Resep Makanan Lezat Cocok Untuk Keluarga  Anda Di Rumah

Resep Makanan Lezat Cocok Untuk Keluarga  Anda Di Rumah- Kali ini kami akan membahas tentang suatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi teman-teman yaitu aneka masakan Indonesia. Maka kali ini, kami akan mengulas beberapa hal tentang apa yang dimaksud dengan aneka masakan Indonesia dan beberapa macam masakan Indonesia.

Jadi hal pertama yang akan kita bahas adalah pengertian tentang berbagai macam masakan Indonesia. Aneka masakan Indonesia merupakan cerminan dari keragaman budaya dan tradisi nusantara yang memiliki peran penting dalam sebuah kata bagi keragaman budaya negara ini. Berikut Resep Makanan Lezat Cocok Untuk Keluarga  Anda Di Rumah.

Aneka Masakan Indonesia

Dalam berbagai masakan Indonesia, bumbu yang digunakan juga khas nusantara. Contoh aneka bumbu masakan Indonesia seperti aneka bumbu, kemiri, cabai, lengkuas, jahe, kunyit, kencur, kelapa, gula aren, dll. Dan dikerjakan dengan teknik khas nusantara juga.

Menurut sejarawan Indonesia, seni kuliner nusantara telah ditemukan dalam sebuah prasasti dari abad ke-8 hingga ke-10 Masehi. Saat itu ada istilah yang disebut boga yang artinya makanan yang berhubungan dengan dapur. Dibuat dengan sentuhan seni dan memberikan kenikmatan.

Namun, jika kita telusuri lebih jauh ke sisi timur Indonesia, catatannya tidak banyak dan bahayanya semakin homogen. Dengan salah satu teknik memasak sagu, teknik memasak dan bahan-bahan asli Indonesia berkembang, dan kemudian dipengaruhi oleh seni kuliner India, Timur Tengah, Cina, dan akhirnya Eropa.

Dan kabar baiknya, dari semua kuliner nusantara, kita bisa dengan mudah menemukannya di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Beberapa contoh masakan Indonesia yang terkenal adalah Sate, Rendang, dan Sambal.

Resep Masakan Indonesia Lezat

Pada pembahasan kali ini yang masih berkaitan dengan aneka masakan Indonesia, saya akan memberikan beberapa resep masakan khas Indonesia yang pastinya akan membuat selera makan anda meningkat drastis. Mari kita mulai diskusinya.

Resep Sup Kikil

Bahan: 500 gram kikil sapi, 3 sdm minyak goreng, 6 siung bawang putih, geprekz 3 cm jahe, geprek, 1 liter kaldu sapi,1 sdt merica bubuk, biji pala, 7 cengkeh, 2 sdt garam, 2 wortel, cincang, 3 tomat, cincang, Bahan tambahan: 4 kentang rebus, goreng, 2 daun bawang, iris halus, 1 batang seledri, iris halus .1 sdm bawang merah goreng, untuk taburan, Emping goreng. Saus cabai rawit:

Cara Membuat Sup Kikil

Rebus terlebih dahulu kikil sampai benar-benar empuk lalu setelah matang angkat. Buang air rebusannya. Kemudian panaskan minyak dan tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Setelah itu, tuangkan kaldu sapi, merica bubuk, cengkeh, pala, dan garam hingga mendidih.

Jika sudah masuk kikil yang sudah direbus bersama wortel dan tomat, masak hingga wortel matang dan bumbu meresap lalu angkat. Setelah itu, siapkan irisan kentang dalam mangkuk, dan tambahkan potongan kerikil dan kuahnya.

Resep Bandeng Bumbu Bali

Bahan: 500 gram ikan bandeng (250 gram), 1 buah lemon, ambil airnya, 2 sdt garam, Minyak secukupnya, untuk menumis dan menggoreng  Bumbu yang dihaluskan:, 6 bawang merah, 4 siung bawang putih, 7 cabai merah keriting.

4 buah cabai merah besar, buang bijinya, 3 cm jahe, 1 sdt garam,3 sdm kecap manis, 1 sdt gula, 150 ml air.

Resep Ikan Bandeng Bumbu Bali: Pertama bersihkan bandeng lalu potong menjadi 3 bagian. Jika sudah dilumuri air jeruk nipis dan garam. Kedua, goreng bandeng hingga kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan

Selanjutnya tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum. Kemudian tambahkan kecap manis, garam, gula dan air. Masak sampai benar-benar mengental. Kemudian langkah terakhir masukkan ikan bandeng, masak sebentar sambil diaduk rata. Sehingga hasil yang matang nantinya juga bisa merata.

Bahan lumpia

Bahan:250 gram rebung, rebus, iris halus, 3 sdm minyak goreng,4 siung bawang putih, haluskan, 5 bawang merah, cincang halus, 200 ml air, 200 gram udang rebon, rendam air hangat, tiriskan, 100 gram wortel, potong dadu kecil, 2 batang daun bawang, iris halus, sdt merica bubuk, 1 sdt garam.

  • 2 sdm gula pasir, 1 sdm kecap manis, 15 lembar kulit lumpia, 2 sendok makan tepung terigu, larutkan dalam air.
  • Bahan Saus Tauco: 3 siung wang putih, cincang halus, 8 buah cabai rawit, iris halus, sdt garam, 1 sdm tauco, 2 sdt gula merah, 1 sdm air jeruk nipis, 2 sdm kecap manis, 200 ml air matang.

Cara Membuat Makanan Lumpia: Pertama panaskanlah minyak, lalu tumislah bawang putih dan bawang merah hingga baunya harum dan sepertinya matang. Jika sudah masukkan udara dengan ditambahkan udang rebon, daun, dan wortel. Lanjutkan dengan memasukkan bumbu yang lainnya, aduk-aduklah. Selanjutnya masak sampai semua bahan matang dan air habis.

Lalu ambil 2 sendok makan hasil quick frying untuk meletakkannya di atas kulit lumpia. Selanjutnya lipat kulit lumpia, gulung dan tempelkan pada adonan tepung. Langkah terakhir goreng lumpia tersebut hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskanlah. Dan bisa disajikan dengan saus tauco tadi.

Resep Makanan Rendang

Bahan-Bahan: Daging sapi 500 gram, dipotong menjadi 10 bagian, Santan Kental 600ml, Kentang bayi 300 gram, Minyak goreng secukupnya, Air sebanyak 300 ml., Bumbu Halus: 10 cabai iris, 6 buah butir bawang merah, 2 siung bawang putih

4 cm kunyit, jahe 3 cma, 3 cm lengkuas garam secukupnya, Bumbu lainnya:1 lembar daun kunyit, 1 batang serai, 2 butir asam kandis.

Cara Membuat Makanan Rendang Khas Padang: Pertama tumislah semua bumbu yang telah di haluskan hingga baunya wangi, setelah itu tambahkanlah daging. Lalu aduk perlahan hingga perlahan berubah. Kedua masukkanlah daun kunyit, asam kandis, dan serai. Lalu aduk kembali sacara perlahan

Setelah itu udara dan masukkanlah baby potato. Lalu masukkan santan yang akan dimasak dengan api sedang. Biarkanlah daging higga empuk, kuah kering, dan empuk. Setelah itu angkatlah dan masakanpun siap disajikan

Resep Makanan Gudeg

Bahan-Bahan: Kacang Tolo 200 gram, Santan cair 1 liter, Nangka muda yang sudah di iris-iris 500 gram

Bahan Yang Dialuskan:

Bawang merah 8 butir,bawan putih 4 siung, Ketumbar 1 sdm, Kemiri 5 buah, Garam secukupnya, Lengkuas 4 cm, Daun salam 6 lembar, Batang serai 2 batang, Gula merah 100 gram, Santan kental 250ml.

BACA JUGA :

Cara Membuat Makanan Gudeg: Pertama sangarailah kacang tolo lalu rebuslah dan angktalah sambil di tiriskan. Kedua rebuslah santan cair hingga mendidih. Jika sudah masukkanlah kacang tolo edalam rebusan santan tadi. Setelah itu masukkanlah nangka muda, daun salam, lengkuas, gula merah, serai, santan kental, dan bumbu halusnya. Setelah itu tutuplah panci dan masaklah hingga 5 jam. Setelah kuah tadi sudah terlihat kerng dan nangka terlihat dari atas maka angkatlah dan sajikan.

demikian penjelasan dari saya tentang semoga bermanfaat ,terimakasih.