Resep Cakwe Goreng Anti Gagal

halo semuanya semoga hari kalian menyenangkan kali ini zonamakan akan membagikan resep jajanan atau makanan khas tradisional Tionghoa yaitu cakwe sedikit kita ulas sejarang cakwe ini, makanan yang biasa disajikan dengan saos, bubur panas , susu kedelai, atau dengan kuah dan memiliki citarasa gurih asin ini. Cakwe ini bermula pada saat disnasti song di Tiongkok sana sekitar pada abad ke-12. Kaisar tan Gao-zong memerintahkan jendral Yue-Fei untuk mengembalikan kedaulatan kota yang telah di kuasai oleh suku jin.

BACA JUGA : RESEP PIZZA UNIK

Sang jendral pun berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dan akhirnya rakyatpun sangat mencintai jendral Yue-Fei yang sudah berjasa, namun munculah rasa iri dari seorang perdana mentri yang Bernama Qin Hui dan perdana mentri Menyusun rencana untuk menjatuhkan sang jendral di bantu oleh sang istri

Dengan meyebar fitnah dan tuduhan yang tidak baik kepada jendral Yue-Fei, rencananya berhasil sehingga membuat sang jendral di hukum mati. Kabar itu menyebarke rakyat dan rakyat pun marah namun rakyat tidak bisa berbuat apa – apa.

Dan pada akhirnya seorang penjual makanan Bernama Wang Xiao-er mengekspresikan kemarahanya dengan membentuk adonan dan di goreng dua lapis adonan dari tepung dibentuk seperti sepasang manusia yang saling membelakangi dan pada saat digoreng  adoanan mencuat seperti meladak – ledak di penggorengan.

Dan pada saat menual Wang Xiao-er meneriakan you ca kue Ketika di tulis you zha gui yang artinya Dijual Hui Goreng, begitalah sedikit ulasan tentang sejarah cakue atau cakwe.

Karena cawke ini cukup di gemari masyrakat dan banyak di jual di pingggir jalan dan biasanya juga bisa di jadikan menu sarapan dan bagi kalian yang inggin membuat cakwe di rumah caranya pun cukup sederhana dan kami sudah menyiapkan resep cakwe goreng anti gagal buat kalian silahkan di simak ya.

Bahan-bahan

Bahan adonan Resep Cakwe Goreng Anti Gagal :

  • Ragi Instant – 3 gram
  • Gula pasir – 1 sendok Teh
  • Air -150 ml
  • Tepug terigu protein tinggi – 250 gram
  • Garam – 1 sendok the
  • Baking powder – ½ sendok teh
  • Baking soda – ½ sendok teh

Bahan saus Resep Cakwe Goreng Anti Gagal :

  • Saus cabai – 5  sendok makan
  • Saus tomat – 2 sendok makan
  • Bawah putih bubuk – ½ sendok teh
  • Gula pasir – 1 sendok teh
  • Air – 300 ml
  • Maizena larutan dengan sedikit air – 1 sendok makan

BACA JUGA : RESEP GORENGAN TANPA MINYAK

Cara Membuat Cakwe Goreng Anti Gagal

Saus Resep Cakwe Goreng Anti Gagal

  1. Untuk membuat saus masukkan dan aduk rata semua bahan kecuali maizena.
  2. Masak hingga mendidih
  3. Tuang larutan maizena aduk rata dan masak hingga mendidik Kembali
  4. Kemudian angkat dan sisihkan.

Adonan Resep Cakwe Goreng Anti Gagal

  1. Untuk membuat adonan campur semua adonan dan aduk rata pindahkan adonan ke meja  lalu beri sedikit minyak goreng dan uleni adonan selama 30 menit.
  2. Bulatkan adonan, masukkan ke wadah yang telah diolesi minyak goreng sebelumnya.
  3. Tutup atasnya dengan kain lap atau plastic wrap.
  4. Diamkan selama 5 jam.
  5. Ambil 2 buah adonan kecil dan tumpuk, lalu tekan tengahnya dengan sumpit
  6. Lakukan hingga semua adonan habis.
  7. Panaskan minyak
  8. Ambil satu adonan lalu Tarik memanjang.
  9. Goreng dengan api kecil hingga matang dan berwrana kecoklatan.
  10. Angkat dan tiriskan.
  11. Cakwe pun siap untuk di sajikan

Tips

  • Pastikan minyak harus beteul betul panas agar hasil memuaskan dan mengembang maksimal
  • Goreng adonan cakwe dengan api kecil agar matang sempurna di sarankan menggunakan wajan yang besar agar Ketika adonan mengembang cakwe matang merat

BACA JUGA : RESEP TAHU WALIK

Akhir kata

Nah gimana mudah bukan resep cakwe goreng anti gagal dari zonamakan untuk porsi resep di atas bisa mengahsilkan 5-6 porsi cakwe yang bisa dinikmati Bersama keluarga, kerabat, atau sahabat anda bisa di jadkan menusarapan ataupun di jadikan teman minum teh ataupun kopi demikian resep yang bisa kami bagikan kali ini selamat mencoba……

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements