Tempat Nongkrong di Solo

Tempat nongkrong di Solo – Kegiatan nongkrong merupakan sesuatu kegiatan atau aktifitas yang sangat populer di kalangan semua orang, baik tua apalagi anak muda.

Nongkrong bersama teman atau keluarga memang sangat mengasyikkan, karena kita bisa mengobrol atau sekedar bersantai dengan minuman dan camilan yang nikmat.

Jika kita mengunjungi kota Solo, atau sedang mencari tempat nongkrong yang enak di Solo, banyak tempat-tempat yang sangat nyaman untuk dikunjungi.

Solo merupakan salah saatu daerah yang memiliki kekentalan adat Jawa. Jadi nuansa-nuansa khas Jawa bisa kita rasakan saat berada di Solo.

Nuansa tersebut juga kita bisa lihat dan nikmati di dekorasi tempat, makanan-makanan khas Jawa, ataupun musik-musik tradisional. Bahkan nuansa percampuran antara adat tradisional dengan nuansa modern juga dapat kita nikmati.

Berikut adalah rekomendasi tempat nongkrong di Solo yang cocok untuk bersantai.

1. Wedangan Pendopo

tempat asyik buat nongkrong di solo

Solo memang banyak menyimpan tempat yang menarik dikunjungi. Salah satunya adalah tempat ini.

Sebuah kafe dengan konsep pendopo dan joglo klasik khas jawa yang di warnai putih serta ornamen seperti wayang dan kayu ukir di setiap sisinya, membuat nila vintage dari tempat ini.

Pada dasarnya tempat ini adalah angkringan yang berada di bangunan permanen, menu yang disediakan pun sama dengan menu khas angkringan seperti nasi kucing, aneka sate-satean, gorengan tahu dan tempe, serta minuman seperti wedang jahe, teh manis, dan kopi hitam.

Untuk harga pun sama dengan angkringan yang terkenal karena murah yaitu mulai dari Rp 1.000 untuk aneka sate, dan Rp 3.000 untuk nasi kucing.

Lokasi
Angkringan yang terletak di Jl. Srigading I No 7, Mangkubumen ini buka tiap senin sampai sabtu mulai jam 5 sore hingga jam 12 malam.

2. Xocolatl Cafe and Pastry

tempat asyik buat nongkrong di solo

Coklat memang disukai oleh banyak orang karena rasa manisnya. Buat kalian yang suka coklat dan sedang berada di Solo, cocok rasanya untuk mampir ke tempat ini.

Tempat yang mengusung konsep industrial yang elegan ini memberikan atmosfer serta suasana yang nyaman dengan adanya beberapa furnitur dari kayu yang vintage, buat kalian yang ingin nongkrong atau hanya sekadar mencari kudapan.

Beberapa menu yang disajikan disin diantaranya aneka dessert dari bahan coklat, ada juga steak, pancake, dan beberapa minuman seperti milkshake dan kopi.

Untuk harga dari setiap menu dijual mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000.

Lokasi
Kafe yang terletak di Jl. Radjiman No. 374 Solo ini tiap harinya buka mulai jam 10 pagi sampai jam 12 malam.

3. The Halal Bro

tempat asyik buat nongkrong di solo

Resto ini terinspirasi dari resto yang namanya hampir sama dari Amerika yaitu The Halal Guys.

Suasana dari kafe ini cukup unik yaitu dengan paduan lampu bohlam yang remang ditambah dengan tembok bangunan warna putih, cocok juga dijadikan tempat berfoto untuk diupload di sosial media.

Menu yang disediakan di tempat ini diantaranya ada gyro, nasi daging basmati, aneka tortilla, sandwich, dan burger.

Untuk harga dari setiap makanan juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 40.000.

Lokasi
Resto yang beralamat di Baturono, Komplek Pasar Kliwon ini buka tiap har mulai dari jam 4 sore sampai jam 10 malam.

4. Cafe Tiga Tjeret

tempat nongkrong di solo yang enak

Hampir sama seperti kafe sebelumnya, kafe tiga tjeret ini mengambil konsep dari angkringan yang mana setiap makanannya disediakan banyak dan pelanggan dapat memilih.

Menu yang tersedia disini juga cukup banyak layaknya angkringan lain yaitu ada nasi kucing, aneka sate, tempe, tahu, dan beberapa minuman seperti wedang jahe, kopi, susu dan lainnya.

Untuk harganya pun tergolong murah mulai dari Rp 2.000 untuk aneka sate, dan Rp 3.000 untuk nasi kucing. Untuk minuman mulai dari Rp 5.000.

Kafe ini cukup rame setiap harinya karena jam bukanya cukup lama yaitu dari jam 11 siang hingga jam 1 malam.

Lokasi
Kafe yang terletak di Jl. Ronggowarsito No. 97 Keprabon ini memiliki desain tata ruang ala kekinian dengan konsep urban khas anak muda.

5. Playground Cafe

tempat nongkrong di solo yang enak

Jika biasanya kita datang ke angkringan dengan suasana khas gerobak dan lesehannya, di kafe ini adalah sebaliknya.

Suasananya mirip kafe kekinian jaman sekarang dengan segala ornamennya yang bagus untuk difoto, sedangkan menunya masih mengadopsi menu khas angkringan yang disukai segala kalangan karena murah.

Hampir seperti angkringan lainnya, makanan disini dijual mulai dari Rp 2.000 untuk aneka sate, dan Rp 4.000 untuk minuman dan nasi kucing. Kafe ini buka tiap hari mulai jam 1 siang hingga jam 1 malam.

Lokasi
Playground cafe yang berlokasi di Jl. Kenanga, Purwosari ini cocok menjadi salah satu tempat alternatif buat nongkrong atau hanya sekadar mencari inspirasi, namun makanannya pun terjangkau.

6. Cafedangan

tempat nongkrong paling favorit di solo

Salah satu konsep cafe dengan hidangan angkringan / wedangan yang pada umumnya kita temui di penjuru kota Solo.

Namun kafe ini berbeda karena menawarkan tempat dengan suasana yang nyaman untuk berlama-lama, terutama karena adanya wifi gratis buat kalian yang ingin berinternet.

Cafedangan ini membawa konsep prasmanan, jadi kalian bisa bebas memilih makanan apa yang ingin kalian beli.Dari aneka sate, nasi kucing dan gorengan ada disini.

Harga di Cafedangan masih terbilang terjangkau, mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 10.000.

Lokasi
Kafe yang terletak di Jl. Adi Sucipto No. 2, Manahan ini buka tiap hari dari jam 5 sore hingga jam 1 malam.

7. Kedai Ibu

tempat nongkrong di solo

Kafe yang satu ini memiliki nama yang lumayan unik dan mempunyai tata ruang yang cukup bagus serta nyaman.

Selain itu, makin asik tanpa harus khawatir soal harga menu di tempat ini. Untuk harganya mulai Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

Jelas saja harga yang ramah buat kantong pelajar dan mahasiswa. Kebanyakan pengunjung memang didominasi anak muda.

Mungkin pilihan menu dan lokasinya lebih pas dan cocok buat nongkrong plus ngemil bersama teman-teman. Menu makanan, antara lain, roti bakar, pisang owol, goreng, nasi dan aneka mi.

Untuk minuman disini tersedia aneka susu segar, minuman jahe, es puding dan aneka minuman lain.

Kedai Ibu buka setiap hari mulai jam 3 sore hingga jam 11 malam.

Lokasi
Kafe ibu yang berlokasi di Jl. Hasanudin, No 57 Banjarsari, tidak hanya memiliki nama yang unik namun tempat dan menunya cukup menggoda.

8. Warung Orange

tempat nongkrong di solo yang enak

Warung Orange, sesuai namanya karena bangunan berwarna oranye ini cukup mencolok perhatian.

Namun, disini akan melihat suasana berbeda saat masuk ke dalam kafe, yakni interior bergaya klasik, serta perpaduan ubin bermotif bunga, pajangan dinding antik, hingga corak batu bata pada dinding berhasil membangun kesan hangat dan akrab pada kafe ini.

Menu andalan yang dimiliki di antaranya chicken quesadila, dessert berry much. Jika kalian pencinta makanan pedas, cobalah beef enchilada, sebuah tortilla gulung dengan isi daging sapi cincang yang disiram keju dan saus pasta ala Mexico.

Untuk harganya sendiri cukup terjangkau mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 80.000. Kafe ini buka mulai jam 10 siang hingga jam 10 malam.

Lokasi
Kafe yang berada di Jl. Kapten Mulyadi No. 255B, Pasar Kliwon ini kalian dapat menikmati aneka hidangan mulai hidangan western hingga yang khas Indonesia.

9. Wedangan Omah Lawas

tempat nongkrong di solo yang enak

Wedangan Omah Lawas ini juga salah satu tempat nongkrong di Solo yang terkenal dan sangat ramai dikunjungi orang.

Menu yang ada di wedangan Omah Lawas ini banyak sekali seperti ada aneka sate, baik sosis, usus, aneka baceman dan gorengan serta masih yang lainnya.

Menu disini yang paling terkenal dan wajib dicoba adalah nasi bogana. Nasi bogana ini adalah nasi dengan lauk telur pindang, krecek dan dilengkapi dengan kering kentang dan tempe.

Untuk minuman yang paling nikmat di tempat ini adalah wedang uwuh. Minuman ini adalah minuman hangat aneka macam rempah dari berbagai tumbuhan dan sangat menyegarkan serta menghangatkan tubuh.

Lokasi
Angkringan yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Supomo ini No. 55, Banjarsari ini tiap harinya buka mulai dari jam 5 sore hingga jam 12 malam.

10. Marakez Cafe

tempat nongkrong paling favorit di solo

Tempat ini adalah salah satu kafe di Solo ala timur tengah.

Marakez Cafe dan Resto menghadirkan suasana ambience homey dan sweet, terutama karena resto ini berlokasi di sebuah rumah bergaya klasik, lengkap dengan halaman yang luas.

Ada tiga bagian tempat makan yang bisa dipilih, yaitu ruang vip, ruang biasa dan outdoor. Di dalam ruangan, terdapat banyak hiasan dinding bertema timur tengah.

Sedang di luar ruangan, terdapat taman, ayunan dan kolam yang suara gemericik airnya menyenangkan.

Menu yang tersedia disini hampir semuanya khas timur tengah seperti nasi mandhi, nasi bukhari, shish touk, nasi kabsah, nasi goreng dengan kisaran harga antara Rp 17.000 hingga Rp 45.000.

Lokasi
Kafe yang berlokasi di Jl. Untung Suropati No. 76, Pasar Kliwon ini tiap harinya buka mulai dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

11. House of Beer

tempat asyik buat nongkrong di solo

Restoran yang membawa konsep kitchen bar dan beer garden ala Amerika ini memang sesuai namanya, tempat nongkrong di Solo yang satu ini menyediakan beragam minuman bir baik lokal maupun impor.

Namun tenang saja jika kalian tidak minum bir, kafe ini juga masih menyediakan berbagai minuman lain.

Selain minuman, menu makanan juga tersedia disini yaitu seperti pasta, pizza, burger, dan steak. Untuk minuman ada juga mocktail, jus, milkshake dan es krim.

Untuk harga juga bervariatif mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000.

Lokasi
Resto yang berlokasi di The Park Mall Solo ini tiap harinya buka mulai jam 1 siang hingga jam 12 malam.

Yuk, baca juga :

12. Eaternity

tempat nongkrong paling favorit di solo

Nama Eaternity diambil dari kata “eat” atau makan, dan “eternity” berarti sesuatu yang berkelanjutan.

Restoran ini dikonsep dalam gaya unfinished material industri agar bisa menyuguhkan atmosfer yang berbeda. Pengunjung merasa seolah memasuki bangunan yang belum selesai dikerjakan.

Meja dan kursi kayu yang sekedar di-coating transparan. Eaternity menyediakan menu makanan ala Amerika, Italia dan Indonesia.

Menunya dibuat seotentik mungkin dengan menonjolkan bahan homemade. Macam-macam saus seperti mayonaise, yakiniku dan teriyakimereka buat sendiri, kecuali saus sambal dan saus tomat.

Untuk harga makanan dan minuman juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Lokasi
Resto yang terletak di Jl.Ir. Soekarno No. 27, Solo ini tiap harinya buka mulai jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

13. O Solo Mio Galleria & Ristorante

tempat nongkrong paling favorit di solo

Banyak turis asing di tempat ini, karena perpaduan restoran khas Italia dan Mexico ini berbeda dengan kebanyakan kafe di Solo.

Menu pasta dan piza yang ditawarkan terjamin sehat karena diklaim tidak mengandung MSG. Tak hanya itu, demi menciptakan cita rasa yang otentik, O Solo Mio Galleria & Ristorante mendatangkan langsung bahan baku masakannya dari Italia.

Dalam menyantap menu khas di resto ini semakin sedap karena didukung dengan suasana resto yang berkonsep romantic vintage. Tempatnya pun nyaman meski tidak terlalu besar.

Dengan harga mulai dari Rp 40.000, kalian bisa mencoba makanan ala Italia dan Mexico di tempat yang buka mulai jam 10 pagi ini.

Lokasi
Jika ingin ke sini, langsung aja datang ke Jl. Sutowijoyo No 9, Penumping.

14. Cafe Librairie

tempat nongkrong paling enak di solo

Banyak kafe unik yang ada di Solo, salah satunya bernama Cafe Librairie.

Kafe ini adalah perpaduan antara perpustakaan dengan tempat makan, sehingga kalian bisa menikmati hidangan sambil membaca beragam buku yang tersedia.

Beda dengan di perpustakaan, di kafe ini kita bebas ngobrol dan berbincang dengan teman tanpa khawatir mengganggu pengunjung lain. Kafe yang punya dua lantai ini dibangun layaknya rumah, sehingga akan membuat tamu semakin nyaman.

Untuk urusan makanan, kafe ini menawarkan berbagai menu dengan harga terjangkau seperti aneka cake, es krim, nasi, dan mie dengan harga mulai dari Rp 25.000.

Menariknya, tempat ini juga menyediakan penjualan buku secara online serta membuka kelas kursus bahasa Perancis.

Lokasi
Cafe Librairie berada di Jl. Lumban Tobing No. 2, Setabelan dan buka tiap senin sampai sabtu mulai jam 5 sore hingga 10 malam.

15. Simply Cook Cafe

tempat nongkrong di solo yang enak

Salah satu kafe unik yang ada di Solo adalah kafe ini. Tersedia berbagai menu makanan serta minuman, seperti aneka nasi, mie, pasta, pancake, jus, hingga milkshake.

Untuk harganya, tempat ini memberikan harga yang cukup bersahabat sesuai kantong mahasiswa, mulai dari Rp 10.000.

Meski hanya kafe kecil, tempat ini membawa konsep klasik yang dibangun sehingga membuat suasananya cocok dijadikan tempat nongkrong.

Ornamen batu bata putih pada dinding serta ornamen piringan berwarna-warni di setiap sudut pun membuat tempat ini begitu menarik untuk diabadikan. Tak heran kafe ini selalu ramai oleh pengunjung.

Lokasi
Lokasi tempat ini dekat dengan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), tepatnya di Jl. Mojo No. 41.

16. Ngopi Serius

tempat nongkrong paling favorit di solo

Sesuai namanya, tempat ini cocok bagi pencinta kopi. Kafe ini menyediakan berbagai macam kopi seperti kopi sidikalang, kopi bali, kopi toraja, sampai kopi luwak aceh gayo yang terkenal itu.

Tidak perlu khawatir soal rasa, seluruh proses pembuatan kopi dilakukan dengan teknik manual brewing sehingga tercipta rasa yang lebih kuat.

Selain menu kopinya, kedai ini membawa konsep etnik jawa klasik, terlihat dari bangunan kafe yang berbentuk joglo dengan batangan kayu jati yang besar.

Tak hanya itu, tempat ini juga memanfaatkan berbagai barang daur ulang untuk mempercantik interiornya. Untuk harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 25.000 kalian bisa menikmati sajian kopi khas Indonesia.

Lokasi
Kafe yang cocok untuk para pecinta kopi ini berlokasi di Jl. Melati No 7. Purwosari dan buka tiap hari mulai jam 4 sore dan tutup jam 12 malam.

17. Rumah Nenek

tempat nongkrong paling favorit di solo

Dari namanya, tempat nongkrong di Solo berikut ini terbilang cukup unik, membuat kita seperti berada di rumah nenek.

Bangunan joglo serta arsitektur khas Jawa membawakan suasana klasik nusantara tempo dulu dengan pelataran yang luas.

Menu yang ditawarkan di Rumah Nenek terdiri dari aneka sate, nasi kucing, gorengan tahu dan tempe, dan makanan angkringan lain. Selain itu juga tersedia beragam minuman seperti wedang jahe, wedang ronde, kopi, dan susu.

Untuk harga juga cukup murah khas angkringan, mulai dari Rp 5.000 kita bisa makan kenyang.

Lokasi
Kafe yang terletak di Jl. Sidoluhur No. 58, Laweyan ini buka tiap hari mulai dari jam 4 sore hingga jam 12 malam.

18. Wedangan Radjiman

tempat nongkrong paling favorit di solo

Cafe yang khusus menyajikan wedangan khas kuliner Solo selanjutnya adalah Wedangan Radjiman.

Tentu tempat nongkrong di Solo yang satu ini jadi pengobat rindu anda yang ingin makanan khas angkringan seperti aneka sate, nasi kucing, gorengan, dan wedang jahe.

Yang unik, suasana yang disediakan kafe ini berbeda.

Selain tempat makan dan nongkrong, di tempat ini juga sering diadakan sebagai tempat nobar alias nonton bareng pertandingan sepakbola oleh para pendukung tim bola atau oleh pengunjung yang ingin nonton diluar rumah.

Harga dari makanan disini juga terjangkau khas angkringan, mulai dari Rp 5.000 kalian bisa makan kenyang.

Lokasi
Kafe yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 62 ini tiap harinya buka mulai dari jam 5 sore hingga jam 1 pagi.

19. Omah Londo

tempat nongkrong di solo

Angkringan dengan kemasan unik dan berkelas tapi masih dengan harga terjangkau, itulah yang ingin dibawa oleh Angkringan Omah Londo.

Konsep dan tata ruang tempat ini akan membawa pelanggan merasakan masakan tradisional Jawa dengan nuansa rumah dinas bangunan lama dengan arsitektur bangunan Belanda.

Disini tersedia beberapa kuliner khas wedangan yang disediakan seperti nasi kucing, rica ayam, nasi goreng, nasi sambal dan yang lainnya dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 5.000. Selain itu ada berbagai macam sate-satean seperti sate usus, sate kerang, sate sosis, dan sate babat.

Sedangkan untuk minuman ada berbagai jenis minuman seperti teh manis, teh jahe, wedang jahe, wedang uwuh, wedang ronde, dan juga jus.

Lokasi
Kafe yang terletak di Jl. Agus Salim No. 2, Laweyan ini tiap hari buka mulai jam 9 pagi hingga jam 12 malam.

20. Coffca

tempat asyik buat nongkrong di solo

Kepanjangan dari Coffca yaitu Coffee & Career, hadir sebagai tempat yang kekinian.

Tempat ini merupakan perpaduan antara kedai kopi dengan co working space yang membawa konsep pendidikan dan pengembangan karir dengan suasana yang nyaman serta inspiratif.

Disini sangat cocok untuk belajar, diskusi, berkarya maupun rapat. Beragam kopi yang segar dan nikmat tersedia disini.

Selain itu ada pula aneka menu lain mulai dari menu makanan seperti mie, pancake, es krim, dan aneka nasi, dan ada serta ada minuman non kafein.

Untuk harga makanan dan minuman juga bervariatif, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 60.000.

Lokasi
Kafe yang berlokasi di Jl. Tanuragan Raya, Kartasura ini tiap hari buka mulai jam 9 pagi hingga jam 12 malam.

21. Mom Milk

tempat nongkrong paling favorit di solo

Selain tempat makan berupa angkringan dan wedangan, di Solo juga ada sebuah kafe untuk kalian pencinta susu.

Di Mom Milk ini kalian bisa nikmati susu aneka rasa sambil nongkrong asyik di tempat yang nyaman sekaligus bisa sebagai tempat berkumpul.

Selain sehat, olahan susu disini juga bermacam-macam sehingga tidak bosan dengan olahan susu biasa. Tempat ini menyediakan aneka rasa susu dari green tea, hazelnut, stroberi, kukis, dan vanila.

Belum lagi varian rasa susu aneka buah. jackfruit, durian, mangga, pisang, markisa dan jeruk. Selain susu, disini juga tersedia berbagai makanan dan cemilan untuk teman minum susu seperti kentang goreng, pancake, kue, dan onion ring.

Harga dari minuman dan makanan disini cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 kalian bisa menikmati olahan susu yang segar.

Lokasi
Kafe yang berlokasi di Jl. Adi Sucipto, Manahan ini tiap harinya buka mulai dari jam 11 siang dan tutup jam 11 malam.

Tinggalkan komentar