Makanan Khas Rusia

Rusia, suatu nama negara yang sangat tidak asing didengar bagi orang Indonesia, baik dari makanan khas-nya, budaya, pariwisata, dan lainnya. Pasalnya, negara ini merupakan suatu daratan terluas yang dinaungi satu negara besar yaitu Rusia. Ya, Rusia merupakan negara dengan luas geografis 17.125.200 km² yang menjadikannya sebagai negara terluas di dunia.

Daratan Rusia sendiri terbagi di dua benua besar dunia yaitu Eropa dan Asia, bersamaan dengan China, daratan Rusia sebelah kanan menjadikan benua Asia menjadi benua terbesar di dunia. Rusia sendiri beribukota di Moskow yang daratannya termasuk dalam benua Eropa.

Selain terkenal dengan luasnya, Rusia sendiri menjadi cukup populer karena pernah diselenggarakannya acara terbesar sepakbola yaitu Piala Dunia yang baru saja diadakan pada pertengahan tahun 2018 kemarin. Keindahan alamnya pun tak terpungkiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Dalam bidang kuliner pun, Rusia banyak menyajikan makanan-makanan khas yang terkenal sampai ke mancanegara. Selain enak, citarasa yang dihasilkan pun sangat luarbiasa dan berkelas dunia.

Banyaknya juru masak yang lahir dari negara ini membuat makanan-makanan khas Rusia mengalamai banyak inovasi, sehingga tidak akan ketinggalan jaman dan tetap enak untuk dicicipi.

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan khas Rusia yang sangat wajib kamu cicipi.

1. Sup Borscht

kuliner khas rusia

Sup Borscht merupakan hidangan Rusia yang biasa ditemukan saat musim dingin datang.

Sup ini sangat cocok dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh kita. Sup yang berwarna dominan merah ini terbuat dari buah bit dan kubis merah ini biasa disajikan bersama roti, daging, dan keju.

Citarasa yang gurih dan sedikit manis ini sangat cocok jika disajikan dalam keadaan panas dan dinikmati bersama keluarga atau teman. Tambahan roti dan keju dapat mengenyangkan perut.

Makanan ini juga sedikit kental dan pastinya sangat menggugah selera kita.

2. Pelmeni

kuliner khas rusia

Jika melihat sekilas bentuknya, makanan khas Rusia yang satu ini memang terlihat seperti siomay atau dimsum.

Pelmeni merupakan sejenis dumpling yang merupakan makanan oriental asia yang terbuat dari adonan tepung terigu. Cara membuat kulit luar pelmeni ini memang hampir serupa dengan pembuatan pangsit atau dumpling.

Lalu isian dari pelmeni ini pun juga tidak kalah serupa yaitu bisa berisi daging cincang, ikan, jamur, dan lainnya.

Walaupun terlihat sama, namun banyak bahan yang serupa namun memiliki citarasa khas Rusia tersendiri.

Makanan ini memang cocok dicicipi bagi pecinta kuliner dunia yang ingin mengkomparasi rasa dan menikmati citarasa yang berbeda.

3. Beef Stroganoff

kuliner khas rusia

Makanan khas Rusia yang ke-3 ini merupakan sajian dari daging sapi.

Citarasa yang didapat ketika menikmati stroganoff adalah citarasa yang gurih, asin, pedas, dan sedikit asam. Yup, rasa asam didapatkan dari penggunaan saus khas Rusia yaitu smetana yang bercitarasa asam.

Daging sapi yang telah disiapkan kemudian ditumis bersama saus smetana, paprika, bawang bombay, dan bubuk oregano.

Stroganoff tidak hanya dapat dimasak dengan daging sapi, namun jika tidak ada daging sapi, kita dapat juga menggunakan ayam dan jamur.

4. Honey Cake atau Medovik

makanan & oleh-oleh khas rusia

Honey cake dari Rusia atau biasa disebut Medovik ini merupakan hidangan penutup atau dessert.

Dari namanya saja sudah kita sudah bisa membayangkan jika hidangan yang satu ini merupakan hidangan kue yang manis. Tekstur dari medovik ini tentunya sangat lembut dan berlapis.

Medovik terbuat dari adonan kue yang dicampur dengan madu. Dalam membuatnya, medovik ini biasanya terdiri dari 5-10 lapisan kue yang lembut dan dicampur dengan krim dan madu.

Dalam penyajiannya, medovik ini diberi topping taburan kacang yang sudah dihancurkan. Selain menambah kekayaan citarasa, taburan kacang tersebut juga membuat paduan tekstur yang lembut dan renyah.

5. Blini

makanan khas rusia

Blini, atau biasa disebut blinchik ini merupakan sejenis panekuk yang berasal dari Rusia.

Panekuk sendiri merupakan jenis roti yang memiliki bentuk datar dan pipih. Panekuk dari Rusia ini terbuat dari adonan tepung gandum, susu, dan ragi.

Karena bentuknya yang sangat tipis dan beda dari panekuk lainnya yang sedikit tebal, blini ini memang terlihat mirip dengan crepe dari Perancis.

Isian dari blini biasanya disajikan bersama kaviar, namun bisa juga ditambah atau dikombinasikan bersama buah-buahan, kismis, dan lainnya.

Blini sendiri sangat mudah dijumpai saat ada acara pernikahan maupun acara pemakaman, bagi wanita Rusia yang baru melahirkan biasanya dianjurkan untuk memakan Blini.

Citarasa yang manis dan gurih yang berpadu dengan topping atau isian blini ini memang tidak bisa dilewatkan saat berkunjung ke Rusia.

6. Kulebyaka

kuliner khas rusia

Kulebyaka merupakan hidangan pai khas Rusia yang sangat sulit dibuat.

Kesulitan membuat makanan ini sudah cukup terkenal ke penjuru dunia, hal itu membuat kulebyaka sangat terkenal. Kulebyaka merupakan roti yang memiliki isi sangat banyak, bisa lebih dari 5 jenis isian yang terdapat dalam makanan ini.

Biasanya kulebyaka dibuat oleh koki professional yang sudah sangat terampil untuk mendapatkan tekstur kue dan isian yang sempurna.

Isian dari kulebayaka ini cukup banyak seperti nasi, hati ikan burbot, daun dill, salmon, daun bawang, kubis rebus, jamur, dan telur.

Ada yang mengatakan bahwa pada zaman kekaisaran Rusia dulu, kekayaan suatu orang atau pemilik rumah dapat dilihat dari seberapa banyak isia dari kulebyaka ini. Sangat menarik bukan?

7. Pirozhki

macam-macam makanan dari rusia

Makanan khas Rusia yang satu ini memang sangat familiar, karena secara umum ini merupakan sajian roti isi.

Pirozhki ini adalah roti isi yang dibuat dengan mengisi adonan roti yang telah disiapkan dengan isian daging cincang, kentang, keju, dan telur.

Selain bergizi, dari bahan-bahannya saja sudah terlihat sangat mengenyangkan. Pirozhki biasanya dinikmati bersama secangkir kopi, dapat juga menjadi menu sarapan atau pun dinikmati saat santai dan pastinya dijamin kenikmatannya!

8. Shchi

kuliner khas rusia

Shchi, makanan khas Rusia yang sangat susah disebut ini merupakan sup kubis yang sangat terkenal.

Bagi orang Indonesia, memasak sup dengan kubis memang suatu hal yang biasa, namun shchi ini menjadikan kubis sebagai bahan utama.

Shchi terdiri dari kaldu daging sapi, kubis, tomat, dan potongan daging sapi. Sama seperti di Indonesia yang menyajikan sup dengan nasi, begitu juga shchi ini biasa disajikan dengan karbohidrat, namun roti gandum yang biasa digunakan.

Shchi sendiri sebenarnya ada beberapa varian lain, yaitu shchi asam yang menggunakan bahan lain sebagai pengganti kubis yaitu sauerkraut,  dan shchi hijau yang juga menggantikan kubis dengan menggunakan bayam ataupun jelatang.

9. Pirog

kuliner khas rusia

Pirog atau yang biasa disebut pirogi merupakan pai versi besar dari pirozhki.

Isian dari pirog ini pada dasarnya sama, namun khusus untuk pirog, isian dari bahan-bahan tersebut biasanya digiling bersamaan. Dan yang membedakan pirog dan pirzhki adalah proses pemasakannya, karena pirog berukuran besar, proses memasaknya biasanya dilakukan dengan cara dipanggang.

Pirozhki yang biasa dijumpai di kedai-kedai stasiun biasanya digoreng, namun pada dasarnya pirog dan pirozhki ini haruslah dipanggang.

10. Salted Hering Fish

makanan khas rusia

Di Rusia juga terdapat hidangan seafood yang segar. Jika dilihat dari namanya, jelas hidangan yang satu ini merupakan hidangan ikan yang diawetkan dengan garam seperti yang bisa kita jumpai di Indonesia.

Jika di Indonesia, kita dapat menemukan banyak ikan yang diawetkan dengan garam seperti tongkol, atau pun pari, di Rusia ada yang namanya ikan hering.

Ikan hering ini mengalami proses pengawetan yang diasapi dengan garam yang menjadikannya awet. Hidangan ini dapat disajikan dengan menggunakannya dalam masakan.

Selain ikan hering, di Rusia juga sering menggunakan ikan salmon sebagai pengganti ikan hering.

Yuk, baca juga :

11. Kholodets

makanan & oleh-oleh khas rusia

Kholodets, atau yang biasa disebut studen di berbagai wilayah lain di Rusia ini merupakan makanan khas Rusia yang berbentuk puding namun berisian daging.

Kholodets juga biasa disebut dengan puding daging dari Rusia. Berasal dari kata “kholod” yang berarti dingin, merupakan hidangan yang terdapat pada musim dingin.

Walaupun berbentuk puding, tapi kholodets ini merupakan menu utama karena adanya daging di dalamnya.

Pembuatan dari kholodets ini tidak menggunakan gelatin sebagai bahan baku pembuatan agar. Bahan utamanya ialah hanya terdiri dari daging dan juga kaldu.

Kaldu yang kental di sini lah yang menjadi kunci utama, karen dalam pembuatan kholodets ini diperlukan bagian dari hewan yang mengandung banyak gelatin alami. Warga Rusia biasa menggunakan ekor sapi, telinga, atau kaki babi yang dijadikan sebagai bahan pembuatan kaldu.

Kaldu ini lah yang direbus selama berjam-jam hingga mengental kemudian disiram ke dalam wadah yang telah diisi potongan-potongan daging dan kemudian didiamkan di dalam lemari es selama 24 jam, kemudian pada esok harinya, puding daging ini siap disantap.

12. Shashlik

makanan & oleh-oleh khas rusia

Hidangan sate rupanya tidak hanya di Indonesia. Makanan jenis serupa juga kita bisa dapatkan di Rusia yaitu Shashilk.

Shashilk sama halnya seperti hidangan yang biasa dilakukan saat “Barbeque party”. Daging sapi yang telah disiapkan kemudian dipotong berbentuk dadu dan ditusuk dengan alat tusuk untuk sate yang terbuat dari besi.

Selain daging sapi, biasanya juga ditambah dengan mengkombinasikan bersama paprika merah dan kuning.

Setelah dipanggang sampai matang, biasanya shasilk ini disajikan bersama roti panggang, bawang bombay, dan juga acar yang pastinya akan menambah kenikmatan apalagi jika dinikmati bersama teman, ataupun keluarga.

13. Golubtsy

macam-macam makanan dari rusia

Golubtsy atau yang biasa dibaca “golabtsi” merupakan salah satu resep makanan tertua di Rusia.

Secara sepintas, golubtsy ini merupakan makanan yang berbahan dasar dari kubis namun diisi dengan berbagai macam bahan.

Isian dari golubtsy ini terdiri dari nasi putih, telur, daging sapi cincang, wortel, dan saus marinara. Setelah bahan-bahan disiapkan, kemudian semua bahan-bahan tadi dibungkus dengan kubis, dan dimasak dengan sour cream dan saus tomat.

Citarasa yang dihasilkan sangat beraneka ragam, mulai dari asin, gurih, manis, dan sedikit asam yang segar dari tomat. Makanan ini termasuk makanan “rumahan” di Rusia, karena hampir semua keluarga pernah memasak golubtsy.

14. Ukha

kuliner khas rusia

Makanan khas yang bernama ukha ini merupakan sajian sup seafood dari Rusia.

Ukha merupakan sup ikan yang sangat gurih dan cocok dijadikan sebagai sajian makan malam. Sajian ini sudah ada dan mulai populer dari abad ke 16, dan banyak orang yang juga mulai mengembangkan resepnya.

Ukha terbuat dari ikan cod atau pun ikan salmon yang telah dikuliti dan hanya dipakai dagingnya saja. Kemudian ada pula bahan-bahan lain seperti bawang bombay, wortel, dan juga kentang. Semua bahan-bahan tersebut kemudian direbus selama 20 menit dengan bumbu lada dan juga garam.

Selain untuk makan malam, ukha ini sangat cocok untuk dinikmati saat musim dingin, karena kuahnya yang sangat menghangatkan tubuh.

15. Caviar

macam-macam makanan dari rusia

Makanan khas Rusia yang satu ini sudah sangat terkenal karena kemewahan, dan bentuk maupun warnanya yang sangat cantik.

Caviar merupakan makanan yang terbuat dari telur ikan, pada umumnya ikan yang diambil adalah ikan sturgeon. Banyak juga dari telur ikan lain seperti ikan salmon dan lainnya. Tentunya beda ikan beda pula telur yang dihasilkan. Telur yang memiliki warna yang semakin cerah dan semakin cantik memiliki harga yang mahal juga.

Caviar ini biasanya telah diolah di pabrik khusus yang menghasilkan caviar yang premium. Namun kita juga bisa mengolahnya sendiri di rumah dengan cara melepas telur dari selaputnya, pada umumnya menggunakan garpu sebagai alat penyaringnya.

Caviar biasa disajikan dengan menambah garam atau dengan seduhan air garam khusus. Caviar sangat mahal karena memiliki gizi yang sangat tinggi dan sangat dianjurkan, namun caviar ini juga memiliki kolesterol yang tinggi pula jadi tidak dianjurkan untuk memakan caviar secara rutin.

Caviar biasa dinikmati sebagai pelengkap makanan seperti bersama roti, tapi bisa juga untuk memakannya langsung untuk mendapatkan citarasa yang original.

16. Olivier Salad

makanan & oleh-oleh khas rusia

Salad merupakan suatu oalahan makanan dari aneka sayur-sayuran yang sudah sangat mudah kita jumpai di negara manapun.

Di Rusia sendiri juga mempunyai salad yang bernama salad olivier. Salad ini sangat bertekstur karena dari aneka sayur yang renyah, dan juga memiliki rasa yang nikmat.

Di St. Petersburg, salad olivier menjadi hidangan utama saat perayaan menyambut tahun baru dan dihidangkan bersama roti gandum sebagai karbohidratnya.

Salad olivier dibuat dari bahan-bahan seperti kentang rebus, kacang polong, ayam rebus yang dipotong-potong atau disuir, bawang bombay, telur rebus, dan juga seledri.

Dalam penyajian salad olivier ini, bahan-bahan tadi dicampur dengan garam dan tambahan mayonais sebagai saus pelengkapnya.

17. Morozhenoe

makanan khas rusia yang enak

Morozhenoe merupakan kuliner yang sangat umum karena ini merupakan es krim, yup es krim khas Rusia.

Es krim ini memiliki rasa yang sangat manis, dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Di Rusia, untuk menemukan morozhenoe memang sangat lah mudah, karena hampir di semua restoran dan kedai-kedai pasti menyediakan dessert yang satu ini.

Walaupun ini terbilang makanan dingin, tapi kita dapat menjumpai es krim ini di sepanjang musim di Rusia. Banyak varian rasa yang ditawarkan mulai dari cokelat, stroberi, dan vanilla, serta bermacam-macam topping yang sangat menggugah selera.

18. Kvass

macam-macam makanan dari rusia

Kvass merupakan minuman tradisional khas Rusia yang termasuk dalam satu minuman tertua di Rusia.

Kvass yang berarti ragi dari bahasa Proto Slavia ini memang merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari fermentasi roti gandum.

Minuman ini dikategorikan dalam 2 jenis yaitu yang sangat beralkohol tinggi dan yang tidak terlalu beralkohol. Namun kini hampir kebanyakan kvass diproduksi dengan alkohol kadar sedang.

Kvass terbuat dari roti gandum yang biasa disebut gandum hitam, kemudian dimasak dan dicampur dengan air. Campuran yang telah masak tersebut lalu dimasukkan ke dalam gentong yang besar dan siap disajikan.

Kvass umumnya adalah minuman rendah alkohol, namun untuk kebutuhan pribadi biasanya mampu membuat kvass dengan kadar alkohol tinggi. Kini varian kvass pun sudah banyak macamnya, biasanya orang menambah buah untuk memberi aroma dan menambah rasa.

19. Potato Okroshka

kuliner khas rusia

Okroshka merupakan salah satu sup khas Rusia yang dapat menghangatkan tubuh.

Sup ini termasuk makanan yang unik karena perpaduan bahannya yang cukup membuat orang bertanya-tanya, namun bagi orang Rusia, makanan yang satu ini memang sangat cocok untuk dinikmati saat dingin.

Okroshka terbuat dari aneka sayuran seperti kentang, timun, lobak, ayam, maupun daging dan sayuran hijau lainnya. Yang membuat sup ini unik adalah dengan mencampurkan kvass dengan rasa original untuk membuat rasa yang kuat. Menarik bukan?

Walaupun perpaduan dari bahan-bahannya cukup unik, namun makanan yang satu ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan jika kamu berkunjung ke Rusia.

20. Rassolnik

macam-macam makanan dari rusia

Satu lagi makanan khas Rusia yang bertemakan sup, kali ini adalah sup acar atau rassolnik.

Nama dari rassolnik berasal dari kata rassol yang berarti acar, dari situ lah sajian ini dibuat. Rassolnik juga merupakan salah satu sup terlezat yang ada di Rusia.

Makanan ini terbuat dari acar mentimun tentunya, sayuran umbi, dan dagin ayam maupun sapi. Biasanya saat disajikan, ditambah sedikit krim asam agar rasanya semakin kuat dan nikmat.

Ini merupakan sup asam segar yang disajikan panas dan dapat juga dinikmati bersama nasi ataupun roti.

21. Draniki

makanan khas rusia

Memang banyak sekali olahan makanan yang berbahan kentang yang dapat kita jumpai di Rusia, salah satunya adalah draniki ini.

Draniki merupakan jenis panekuk yang terbuat dari kentang parut yang dicampur dengan bawang, telur, dan juga tepung. Waktu paling cocok menikmatinya adalah dalam keadaan panas, dan biasanya disajikan dengan krim asam.

Tidak hanya di Rusia, panekuk kentang ini memang sangat populer di Eropa Timur, tiap negara memiliki ciri khas khusus dan juga namanya. Seperti panekuk kentang di Austria disebut dengan Kartoffelpuffer atupun di Ceko disebut dengan bramborák.

22. Zharkoye

kuliner khas rusia

Makanan khas Eropa Timur ini memang sangat terkenal tidak hanya di Rusia tapi juga di Georgia.

Zharkoye sendiri merupakan masakan yang direbus (rebusan), bahan-bahannya antara lain adalah kentang dan daging. Yup, ini merupakan rebusan kentang dan daging yang dihidangkan panas.

Sebelum memasak zharkoye, daging sapi perlu dimasak dahulu agar bumbu meresap, dan kemudian dimasak bersama kentang dengan api sedang agar daging dan kentang dapat menjadi lebih empuk.

Makanan yang satu ini patut dicoba saat musim dingin tiba, karena dapat menghangatkan tubuh dan pastinya mengenyangkan.

23. Vodka

macam-macam makanan dari rusia

Vodka, suatu minuman khas dari Rusia yang sangat identik dengan negara ini memang sudah sangat terkenal di dunia.

Vodka tradisional merupakan anggur roti, buah, dan herbal yang mengalami proses penyulingan itu lah vodka. Di tiap-tiap wilayah di Rusia memiliki ciri khasnya tersendiri dalam memproduksi vodka.

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, vodka yang dikenal saat ini pun mengalami perubahan. Kini, vodka modern yang dikenal saat ini terbuat dari serealia, namun vodka yang diproduksi di Amerika terbuat dari campuran alkohol ethyl dengan air.

Adapun cara menikmati vodka yang sangat terkenal saat ini yaitu dengan meminumnya sekali tenggak.

Tinggalkan komentar