenek moyang kita.

Resep Oblok-oblok

Siapa yang tidak suka dengan masakan rumahan, apalagi jika seorang ibu yang memasak dengan resep turun temurun dari neneknya? Daun singkong, misalnya, merupakan masakan khas Jawa yang didominasi parutan kelapa seperti botok namun dengan kuah ini semakin nikmat jika dicampur dengan ikan teri. Nah, berikut ini adalah resep daun singkong miring yang cocok dipadukan dengan sambal terasi dan ikan goreng.

Bahan: 500 gr daun singkong muda; 1/2 kelapa setengah tua parut ,50 gr teri medan goreng, 1 papan tempe semagit/tempe biasa, remas2, 1 jempol lengkuas, geprek, 3 lembar daun salam, 15 buah cabe rawit utuh,  1 liter air untuk kuah, Garam, gula, penyedap jamur, secukupnya

Bumbu Yang Di Haluskan: 5 siung bawang putih, 9 siung bawang merah, Cabe rawit sesuai selera, 3 butir kemiri sangrai, 1 sdt ketumbar, 1 cm kencur.

Cara membuatnya: Didihkan air secukupnya, beri garam, masukkan daun singkong yang sudah dimasak, rebus hingga empuk. Angkat. Masukkan ke air dingin lalu peras dan iris. Didihkan 1 liter udara, masukkan bumbu halus beserta lengkuas dan daun salam, tunggu hingga bumbu matang. Masukkan daun singkong, kelapa, teri, tempe, cabe utuh. Beri garam, gula, penyedap jamur. aduk rata. Koreksi rasa. Masak beberapa saat agar bumbu meresap. Angkat. untuk.

Empal Gentong

Masakan khas nusantara yang satu ini sudah terkenal kelezatannya. Empal gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang dimasak dengan cara tradisional. Masakan ini dibuat dengan cara dimasak di gentong besar dan apinya menggunakan kayu bakar.

Bahan Empal Gentong: Rebus babat sapi sebanyak 150 gram, Limpa sapi 200 gram rebus dan potong kecil, daging sapi sandung lamur, rebus dan potong kecil. Kaldu sapi siap pakai 1 1/2 liter, Daun salam 3 lembar, Siapkan 2 Batang serai dan ambil bagian putihnya saja kemudian digeprek, Garam 1 sdm, Gula pasir 1 sdt, Masukkan juga santan encer 300 ml yang sudah dibuat dari 1/2 butir kelapa , Minyak untuk menumis 2 sdm

  • Bumbu, haluskan: Bawang merah 8 butir,, Bawang putih 6 siung, kemiri 4 butir disangrai, Kunyit 3 cm terbakar, merica putih bubuk 1 sdt
  • Pelengkap: 4 sdm kecap manis, 2 tangkai kucai iris tips, 4 sdm bawang merah goreng, 4 sdm cabai merah bubuk

BACA JUGA : 

Cara Membuat Empal Gentong: Di dalam panci panaskan minyak di atas api sedang. Tunggu sampai minyak panas, lalu tumis bumbu halus, daun salam dan serai hingga harum. Masukkan babat, daging, limpasan kemudian aduk hingga merata. tambahkan kaldu, garam, dan gula pasir kemudian didihkan. alam santan, kemudian masak hingga matang sambil diaduk-aduk. Angkat dan hidangkan. Untuk penyajiannya hidangkan bersama dengan bahan pelengkap.

Demikian penjelasan dari saya tentang semoga bermanfaat, terimakasih.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements