Resep Masakan Nusantara Cocok Untuk Melakukan Usaha

Resep Masakan Nusantara Cocok Untuk Melakukan Usaha- Menu makanan di Indonesia sepertinya tidak ada habisnya, Maka tak heran jika Indonesia dijuluki sebagai surganya kuliner, karena memiliki berbagai jenis makanan yang tidak diragukan lagi kelezatannya. Bahkan, beberapa di antaranya dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat masakan, baik dari segi bumbu maupun cara memasaknya. Misalnya masakan Padang yang identik dengan sambal yang pedas, Makassar yang terkenal dengan olahan dagingnya dan masih banyak jenis makanan lainnya. Berikut ini Resep Masakan Nusantara cocok untuk melakukan Usaha.

Nasi goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer hingga mancanegara. Nasi goreng tidak hanya mudah dimasak, variasinya juga banyak dan bisa dibuat dengan bahan pelengkap sesuai selera. Berikut resep nasi goreng sederhana.

Bahan Nasi Goreng : 2 piring nasi, Potong 2 buah Sosis menjadi 4 bagian lalu goreng , 1/4 dada ayam goreng, suwir kecil-kecil, 1 butir telur, buat telur dadar dan iris tipis memanjang, 2 siung bawang putih, cincang halus.3 bawang merah, iris tipis, 2 buah cabai merah, iris tipis, 1 batang daun bawang, iris tipis, 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan kecap asin, 1/2 sendok teh merica bubuk

BACA JUGA : RESEP NASI GORENG RUMAHAN

Cara membuatnya: Panaskan minyak diwajan anda, selanjutnya tumis bawang putih dengan bawang bombay sampai harum. Masukkan cabai yang sudah diiris kecil-kecil, tumis hingga harum, masukkan nasi lalu aduk hingga rata, masukkan ayam suwir. Tambahkan kecap manis, kecap manis, merica, penyedap rasa dan garam secukupnya. Aduk hingga bumbu tercampur rata.

Sebelum nasi diangkat, tambahkan daun bawang, sosis, dan irisan telur, lalu aduk rata. Angkat dan pindahkan ke piring saji. Sajikan dengan sunny side up dan acar mentimun. Nasi goreng siap dinikmati.

Gudeg Istimewa

Gudeg merupakan salah satu makanan khas dari kota istimewa yaitu Yogyakarta. Yang terbuat dari nangka muda memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut biasanya disebut gori oleh orang Jogja. Berikut ini resep gudeg yang mudah untuk anda praktekkan.

Bahan Gudeg :500 gram nangka muda, potong sesuai seleraz, 1300 ml air bersih, 3 cm lengkuas, dihaluskan agar keluar aromanya, 4 lembar daun salam, 100 gram gula merah, sisir dengan pisau sampai halus, 400 ml santan, terbuat dari 1 butir kelapa.

Bahan halus:. 6 siung bawang putih, 10 bawang merah, 2,5 sendok teh garam, 6 pecan, panggang, 2 sendok teh ketumbar.

Cara Membuat Gudeg: Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan nangka muda. Masak terus hingga nangka matang. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, jangan lupa tambahkan lengkuas, daun salam, gula merah, dan santan.

Masak sambil sesekali diaduk agar bumbu meresap dan tekstur nangka muda menjadi lembut. Masak dengan api kecil hingga nangka benar-benar matang dan kering, serta warnanya berubah menjadi cokelat, lalu angkat dan sajikan di piring.

Krengsengan

Kresengan merupakan salah satu masakan khas dari Surabaya. Kelezatan menu ini memang tidak bisa dipungkiri, terlihat dari banyaknya masyarakat umum yang ingin menikmatinya. Hidangan berbahan dasar daging kambing pedas ini menjadi ciri khas masakan Jawa Timur. Berikut resep membuatnya untuk 4 porsi.

Bahan Krengsengan: Daging kambing 500 gr, potong dadu kecil, terasi 2 sdm, kecap manis 3 sdm, 2 buah tomat merah, potong kecil-kecil, Cabe merah, iris miring, garam 1 sdt, Gula 1 sdt, Lada putih bubuk 1/4 sdt, Air 300 ml, Goreng merah 2 sdm, Minyak untuk menggoreng 2 sdm.

Bumbu yang dihaluskan: Bawang merah 8 siung, Bawang putih 4 siung, 3 buah cabai merah, Cabe merah 3 buah, 2 buah hazelnut panggang

Cara membuat: Lumuri daging kambing yang sudah dipotong dadu dengan bumbu halus, petis, dan kecap manis, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Panaskan minyak, lalu tumis daging beserta bumbunya. Masak hingga berubah warna.

Tambahkan tomat dan cabai, aduk hingga rata. Tambahkan garam, gula dan merica, aduk kembali hingga bumbu merata. Kemudian tuang air dan lanjutkan memasak hingga daging matang dan bumbu meresap sempurna. Angkat dan pindahkan ke mangkuk, lalu taburi dengan bawang merah goreng sesaat sebelum disajikan.

Ayam kampung madu

Ayam merupakan salah satu menu favorit keluarga. Selain rasanya yang enak, cara membuat masakan ini juga relatif mudah. Salah satu resep masakan dari ayam kampung adalah ayam kampung madu, menu ini bisa anda coba untuk santapan keluarga. Berikut cara membuatnya.

Bahan Ayam Kampung Madu: Siapkan daging ayam kampong yang telah dipotong menjadi 4 bagian, Jus lemon 2 sdt, 3 siung bawang putih, kupas dan parut, saus tomat 2 sdm, saus tiram 2 sdm, Kecap manis 2 sdm, madu 2 sdm, Garam 1,5 sdt, merica putih bubuk 1 sdt, Air kelapa 500ml, margerin 3 sdm.

BACA JUGA : RESEP AYAM KECAP

Cara Membuatnya: Pertama panaskan margarin hingga mencair,setelah itu tumis bawang putih hingga tercium bau harum. Masukkan daging ayam sambil diaduk hingga rata. Dan tambahkan juga saus tomat, kecap manis, saus tiram dan madu, lalu aduk hingga merata.

Masukan garam dan merica, aduk hingga rata. minuman secara berlahan kemudian masak daging hingga matang dan bumbu meresap dengan sempurna. Bila sudah angkat dan tiriskan. Selanjutnya tinggal Bakar daging ayam yang telah dioleskan sisa bumbu  hingga ayam berwarna kecoklatan kemudian bisa di angkat. dengan sambal dan lalapan ditemani dengan nasi putih. Hidangan siap disantap.

Mie Goreng Khas Jawa

Mie goreng ini populer di masyarakat karena memiliki citarasa yang begitu khas yang rasanya nikmat dan lezat. Yang menggunakan tambahan bumbu kecap manis yang menciptakan perpaduan rasa makyus. Berikut resep cara membuatnya.

Bahan Mie Goreng:1 Bungkus mie telur kuning kering. Kemiri yang telah disangrai 5 butir, Bawang putih 4 siung, Kecap manis pedas gurih 2 sdt, Teh lada putih bubuk 1/4 sdt,, Garam 1/4 sdt, gula pasir sdt, Potong 5 butir Basok sapi menjadi 4 bagian

BACA JUGA : Resep Kwetiau Goreng

Udang pancet 100 gram, Kol 200 gram, potong cacah, Sawi hijau 200 gram, potong cacah, Daun bawang 2 tangkai, potong bulat 1 cm, Daun seledri 2 tangkai, potong kasar, Royco sapi 1 bungkus, telur ayam 2 butir, kocok lepas, Minyak goreng 5 sdm.

Cara Membuat: Pertama Tumis bumbu hingga matang dan tercium bau harum, Lalu masukan bakso campur udang. Saat Tumis tambahkan telur hingga berubah warna. Jika telur sudah matang selanjutnya masukan bumbu penyedap rasa seperti rayco, garam dan gula. Setelah bumbu tercampur rata masukan mie dan kecap. Aduk kembali sampai bumbu merata dengan mie, lalu angkat dan hidangkan.

Demikian penjelasan dari saya tentang Resep Masakan Nusantara cocok untuk melakukan usaha semoga bermanfaat, terimakasih.