Makanan Khas China

Makanan Khas China – Negara China, atau yang sering disebut dengan Tiongkok, merupakan nama dari sebuah negara terluas ke-3, dan menjadi negara dengan penduduk terpadat di dunia. Republik Rakyat China/Tiongkok (RRC/RRT) merupakan nama panjang yang di kenal dunia. RRC/RRT beribukota di Shanghai.

Jika kita membahas tentang negara ini, pasti yang banyak terpikirkan oleh orang Indonesia yaitu produknya. Ya, memang banyak sekali produk-produk yang diproduksi dari negara ini mulai dari mainan anak-anak, barang-barang elektronik, bahkan hingga makanan.

Kreatifitas orang-orang Tiongkok tidak perlu diragukan lagi, inovasi-inovasi baru terus dikembangkan di negara ini. Di sisi lain, banyak keturunan-keturunan Tionghoa banyak terserbar di seluruh dunia, seperti di Amerika ada suatu tempat bernama Chinatown, sedangkan di Indonesia sendiri, temoat itu sering diistilahkan dengan Pecinan atau Kampung China. Tempat itu biasanya ditinggali mayoritas oleh orang-orang Tionghoa atau keturunan-keturunan Tionghoa.

Dalam hal makanan, makanan-makanan khas yang berasal dari China juga tidak perlu diragukan lagi citarasanya. Banyak resep-resep yang dibawa langsung dari China dan dikembangkan, dicocokkan langsung dengan citarasa lidah Indonesia.

Oleh karena itu tidak perlu khawatir lagi jika kamu ingin mencicipi masakan-masakan China tanpa takut rasanya yang tidak diterima lidah anda.

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan khas China yang dapat menambah pengetahuan citarasa kamu.

1. Kwetiau

makanan khas china

Kwetiau adalah makanan mie yang identik dengan orang Tionghoa, etnis Hokkian dan Tio Chiu.

Di Indonesia kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Hokkian banyak terdapat di pulau Sumatera yaitu kwetiau medan yang memakai campuran bakso ikan, sosis babi, dan telur bebek.

Sedangkan kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Tio Chiu yang banyak tinggal di pulau Kalimantan adalah kwetiau sapi yang memakai daging sapi beserta jeroannya seperti babat.

Kwetiau terbuat dari tepung beras yang bertekstur kenyal, dan biasa diolah dengan cara digoreng atau disiram dengan kuah.

Menikmati kwetiau sangat cocok ketika masih panas dan biasanya ditemani dengan acar cabai rawit atau saus. Rasa yang dihasilkan pun sangat lezat dan khas bumbunya.

Kwetiau dapat anda nikmati dengan harga mulai dari Rp 12.000/porsi.

2. Tahu Mapo

kuliner khas china

Hidangan ini terbuat dari tahu yang dipotong dadu, dibumbui dan dimasak dengan saus pedas.

Selain itu terdapat pula douban (fermentasi kacang polong dan cabai), douchi (fermentasi kacang hitam) yang menjadi ciri khas, bersama dengan daging sapi cincang atau varian lain seperti jamur kuping kayu dan sayuran lainnya.

Tahu Mapo sangat terkenal akan rasanya yang pedas, teksturnya yang empuk dan lembut, kuahnya kental, serta aromanya khas dan harum. Tahu Mapo sangat cocok dinikmati ketika masih panas atau hangat.

Tahu Mapo di Indonesia dijual mulai dari Rp 40.000/porsi.

3. Bebek Peking

kuliner khas china

Bebek Peking terkenal sebagai masakan untuk para raja di Tiongkok.

Bebek Peking dibuat dengan terlebih dahulu bebek pedaging khusus direndam pada cairan bumbu cabai yang bernama gochujang selama 24 jam.

Setelah itu bebek ditiriskan dengan cara digantung pada suhu ruangan selama 6 jam dan kemudian dipanggang dengan suhu 180 derajat celsius selama 45 menit.

Bebek Peking dihidangkan dengan saus tiram, rasanya gurih dan lezat. Yang khas dari Bebek Peking adalah penggunaan daging bebek khusus, yaitu bebek yang diberi makan bubur biji-bijian bergizi selama 20 hari sebelum dipotong.

Bebek Peking dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000/porsi.

4. Ayam Cincang Gong Bao

makanan khas china yang enak

Ayam Cincang Gong Bao atau Ayam Kung Pao terbuat dari olahan daging ayam cincang berukuran besar dan dimasak bersama rempah-rempah, kecap dan saus khas Tiongkok.

Kemudian disajikan dengan kacang goreng dan cabai kering. Ayam Cincang Gong Bao terkenal di kalangan turis mancanegara, rasanya yang gurih, lezat, dan khas membuatnya digemari.

Bahkan sampai terdapat versi baratnya, yaitu dengan ditambahkan saus asam manis, bawang putih, dan tepung tapioka.

Harga Ayam Cincang Gong Bao dijual mulai dari Rp 40.000/porsi.

5. Jian Bing

makanan khas china

Jian Bing adalah makanan semacam crepes atau kebab yang biasa dimakan sebagai menu sarapan.

Di Tiongkok, Jian Bing biasanya dijajakan di street food. Bahan dasar Jian Bing adalah adonan tepung gandum dan jagung, yang dimasak menggunakan wajan rata, bersama dengan telur atau daging, daun ketumbar, dan bumbu lainnya.

Jian Bing disajikan dalam bentuk gulungan dan biasanya diberi saus pedas berwarna cokelat. Jian Bing memiliki rasa yang gurih dan rendah kalori serta merupakan kombinasi sempurna antara karbohidrat dan protein.

Jian Bing di Indonesia dijual mulai dari Rp 20.000/porsi.

6. Dimsum

macam-macam makanan dari china

Secara harfiah Dim sum berasal dari bahasa Kantonis yang berarti makanan kecil, secara keseluruhan makanan ini disebut Yum Cha.

Sesuai dengan namanya Dim sum adalah kudapan khas Tingkok yang jenisnya beragam mulai dari siomay, hakau, mantau, hingga bakpao.

Dim sum sangat cocok dijadikan sarapan karena bentuknya yang kecil apalagi dengan ditemani teh hangat. Dim sum disajikan dalam wadah kukusan bambu agar tetap hangat.

Selain itu Dim sum dibuat beragam warna, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, dan jenis masakannya.

Dim sum terbagi menjadi empat kategori yaitu Dim sum kukus, Dim sum goreng, Dim sum manis dan Dim sum ceker. Rasanya sendiri gurih dan lezat dan biasanya dimakan dengan cocolan.

Harga Dim sum berkisar mulai dari Rp 3.000/biji.

7. La Ji Zi

makanan khas china yang enak

Makanan khas China yang satu ini merupakan hidangan yang sangat cocok bagi pecinta makanan pedas.

La ji Zi berarti ayam pedas kering, dan berbentuk daging ayam yang dipotong dadu dan digoreng kering.

Selama digoreng ditambahkan pula cabai Sichuan kering, pasta kacang pedas, paprika Sichuan, bawang putih, dan jahe.

Selain itu biji wijen panggang dan irisan daun bawang sering digunakan untuk menghias hidangan.

La Ji Zi memiliki cita rasa pedas sehingga sangat patut dicoba bagi penggemar masakan pedas. Selain pedas citarasanya juga gurih dan sedikit manis.

La Ji Zi dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000/porsi.

8. Won Ton

makanan & oleh-oleh khas china

Won Ton atau yang lebih dikenal dengan nama pangsit adalah daging cincang yang dibungkus tepung terigu berbentuk lembaran.

Won Ton diolah dengan cara direbus dan disajikan bersama sup atau digoreng seperti kerupuk. Selain daging cincang isi dari Won Ton juga bisa berupa udang, daging babi, atau sayuran.

Bumbunya sendiri seperti kecap asin, saus tiram, dan minyak wijaen. Di Indonesia Won Ton atau pangsit seringnya berupa kulit tanpa isi dan diolah menjadi pangsit kuah, pangsit goreng, mie pangsit, dan cwie mie.

Rasa pangsit memang terkenal gurih dan lezat. Harganya mulai dari Rp 10.000/porsi.

9. La Mian

kuliner khas china

La Mian merupakan mie tarik ala Tionghoa yang dibuat dengan cara memuntir, menarik, dan melipat adonan terigu dengan sedikit tambahan tepung beras khusus sehingga membentuk benang mie-mie tipis.

Pengolahan ini akan mempengaruhi panjang dan tebalnya mie, serta yang membuatnya menjadi khas. Untuk campuran biasanya ditambahkab daging ayam, rica-rica ayam, atau kuah kaldu ayam.

Citarasanya yang khas serta teksturnya yang ringan dan tipis membuat La Mian patut dicoba.

Harganya berkisar mulai dari Rp 30.000/porsi.

10. Fu Yung Hai

makanan khas china

Fu yung hai atau disebut juga Puyonghai adalah salah satu jenis masakan khas Tionghoa yang terbuat dari telur dadar dengan campuran berupa sayuran, daging, atau makanan hasil laut.

Fu Yung Hai umumnya disajikan bersama saus asam manis yang terbuat dari tomat dan kacang polong, dan ada juga yang disajikan bersama potongan nanas.

Salah satu menu legendaris ini memiliki citarasa yang gurih, renyah, dan saus asam manisnya yang menyegarkan.

Fu Yung Hai dijual mulai dari Rp 15.000/porsi.

11. Hainan Jifan

makanan & oleh-oleh khas china

Dalam bahasa Indonesia berarti nasi ayam Hanian, dinamakan demikian karena berasal dari tradisi seni memasak dan penerapannya oleh suku Hanian perantauan.

Di kawasan asia tenggara Hanian Jifan bercampur dengan gabungan unsur masakan Kanton dan masakan asia tenggara.

Hanian Jifan dibuat dengan cara ayam direbus dalam kaldu tulang ayam atau babi. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan citarasa yang kuat dan minyak yang banyak.

Sebagai pelengkap ditambahkan pula saus cabai, serbuk jahe, saus tiram, kecap, atau irisan timun.

Hanian Jifan dijual dengan harga mulai dari Rp 40.000/porsi.

12. Bakpao

macam-macam makanan dari china

Bakpao adalah makanan khas tionghoa dan cukup terkenal di Indonesia.

Bakpao berasal dari dua kata yaitu bak artinya daging dan pao berarti bungkusan.

Awalnya daging yang digunakan dalm Bakpao adalah daging babi, akan tetapi seiring perkembangannya isinya pun beragam mulai dari daging ayam, sayuran, ikan, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang hijau, dan sebagainya.

Bungkusnya sendiri dibuat dari adnonan tepung terigu yang diberi ragi. Bakpao mempunyai tekstur yang empuk atau kenyal dengan rasa yang manis atau gurih tergantung isinya.

Harganya mulai dari Rp 3.000/buah.

13. Chow Mein

macam-macam makanan dari china

Chow Mein adalah hidangan mie goreng atau secara harfiah berarti mie tumis.

Chow Mien dibuat dengan caranya yang unik yaitu mie dan bahan-bahan pelengkapnya dimasak terpisah, lalu digabung sewaktu disajikan.

Memang secara tampilan Chow Mein mirip dengan mie goreng yang ada di Indonesia. Biasanya untuk tambahan atau topping Chow Mein adalah daging sapi atau ayam dan variasi sayuran seperti bawang, seledri, dan wortel, rasanya pun gurih serta lezat.

Harga Chow Mein mulai dari Rp 10.000/porsi.

14. Sanbeiji

makanan & oleh-oleh khas china

Keunikan Sanbeiji terletak pada pengolahannya, karena untuk membuat satu porsinya diperlukan banyak bumbu.

Sanbeiji sendiri berbahan dasar daging ayam dan sesuai dengan namanya ditambahkan tiga cangkir (san bei ji) bumbu.

Untuk campuran Sanbeiji biasanya berupa arak beras, kecap manis, lemak babi, dan bahan pelengkap rasa lainnya. Tekstur dagingnya yang empuk dengan citarasanya yang khas dan lezat membuat Sanbeiji sayang untuk dilewatkan.

Harganya mulai dari Rp 30.000/porsi.

Yuk, baca juga :

15. Jiaozi

makanan khas china

Jiaozi adalah salah satu jenis Dim sum berupa dumpling yang berisi daging atau sayuran cincang dan dibungkus lembaran adonan tepung terigu, air, dan garam.

Jiaozi diolah dengan cara direbus atau dikukus sedangkan Jiaozi kering bernama Kuotie. Jiaozi disajikan bersama dengan arak beras, saus, vinegar atau bawang putih.

Seperti makanan Dim sum lainnya Jiaozi sangat cocok dinikmati sewaktu masih panas atau hangat dengan rasanya yang gurih dan nikmat.

Harganya sendiri mulai dari Rp 3.000/biji.

16. Nian Gao

macam-macam makanan dari china

Di Indonesia Nian Gao dikenal dengan nama kue keranjang, dan memang tereknal karena wadah cetaknya yang berebntuk keranjang.

Nian gao berbahan dasar tepung ketan dan gula serta bertekstur kenyal dan lengket. Nian Gao identik dengan kue khas dalam perayaan tahun baru Imlek.

Dalam bahasa aslinya Nian Gao atau Ni-Kwe memiliki arti kue tahunan, karena hanya dibuat setahun sekali.

Nian Gao memiliki citarasa yang manis dan lezat, serta bisa juga disajikan ketika sudah mengeras dengan digoreng bersama tepung dan telur ayam maupun dijadikan bubur dengan cara dikukus.

Nain Gao dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000/pack.

17. Tangculiji

makanan khas china

Tangculiji merupakan hidangan berupa daging babi fillet yang dicampur dengan tepung kemudian digoreng.

Penyajian Tangculiji dilakukan dengan dimasak bersama saus asam manis setelah sebelumnya ditiriskan dari penggorengan. Tangculiji mempunyai citarasa yang pedas, manis, dan gurih.

Tangculijin sangat cocok dinikmati ketika masih hangat apalagi ditemani juga dengan nasi yang masih panas.Tangculiji merupakan masakan yang berasal dari daerah Sichuan, Tiongkok.

Harganya mulai dari Rp 50.000/porsi.

18. Lun Pia

makanan khas china

Lun Pia atau yang biasa dikenal dengan nama Lumpia adalah salah satu jajanan tradsional khas Tionghoa.

Lun Pia berbahan tepung gandum yang berebentuk lembaran tipis yang dijadikan pembungkus isian yang biasanya berupa telur, daging, sayuran, makanan hasil laut, maupun rebung bahkan ada pula yang isinya makanan manis.

Lun Pia memiliki tekstur yang renyah dan gurih atau manis tergantung pada isinya, serta biasanya dalam menikmati Lun Pia ditambahkan cocolan dan nasi agar semakin nikmat.

Lun Pia biasa dijual mulai dari harga Rp 10.000/porsi.

19. Sapo Tahu

makanan khas china yang enak

Salah satu makanan khas China yang tidak mengandung daging salah satunya yaitu Sapo Tahu, meskipun dalam perkembangannya ada juga yang menambahkan daging, ikan atau udang.

Sapo Tahu memperoleh namanya dari penggunaan sapo atau claypot yang digunakan untuk memasak makanan ini dan terbuat dari bahan keramik sehingga bisa menyimpan panas yang cukup lama.

Bahan dasarnya sendiri berupa tahu tiongkok, jamur merang, wortel, sawi putih, tepung maizena, dan campuran bumbu lainnya.

Tahu dalam Sapo Tahu bertekstur halus dan lambut serta citarasa dari Sapo Tahu gurih dan lezat apalagi disajikan ketika masih panas.

Harga Sapo Tahu mulai dari Rp 20.000/porsi.

20. Cap Cay

kuliner khas china

Cap Cay berarti aneka ragam sayur dalam dialek Hokkian.

Memang masakan khas Tionghoa ini terkenal karena dimasak dari berbagai macam sayuran dan biasa diolah dengan berkuah atau digoreng.

Beberapa jenis sayuran yang sering digunakan dalam pembuatan Cap Cai yaitu sawi, wortel, jagung muda, jamur, bunga kol, brokoli, daun bawang, tomat, dan sebagainya.

Selain sayuran ada juga yang menambahkan daging, telur, atau makanan hasil laut. Cap Cai memiliki citarasa gurih dan lezat.

Harganya berkisar mulai dari Rp 15.000/porsi.

21. I Fu Mie

makanan khas china

I Fu Mie merupakan makanan khas China yang berupa olahan mie.

Pembuatan I Fu Mie dilakukan dengan cara deep frying atau digoreng dalam minyak panas bersuhu tinggi.

Tujuannya adalah agar mie garing merata dan berbentuk sarang. Sebagai tambahan dalam I Fu Mie biasanya berupa sayuran seperti brokoli, kembang kol, wortel, dan caisim.

Dan juga dengan beberapa tambahan bahan hewani seperti cumi, udang, dan daging ayam atau sapi yang diiris tipis.

Kuah siraman yang digunakan dalam I Fu Mie biasanya agak sedikit cair dan tidak terlalu kental.

Rasanya yang gurih dan segar, dapat dinikmati mulai dari Rp 15.000/porsi.

22. Yu Seng

makanan khas china

Yusheng atau Yee sang merupakan masakan khas etnis Tio Chiu, Tionghoa.

Makanan khas China yang satu ini berupa salad ikan segar dan ditamabah irisan sayuran seperti wortel dan lobak.

Ikan yang digunakan umumnya adalah ikan Tuna atau ikan Salem yang diolah dengan cara direndam dalam campuran minyak goreng, minyak wijen, dan merica.

Saus yang digunakan pun khas yaitu saus yang dibuat dari campuran minyak, buah prem, bubuk kayu manis, dan gula pasir. Rasa yang khas, gurih dan lezat dimiliki oleh Yusheng.

Harganya mulai dari Rp 30.000/porsi.

Tinggalkan komentar