Makanan Khas Arab Saudi

Makanan Khas Arab Saudi – Pernah dengar Timur-Tengah? Ya, timur tengah identik dengan kebudayaan timur seperti arab, yunani, turki dll.

Salah satu negara besar yang masuk dalam wilayah timur-tengah adalah Arab Saudi. Arab Saudi sendiri merupakan suatu negara besar yang sangat terkenal dengan menjadi tempat suci agama islam di dunia.

Gurun, kurma, unta, merupakan kata-kata yang sangat identik dengan Arab Saudi atau timur tengah sendiri.

Berbagai macam makanan khas Arab Saudi yang identik mulai menjadi daya tarik dunia. Banyak orang yang mulai menggemari makanan-makanan yang bercitarasa timur tengah.

Yang pasti, semua kulinernya dijamin halal, jadi tidak perlu khawatir jika kamu ingin mencicipinya. Biasanya makanan dari Arab Saudi ini terkenal dengan porsinya yang sangat banyak yang pasti sangat mengenyangkan.

Jadi tunggu apa lagi, mari kita bahas beberapa makanan khas Arab Saudi yang menggugah selera dan membuat perut kamu semakin lapar.

1. Kurma

makanan & oleh-oleh khas arab saudi

Kurma adalah buah-buahan khas Arab yang sering dijadikan umat muslim oleh-oleh ketika ibadah haji.

Kurma berasal dari pohon kurma berjenis palem, bentuknya lonjong atau silinder dan berwarna merah cerah hingga kuning terang seta ketebalan buah 6-8 mm.

Kurma dikelompokkan menjadi Kurma lunak, Kurma semi-kering, dan Kurma kering.

Sedangkan Kurma matang dibagi menjadi empat jenis yaitu kimri (muda), khalas (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Kurma memiliki citarasa yang manis, mengandung karbohidrat tinggi, dan kaya akan vitamin. Kurma dijual dengan harga mulai dari Rp 40.000/Kg.

2. Falafel

makanan & oleh-oleh khas arab saudi

Falafel adalah makanan yang terbuat dari kacang arab, dicampur dengan sedikit tepung terigu dan bumbu khas mediterania serta diproses dengan cara digiling, dipadatkan, dibuat berbentuk bola-bola kemudian digoreng.

Dalam penyajiannya Falafel biasanya dibungkus dalam sebuah roti pipih yang bernama lafa.

Untuk campurannya sendiri falafel biasanya ditambahkan selada, asinan, acar sayuran, saus peas, atau saus yoghurt.

Falafel memiliki citarasa yang khas, unik, dan bertekstur lembut. Harga Falafel mulai dari Rp 20.000/porsi.

3. Nasi Kebuli

makanan khas arab saudi

Nasi Kebuli adalah makanan olahan nasi yang dibumbui dan bercita rasa gurih dan lezat.

Yang membuatnya unik dan khas selama pengolahan Nasi Kebuli adalah karena nasi dimasak bersama dengan minyak samin, kaldu daging kambing, dan susu kambing.

Dalam penyajiannya biasanya ditambahkan pula daging kambing goreng, asinan nanas, sambal goreng ati, maupun diberi topping irisan kurma atau kismis.

Nasi Kebuli cukup terkenal di Indonesia terutama di kalangan warga betawi atau warga ketururnan Arab.

Nasi Kebuli dijual mulai dari Rp 20.000/porsi.

4. Hummus

kuliner khas arab saudi

Hummus adalah hidangan khas tanah Arab tepatnya negeri Syam.

Hidangan ini berbentuk bubur, saus cocol, atau semacam selai gurih yang dibuat dari kacang arab.

Hummus dibuat dengan cara terlebih dahulu kacang arab digiling kemudian dicampur dengan wijen giling (tahini), minyak zaitun, sari perasan limau, bawang putih, dan garam.

Hummus bisa dinikmati secara langsung atau sebagai pelengkap biasanya dinikmati menggunakan roti. Hummus memiliki tekstur yang lembut dan citarasanya khas, gurih, dan enak.

Hummus dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000/porsi.

5. Malabari Paratha

makanan khas arab saudi

Malabar Parotta atau Parotta di Indonesia lebih dikenal dengan nama Roti Prata, Roti Mariyam, atau Roti Canai.

Malabar Parotta berbentuk pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak.

Untuk penyajiannya, malabar Parotta biasanya dihidangkan bersama dengan kari kambing atau domba dengan citarasa yang gurih.

Selain itu Malabar Parotta juga ada yang dihidangkan manis, dengan krim atau kudapan manis lainnya, mirip seperti panekuk.

Malabar Parotta dijual dengan harga mulai dari Rp 8.000/porsi.

6. Kebab Khas Arab

kuliner khas arab saudi

Kebab adalaha kudapan khas Timur Tengah berbahan dasar daging sapi, kambing, atau ayam cincang yang dicampur dengan sayuran, saus, mayones, dan kemudian dibungkus dengan kulit tortila dan dipanggang.

Secara harfiah Kebab memiliki arti daging cincang. Kebab memiliki harga yang nikmat dan lezat serta berbeda-beda tergantung dari isiannya.

Di beberapa tempat isi dari Kebab mengalami modifikasi seperti di Indonesia misalnya, ada yang berisi rendang atau durian.

Harganya mulai dari Rp 20.000/porsi.

7. Kismis

makanan khas arab saudi yang enak

Kismis asli dibuat dari buah anggur yang dikeringkan dengan panas matahari atau panas buatan dan biasanya dapat dimakan langsung maupun digunakan dalam masakan.

Kismis mempunyai tekstur kering namun sedikit kenyal dengan rasa sangat manis karena mengandung gula yang tinggi.

Selain itu kismis juga memiliki karbohidrat tinggi dan memiliki berbagai kandungan vitamin. Kismis banyak ditemukan dalam olahan roti atau cake.

Kismis dijual dengan harga mulai dari Rp 15.000/kilo.

8. Manakeesh

makanan khas arab saudi yang enak

Hidangan khas Timur Tengah yang satu ini bentuknya menyerupai pizza dan bernama Manakeesh.

Penyajian tradisonal dari Manakeesh adalah dengan menggunakan zaatar yaitu salah satu jenis rempah lokal yang dicampur dengan minyak zaitun dan biji wijen sebagai toppingnya dan dioleska diatas adonan sebelum dipanggang.

Seiring berjalannya  waktu muncul variasi dan modifikasi sebagai topping Manakeesh seperti bawang, tomat, saus pedas, daging cincang, dan keju.

Manakeesh memiliki citarasa yang lezat dan khas, serta sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau makan siang.

Harga Manakeesh berkisar mulai dari Rp 20.000/porsi.

9. Mutabbaq

makanan khas arab saudi

Mutabbaq berarti terlipat adalah makanan yang lebih dikenal dengan nama Martabak.

Di indonesia sendiri varian dari Muttabaq bercitarasa manis dan asin. Martabak manis merupakan modifikasi dari Kue Terang Bulan dan biasanya berisi keju, cokelat, atau makanan manis lainnya.

Muttabaq asin terbuat dari campuran telur dan isi daging. Muttabaq asin cocok dinikmati bersama dengan acar atau saus, sedangkan Muttabaq manis biasanya diberi tambahan susu.

Harga dari Muttabaq bervariasi mulai dari Rp 20.000/porsi.

10. Luqaimat

macam-macam makanan dari arab saudi

Luqaimat sering dijumpai sebagai makanan khas bulan Ramadhan di arab Saudi, bentuknya bulat dan memilii adonan seperti donat.

Luqaimat dibuat menggunakan adonan tepung dan yoghurt kemudian setelah digoreng ditambahkan biji wijen, sirup kurma atau sirup maple yang manis diatasnya.

Luqaimat patut dicoba bagi penyuka rasa manis. Luqaimat juga memeiliki beberapa modifikasi yaitu dengan mnambahkan isi seperti krim, keju, saffron, atau gula sirup.

Luqaimat dijual dengan harga mulai dari Rp 50.000/porsi.

11. Meddamas Foul

makanan khas arab saudi

Meddamas Foul atau Ful Medames dalam bahasa Indonesia adalah makanan yang terbuat dari rebusan kacang babi atau kara oncet dan disajikan bersama dengan minyak, bawang putih, peterseli, bawang bombay, perasan lemon, dan bumbu khas yang lain.

Meddamas Foul sering ditemui pada foodstreet di daerah Arab, terutama di Mesir, da biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau menu sarapan.

Makanan ini memiliki citarasa yang khas dan lezat. Meddamas Foul dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000/porsi.

12. Hallaoumi Grilled

makanan khas arab saudi yang enak

Halloumi terbuat dari susu kambing atau domba atau campuran keduanya, berbentuk lembaran dan bertekstur seperti keju.

Namun olahan dari Halloumi Grilled tidak ditambahkan bakteri atau tidak dilakukan fermentasi selama proses pembuatan Halloumi.

Pada Halloumi Grilled, Halloumi diolah dengan cara dipanggang sampai terdapat warna agak keemasan, dengan citarasa yang agak garing, unik, dan asin.

Harga Halloumi Grilled mulai dari Rp 40.000/porsi.

Yuk, baca juga :

13. Kushari

kuliner khas arab saudi

Kushari biasa juga disebut denga Kosheri atau Koshari.

Hidangan ini terbuat dari nasi, makaroni, dan miju-miju khas Timur Tengah, dan diolah dengan cara dicampur bersama sama kemudian diberi saus tomat-cuka diatasnya.

Sebagai pelengkap kousheri biasanya ditambah dengan tambahan potongan pendek spaghetti dan taburan kacang arab serta bawang goreng.

Kushari sangat cocok dinikmati bagi vegetarian karena tidak mengandung unsur hewani. Rasanya pun gurih, khas, dan lezat.

Koushari dijual dengan harga mulai dari Rp 40.000/porsi.

14. Tabouleh

makanan khas arab saudi yang enak

Salah satu hidangan vegetarian dari Timur Tengah yang lain adalah Tabbouleh, yang sering dianggap sebagai salad.

Tabbouleh terbuat dari tomat, potongan peterseli, mint, bulgur atau couscous, dan daun bawang. Bumbunya sendiri menggunakan bawang putih atau selada.

Tabbouleh sangat cocok disajikan dengan suhu penyajian dingin dengan citarasa yang segar dan juga khas.

Tabbouleh dijual dengan harga Rp  35.000/porsi.

15. Samboosa

kuliner khas arab saudi

Samboosa atau Samosa adalah makanan ringan khas Timur Tengah yang berbentuk mirip dengan pastel.

Makanan ini berbentuk segitiga dengan isinya berupa daging sapi, kambing, ayam, atau kentang dan sayuran lain.

Samboosa sendiri menggunakan bumbu kari sebagai tambahan.

Ketebalan kulit Samboosa sendiri bervariasi tergantung kepada orang yang membuatnya, sebagai pelengkap biasanya juga ditemani dengan yoghurt, chutney, atau irisan bawang bombay.

Samboosa memiliki citarasa yang khas dan gurih.

Samboosa dijual dengan harga mulai dari Rp 3.000/biji.

16. Katayef

macam-macam makanan dari arab saudi

Qatayef atau Katayef adalah semacam kue manis mirip panekuk namun berukuran mungil.

Bahan dasarnya sendiri berupa adonan terigu, gula, ragi, dan susu selain itu ada juga yang menambahkan vanili maupun kayu manis sebagai aroma.

Qatayef disajikan dengan cara digoreng dan diberi topping diatasnya seperti keju akkawi, kismis, madu, atau sirup gula, serta baisa disajikan sebagai hidangan penutup.

Qatayef memiliki citarasa yang manis dan lezat serta biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000/buah.

17. Maamoul

makanan khas arab saudi

Kue kering bercita rasa mentega yang kuat dan berisi pasta kurma atau kacang ini bernama Maamoul.

Bentuknya bulat sederhana, kubah kecil, hingga berbentuk bulan sabit. Maamoul sangat populer di wilayah Arab dan biasa dihidangkan sewaktu hari besar seperti Idul Fitri atau Natal.

Selain enak, Maamoul juga memiliki banyak manfaat sera mengenyangkan. Maamoul sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Arab.

Harganya berkisar mulai dari Rp 50.000/pack.

18. Baklava

kuliner khas arab saudi

Baklava termasuk dalam jajaran pastri panggang tertua terutama yang berbahan utama kacang walnut, mentega, dan madu.

Baklava memiliki tekstur yang agak kasar tapi lembut serta memiliki citarasa manis yang pas dan sedikit gurih.

Baklava sangat populer di negara Asia Barat dan Mediterania Timur bahkan sejak abad pertengahan, sehingga patut untuk dicoba.

Harga dari baklava mulai dari Rp 50.000/pack.

19. Yughmish

kuliner khas arab saudi

Yughmish terbuat dari tepung gandum dengan isinya yaitu daging lembut.

Makanan ini dimasak dengan cara dipanggang dengan ukurannya yang tidak terlalu besar. Yughmish di Arab dijadikan sebagai kudapan dan sering dijual sebagai jajanan pasar.

Yughmish memiliki citarasa yang khas dan lezat.

Yughmish biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000/pack.

20. Sobia

makanan khas arab saudi yang enak

Sobia adalah minuman tradisional Arab berbahan dasar racikan gandum, roti, ragi, kayu manis, gula, dan kapulaga.

Ada tiga macam jenis Sobia yaitu Sobia merah yang terbuat dari biji-bijian, sobia putih yang diberi tambahan Rapsberry, serta yang terakhir adalah Sobia kismis yang merupakan Sobia termahal diantara lainnya.

Sobia memiliki rasa yang manis dan sedikit asam karena campuran raginya. Sobia cocok dinikmati ketika dingin.

Harga dari Sobia mulai dari Rp 20.000/gelas.

21. Kulfi

makanan khas arab saudi yang enak

Kulfi memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis serta disajikan dingin sehingga sangat cocok dijadikan sebagai dessert.

Kulfi sendiri diproses dengan cara menguapkan susu dan dibumbui dengan kacang pistachio serta kunyit. Kulfi disajikan dengan menggunakan cone atau stick.

Varian rasa Kulfi beragam mulai dari buah-buahan, kacang, cokelat, dan rasa tradisionalnya yaitu malai, kestra, pista, badam, dan rose.

Kulfi dijual mulai dari harga Rp 10.000/porsi.

22. Baleela

macam-macam makanan dari arab saudi

Baleela adalaha makanan khas Arab Saudi yang terbuat dari buncis rebus dengan campuran bawang putih dan garam.

Pembuatanya begitu praktis dan sederhana namun citarasa yang dihasilkan cukup unik dengan teksturnya yang renyah dan lembut serta rasanya yang gurih.

Baleela merupakan salah satu jenis hidangan comfort food atau mampu membuat nyaman sehingga sayang untuk dilewatkan.

Baleela dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000/porsi.

Tinggalkan komentar