Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang – Semarang, sebuah kota yang menjadi ibukota dari provinsi Jawa Tengah ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Tempat wisata dan makanan khas-nya cukup banyak diingat masyarakat luas.

Semarang sendiri terletak di pantai utara yang menjadi penghubung langsung antara Jakarta-Surabaya. Semarang masuk kedalam 5 kota metropolitan terbesar setelah, Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Salah satu landmark khas dari kota Semarang yang kita tahu adalah Lawang Sewu. Ya, Lawang Sewu merupakan bangunan bersejarah di Indonesia yang didirikan Belanda pada tahun 1904.

Masyarakat Semarang menyebut bangunan itu sebagai Lawang Sewu, karena bangunan itu memiliki banyak sekali pintu, walaupun jika ditotal tidak sampai seribu pintu.

Selain itu, makanan khas Semarang seperti wingko, soto, dan bandeng presto cukup populer sebagai pilihan jika singgah ke Semarang.

Selain itu masih banyak lagi makanan khas Semarang yang bisa kita cicipi.

1. Tahu Gimbal

makanan khas semarang

Makanan khas Semarang yang satu ini biasanya banyak dicari oleh banyak orang saat mengunjungi Semarang.

Hidangan ini terdiri dari tahu yang digoreng, irisan sayur kol mentah, yang ditambahkan dengan tauge, telur, dan udang.

Tahu gimbal disajikan dengan kuah segar yang terbuat dari bumbu kacang yang dibuat dari bahan kacang tanah, cabai, dan petis udang. Makanan ini cocok disantap saat siang hari dan didampingi menu lain.

Tahu gimbal yang enak di Semarang salah satunya adalah tahu gimbal Pak Man yang terletak di tengah kota Semarang, dijual dengan harga mulai dari Rp 8.000 per porsinya.

2. Babat Gongso

makanan khas semarang yang enak

Makanan ini merupakan salah satu makanan legendaris khas Semarang karena sudah ada sejak lama dan di jual turun temurun.

Babat gongso merupakan jeroan sapi berupa babat yang dimasak dan disajikan dengan kuah manis pedas.

Bumbu-bumbu yang digunakan pada babat gongso ini diantaranya adalah cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit dan daun salam.

Yang khas dari babat gongso ini adalah proses memasak yang masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan tungku sehingga menghasilkan rasa khas.

Babat gongso yang terkenal di Semarang adalah babat gongso Pak Karmin yang terletak di Jl. Pemuda, per porsinya dijual dengan harga Rp 20.000.

3. Lumpia

kuliner khas semarang

Jika mengunjungi Semarang, wajib rasanya untuk menikmati lumpia. Lumpia merupakan salah satu makanan khas Semarang yang terbilang legendaris di Indonesia karena sudah ada sejak lama.

Lumpia dibuat dengan menggunakan tepung yang dibentuk menjadi lembaran dan di gulung kemudian di beri berbagai isian.

Lumpia Semarang biasanya berisi daging, udang, dan rebung. Disajikan dengan saus manis kenta, lumpia cocok di makan dengan nasi dan menu lain.

Lumpia banyak ditemui di seluruh Kota Semarang dengan harga mulai dari Rp 7.000 per porsinya.

4. Bandeng Presto

kuliner khas semarang

Makanan khas Semarang ini juga merupakan salah satu makanan yang terkenal di Semarang karena sudah lama ada.

Yang khas dari bandeng presto Semarang adalah sesuai dengan namanya, ikan bandeng ini sebelum disajikan sudah di presto atau di masak dengan uap air panas terlebih dahulu sehingga duri bandeng yang keras menjadi lunak dan menjadi enak untuk dimakan.

Bandeng presto diberi bumbu-bumbu berupa bawang putih, garam dan kunyit yang menambah cita rasa. Bandeng biasanya diolah dengan di goreng, di pepes dan disajikan dengan menu lain.

Bandeng Presto dapat dijuumpai di seluruh kota Semarang dengan harga Rp 40.000 per boksnya dengan isi 5 buah ikan.

5. Soto Semarang

oleh-oleh khas semarang

Makanan khas Semarang yang satu ini merupakan salah satu menu yang cocok untuk sarapan, yaitu soto Semarang.

Soto ini memiliki kuah kaldu bening kekuningan yang dipadukan dengan santan sebagai campurannya.

Dalam penyajiannya, pengunjung dihidangkan semangkuk nasi soto, mie beras, irisan ayam dan juga kerupuk kerak yang terbuat dari nasi yang dikeringkan.

Selain itu lauk lain bisa juga kita tambahkan, lauk tambahan yang disediakan seperti sate kerang, sate telur puyuh, dan sate ati sebagai pendamping.

Soto ini bisa ditemui banyak di berbagai wilayah di Semarang dengan harga mulai dari Rp 10.000 per porsinya.

6. Wingko Babat

makanan khas semarang

Wingko atau biasa juga disebut wingko babat merupakan salah satu makanan khas Semarang yang sangat terkenal di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Wingko terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda, dan gula. Wingko disajikan dengan bentuk bundar pipih dan biasanya banyak di buru wisatawan sebagai oleh-oleh.

Saat ini wingko juga sudah bisa ditemui dengan berbagai varian rasa.

Harga kue wingko ini mulai dari Rp 3.000 dan biasanya banyak ditemui di kota Semarang.

7. Mochi

makanan khas semarang

Makanan khas Semarang yang satu ini biasanya banyak diburu oleh wisatawan untuk oleh-oleh.

Mochi merupakan kue kecil yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan di dalamnya di beri isian seperti kacang hijau, gula merah, dan coklat.

Mochi dimasak dengan cara dikukus dan sehingga dapat tahan lama sekitar 7 hari. Yang khas dari mochi semarang adalah rasanya yang khas karena diberi taburan wijen dan gula halus yang menambah rasa manis yang pas.

Selain itu, mochi memiliki banyak varian rasa lain seperti durian, nangka, dan lainnya.

Kue mochi dijual per boks dengan harga mulai dari Rp 8.000 yang berisi 10 kue.

8. Nasi Ayam

kuliner khas semarang

Makanan khas Semarang yang satu ini biasanya banyak dicari pada saat jam makan siang karena memiliki porsi yang cukup banyak.

Nasi ayam dibuat dari bahan utama daging ayam dan campuran kuah kental. Bumbu-bumbu yang digunakan pada nasi ayam diantaranya bawang merah, bawang putih, garam ,cabai dan serai.

Nasi ayam biasanya dihidangkan dengan campuran sayur, urap, dan gorengan.

Nasi ayam biasanya banyak ditemui di wilayah Semarang kota dengan harga per porsi mulai dari Rp 12.000.

9. Tahu Petis

makanan khas semarang

Makanan ini biasanya banyak dicari untuk cemilan karena porsinya yang tidak terlalu banyak dan pas.

Tahu petis merupakan makanan khas Semarang yang dibuat dari tahu yang digoreng kering dan sambal dari petis udang yang khas. Sambal petis yang disajikan juga dapat disesuaikan rasa pedasnya sesuai permintaan.

Yang khas dari makanan ini adalah tentunya rasa dari sambal petis yang asam dan segar, cocok untuk penyegar mulut.

Tahu petis banyak ditemui di seluruh wilayah Semarang denga harga Rp 5.000 per porsinya.

10. Pisang Plenet

oleh-oleh khas semarang

Makanan yang terbuat dari bahan dasar pisang ini cukup terkenal di Semarang karena sebagai cemilan yang cukup enak dan murah.

Makanan khas Semarang dengan citarasa manis ini dibuat dari pisang yang digoreng dengan tanpa tepung dan di beri taburan di atasnya.

Yang khas dan unik dari pisang ini adalah bentuk pisang yang pipih karena ditekan sehingga dinamai pisang planet (pisang gepeng).

Selain itu, pisang ini unik karena memiliki berbagai varian rasa seperti coklat, selai stroberi, meses dan keju.

Pisang ini banyak ditemui pinggir jalan di Semarang dengan harga Rp 5.000.

Yuk, baca juga :

11. Gandos

makanan khas semarang yang enak

Makanan ini adalah cemilan khas kota Semarang yang bisa banyak ditemui karena memang banyak digemari.

Kue gandos khas Semarang ini dibuat dari bahan adonan tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa ditambah gula dan garam.

Kue kecil yang berbentuk seperti bulan sabit ini juga bisa di panggil banyak orang dengan nama kue rangin dan kue pancong di daerah lain.

Yang unik dari gandos di Semarang ini adalah adanya taburan gula halus serta varian lain seperti keju, dan coklat bubuk yang menambah rasa enak.

Kue ini bisa dijumpai di pinggir jalan di Semarang dengan harga mulai dari Rp 2.000.

12. Tahu Pong

macam-macam makanan dari semarang

Makanan khas Semarang yang berbahan dasar tahu ini mirip dengan tahu petis dan tahu gimbal.

Namun yang khas dan unik dari tahu pong ini adalah tahu yang digunakan berbentuk bulat. Tahu yang digunakan digoreng kering terlebih dahulu, dan sambal yang digunakan terbuat dari sambal petis udang serta cabai rawit.

Sensasi tahu gurih yang nikmat dan “kopong” cocok dinikmati selagi masih hangat di damping sambal petis.

Makanan ini banyak dijual dengan harga mulai dari Rp 5.000.

13. Roti ganjel Rel

macam-macam makanan dari semarang

Makanan khas Semarang yang satu ini memiliki nama yang sungguh unik ini memang benar adanya.

Hal ini karena roti ini memiliki bentuk balok kotak yang mirip dengan bantalan rel kereta. Roti yang terbuat dari tepung terigu serta gula ini memiliki cita rasa yang khas yaitu aroma kayu manis yang khas serta taburan wijen diatasnya.

Roti ini juga memiliki rasa unik karena tidak terlalu empuk namun cenderung kering dan keras. Roti ini biasanya disajikan pada saat Hari Raya dan juga banyak disajikan sebagai oleh-oleh.

Harga roti ini mulai dari Rp. 12.000 per boks-nya.

14. Gudangan

makanan khas semarang yang enak

Makanan berbahan dasar sayuran ini merupakan makanan khas Semarang yang banyak menjadi favorit warga setempat.

Gudangan adalah makanan dengan sayuran yang direbus dan disajikan dengan parutan kelapa yang dijadikan sebagai sambal, mirip dengan urap.

Sambal kelapa parut yang digunakan dibuat dari bumbu seperti bawang, kunyit, dan cabai merah. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan telur rebus sebagai pelengkap.

Gudangan biasanya disajikan saat upacara adat seperti syukuran dan juga dijual dengan harga mulai dari Rp 6.000.

16. Spekkoek

makanan khas semarang

Mungkin ada yang belum tahu spekoek adalah nama lain dari lapis legit. Ya, spekkoek merupakan makanan khas Semarang yang salah satu kue basah yang banyak menjadi favorit.

Yang khas dari lapis legit ini adalah aroma dari kayu manis, cengkeh, dan kapulaga sehingga rasanya sangat khas dan kaya akan aroma rempah.

Bahan pembuatan kue ini hampir sama dengan kue lain yaitu tepung, gula, pewarna, dan telur. Kemudian dipanggang dengan bertahap sehingga lapisan kue bisa bertumpuk.

Harga kue ini mulai dari Rp 25.000 per satu kotak nya.

17. Mie Kopyok

makanan khas semarang

Makanan dengan bahan dasar mie ini merupakan salah satu makanan khas Semarang yang legendaris karena sudah ada sejak lama.

Mi kopyok memiliki ciri khas irisan daging sapi dan tambahan tahu serta krupuk gendar. Bahan dari mi ini adalah mi basah dan kecambah yang direbus hingga mendidih kemudian tahu dan potongan ketupat atau lontong ditambahkan sebagai pelengkap.

Bumbu pelengkapnya ada bawang goreng, daun sledri dan tentu kuah kaldu.

Mi kopyok biasanya dijual keliling dengan gerobak dengan harga mulai dari Rp 12.000.

18. Nasi Pecel Mbok Sador

oleh-oleh khas semarang

Nasi pecel ini cukup terkenal di Semarang dan banyak diburu orang untuk menikmatinya.

Yang khas dari nasi pecel ini adalah penggunaan daun pepaya sebagai sayurnya. Tentu akan ada rasa pahit, namun tenang saja itu akan hilang karena bumbu dan sambal kacangnya akan menjadi penghilang rasa pahit ini.

Selain dengan nasi, warung ini juga menyediakan pecel dengan ketupat yang nikmat juga.

Warung yang terletak di Jalan Pemuda ini menghargai pecelnya mulai dari Rp 10.000 per porsi.

19. Gulai Kambing Bustaman

oleh-oleh khas semarang

Makanan ini cukup terkenal di Semarang karena citarasanya yang khas dan keberadaannya yang sudah cukup lama.

Yang khas dan unik dari gulai ini adalah penggunaan kuah yang tidak memakai santan namun kuahnya diberi serundeng (parutan kelapa) sehingga menambah rasa nikmat.

Gulai kambing ini juga enak karena daging kambing nya tidak terasa berbau dan empuk.

Warung gulai kambing yang terkenal adalah Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang terletak di Semarang Utara, gulai kambing ini dihargai mulai dari Rp 25.000 per porsinya.

20. Mangut Kepala Manyung

makanan khas semarang yang enak

Makanan ini menjadi alternative untuk yang ingin menikmati kuliner ikan laut. Mangut kepala manyung merupakan makanan khas Semarang yang dibuat dari bahan kepala ikan manyung, daging manyung asap, santan, tomat, dan cabai.

Yang khas dari makanan ini adalah rasa khas kuah santan kental dengan rasa khas ikan mangut yang nikmat. Mangut kepala manyung biasanya dinikmati dengan nasi hangat dan perkedel.

Harga per porsi mangut kepala manyung mulai dari Rp 25.000 per porsinya.

21. Wedang Tahu

oleh-oleh khas semarang

Minuman ini cocok dinikmati saat dinikmati pada udara dingin dan saat musim hujan.

Wedang tahu merupakan minuman khas Semarang yang beraroma jahe dan berisikan kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai.

Mirip dengan wedang ronde, yang khas dari kembang tahu adalah adanya kembang tahu yang enak dan lembut.

Wedang tahu ini biasanya dihargai mulai dari Rp 6.000 per porsinya.

Tinggalkan komentar