Beberapa Resep Kue Nusantara Dengan Bahan Murah

Beberapa Resep Kue Nusantara Dengan Bahan Murah- Aneka Resep Kue Nusantara bisa menjadi sumber referensi bagi para pecinta kuliner yang suka membuat kue, yang sedang mencari resep kue tradisional indonesia karena kumpulan resep kuenya cukup banyak, cukup lengkap dan akan terus bertambah.

Aneka Resep Kue Nusantara berisi kumpulan aneka resep kue tradisional indonesia disertai penjelasan singkat dari berbagai daerah di indonesia dan kue populer indonesia lainnya yang telah dipengaruhi oleh manca negara seperti cina dan belanda karena faktor ekonomi, sosial, dan persilangan -interaksi budaya yang telah berlangsung selama ratusan tahun. tahun.

Menikmati kue khas Indonesia merupakan wujud dari bagaimana melestarikan budaya nasional Indonesia. Bagi Anda yang memiliki hobi membuat kue, hobi ini dapat dikembangkan menjadi kegiatan yang menghasilkan uang, dengan menekuni bisnis wirausaha kue. Nah pada artikel ini kami akan membagikan resep Kue Nusantara Dengan Bahan Murah.

Resep Kue Nusantara

Nusantara terkenal dengan keanekaragaman budayanya. Bukan hanya budayanya saja yang berbeda, tapi juga cita rasa tiap daerah yang berbeda. Perbedaan selera tersebut menyebabkan perbedaan kuliner di setiap daerah di Indonesia. Kulinernya tidak hanya berupa makanan utama, tetapi juga makanan ringan seperti kue tradisional. Berikut beberapa resep kue Indonesia enak yang patut dicoba:

Resep Kue Pancong

Resep kue nusantara betawi ini bisa anda coba sendiri dirumah karena bahan dan cara pembuatannya cukup mudah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue pancong bisa ditemukan dimana saja. Nah, inilah bahan utama untuk membuat kue pancong.

Bahan Kue Pancong: Siapkan gulanya dulu, lalu 300 gram tepung beras, 650 mililiter santan kental dan cair, siapkan juga daun pandan, siapkan telur ayam, siapkan kelapa parut, 1 sendok makan garam halus dan minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Kue Pancong: Tuang sebagian tepung beras yang sudah dicampur hingga rata dengan santan kental. Santan cair dengan api kecil bersama daun pandan hingga mengental lalu sisihkan. Tepung beras yang tersisa kemudian dicampur dengan adonan awal dan diaduk dengan parutan kelapa dan garam hingga rata.

Santan cair yang sudah matang dicampur dengan campuran telur dan tepung lalu diaduk hingga rata hingga membentuk adonan. Adonan tersebut kemudian dimasak dalam cetakan kue pancong yang sebelumnya telah diolesi minyak. Gula pasir digunakan sebagai taburan saat kue matang. Kemudian kue pancong siap dihidangkan

Resep Bikang Ambon

Kue bikang Ambon asal Medan ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Kue ini merupakan jenis kue basah sehingga tidak tahan lama. Resep kue khas nusantara medan ini cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Bahan Membuat Bikang Ambon : Siapkan terlebih dahulu untuk 100 gram tepung terigu, 200 mililiter air kelapa segar, 10 gram ragi instan, 300 gram untuk tepung sagu, 15 kuning telur, 600 mililiter santan kental, 450 gram gula pasir, vanili dan garam halus secukupnya.

Cara Membuat Bikang Ambon: Tepung terigu, ragi dan air kelapa dicampur rata dan didiamkan selama 15 menit. Gula, kuning telur, vanili dan garam dicampur rata dengan campuran ragi dan tepung sagu dan santan. Adonan didiamkan selama 2 jam dan dimasukkan ke dalam loyang untuk oven.

Resep Membuat Kue Cucur Lezat

Kue cucur adalah kue tradisional khas nusantara yang bentuknya mirip dengan pancake. Namun Bedanya, kue cucur ini meski tanpa tambahan apapun sudah terasa manis dan legit. Resep kue nusantara yang masih eksis hingga saat ini tidaklah rumit. Bahan-bahan untuk membuat kue nastar antara lain:

Bahan Utama Membuat Kue Cucur: Siapkan terlebih dahulu untuk 100 gram tepung beras, 100 gram tepung terigu, 100 gram gula merah kualitas bagus, 50 gram untuk gula pasir, 100 mililiter air, 1 sendok teh garam meja halus, 1 sendok makan kayu manis.

Cara Membuat Kue Cucur : Tepung kanji, tepung ketan dan garam dicampur hingga rata. Kemudian, santan dimasak dengan gula merah dan disaring. Santan dan gula merah yang masih hangat dicampur dengan campuran tepung sedikit demi sedikit hingga rata.

Uleni adonan hingga kalis dan halus, sekitar 15 menit. Adonan kemudian didiamkan selama 1 jam hingga mengembang. Adonan tersebut kemudian digoreng hingga matang dengan api sedang sambil disiram minyak dan ditusuk dengan lidi.

Resep Kue Talam

Resep asli kue talam terbuat dari ubi ungu, meski sekarang sudah banyak yang menggunakan bahan lain. Resep kue nusantara legit terkenal ini sangat mudah dibuat. Bahan dasarnya yaitu ubi ungu, tepung sagu, santan cair, gula halus, tepung beras, dan garam. Selain bahan dasar tersebut, bahan lain yang digunakan sebagai bahan tambahan adalah tepung beras, tepung sagu, santan kental, air panas, dan garam.Bahan Utama Resep Kue saya 1 butir kelapa

150 mililiter air kelapa, 100 gram gula pasir, 1/4 sendok teh garam dapur, 100 gram tepung beras berkualitas baik, 30 gram tepung sagu, 1 sendok teh pasta pandan, Larutkan 50 gram gula merah menggunakan 25 mililiter air dengan cara merebus hingga benar-benar mengental.

Cara Membuat Kue Talam: Santan cair bersama garam sambil diaduk agar tidak pecah. Setelah itu, ubi ungu yang telah dihaluskan dan diaduk rata bersama tepung sagu, gula halus dan tepung beras. Adonan tersebut dikukus selama 15 menit sampai matang.

BACA JUGA : 

Setelah itu, bahan topping dibuat dari santan dan garam yang mengalir bersama mendidih dan dibiarkan sampai dingin. Tepung beras dicampur dengan air panas sampai rata dan ditambahkan tepung sagu.

Selanjutnya aduk Adonan tepung sampai rata kemudian dicampur santan hingga rata. Topping adonan ini kemudian pada bagian atas adonan dasar kue talam yang telah dikukus. Kemudian Kue dikukus lagi selama 10 menit hingga matang.

Resep Membuat Kue Bugis

Bue bugis disebut-sebut sebagai kue khas Makassar. kue ini memiliki kue mendut dari Jawa Tengah. Kue bugis terdiri dari kulit dan isi. Selanjutnya untuk membuat bagian kulitnya menggunakan tepung kanji  dan tepung ketan dicampur dengan air kapur sirih jangan lupa juga campurkan air daun pandan dan santan agar berwarna. Sedangkan isinya dari bahan berikut ini:

Bahan Utama Kue Bugis: 375 gram tepung ketan putih berkualitas yang baik, 1/2 ssendok teh dari garam dapur, 250 mililiter santan kelapa yang masih segar, 50 mililiter dari campuran air daun pandan, Daun pisang untuk membungkus adonan kue.

Bahan Isi Kue Bugis: 300 gram kelapa setengah tua, setelah kupas, kemudian parut, 200 gram gula pasir yang berkualitas baik, 1/4 sendok teh dari vanili, 1/2 sendk teh untuk garam halus, 150 mililiter udara.

Cara Membuat Kue Bugis: Setelah semua bahan tersedia selanjutnya semua bahan tersebut dimasak bersama sampai agak mengering. Dan isian kue kemudian dibungkus dengan adonan kulit yang dibentuk bulat. Kue yang belum matang tersebut diberi santan secukupnya dikukus hingga matang dan dibungkus dengan daun pisang.

Demikian penjelasan dari saya tentang beberapa resep Kue Nusantara Dengan Bahan Murah  semoga bermanfaat, terimakasih.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements