Makanan Khas Malang

Kota Malang memang terkenal memiliki udara yang sejuk dan menjadi salah satu faktor kenapa kota ini sangat pas untuk dijadikan tujuan wisata.

Hal itu terbukti, setiap tahun banyak sekali pengunjung yang melakukan kunjungan wisata ke kota malang.

Kota ini memang begitu spesial karena banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Baik wisata yang bernuansa alam seperti kebun apel, atau pun tempat yang menyediakan wahana permainan, seperti Jatim Park.

Selain hal tersebut, kota Malang juga memiliki banyak makanan yang sangat cocok apabila kamu adalah penggemar wisata kuliner.

Hampir setiap daerah di indonesia ada yang menjual makanan yang bernama bakso malang.

Bakso khas Malang memang memiliki cita rasa yang sedikit unik dibandingkan dengan bakso dari daerah lain nya.

Biasanya bakso Malang terdiri mulai dari bakso urat, mie, dan pangsit. Kamu juga bisa menambahkan bakwan malang ke dalam bakso ini.

Selain bakso, di Malang tentu banyak makanan lain yang dapat memanjakan lidah anda. Mulai dari makanan tradisional atau makanan kekinian yang biasa diburu oleh anak muda.

Agar tidak terlalu lama mari kita simak beberapa jenis makanan yang bisa kamu jadikan referensi sebelum kamu melakukan kunjungan wisata ke kota Malang.

1. Rawon Nguling

makanan khas malang

Makanan lezat yang satu ini sangat pas jika kamu jadikan menu makan malam bersama keluarga saat berlibur ke Malang.

Cita rasa manis, pedas dan gurih menjadikan makanan ini sangat pas di lidah orang indonesia. Hal itu dikarenakan penggunaan bumbu yang kaya akan rempah.

Jika kamu ingin sekali menyantap rawon nguling ini, tidak perlu cemas, karena cukup banyak penjual yang menjajakan makanan ini di pinggir jalan, atau pun di restoran.

2. Orem-orem

kuliner khas malang

Makanan yang berbahan dasar tempe ini sekilas cita rasa nya hampir sama dengan sayur lodeh yang biasa kita santap.

Rasa asam, gurih dan pedas mendominasi cita rasa makanan ini. Selain itu, tekstur renyah pada tempe yang dipotong kecil-kecil menjadikan makanan ini sangat spesial di lidah orang indonesia.

Komposisi orem-orem terdiri mulai dari tempe yang dipotong kecil-kecil lalu digoreng, dan dengan suwiran daging ayam yang disiram dengan kuah santan.

Kamu juga bisa menambahkan telur asin sebagai menu pelengkap tambahan.

Sebelum digoreng, tempe ini biasa nya direndam dengan bumbu khusus sehingga cita rasa nya pasti lebih sedap.

Banyak penjual yang menjajakan makanan ini di pinggir jalan kota Malang.

3. Rujak Cingur

macam-macam makanan dari malang

Belum ke jawa timur rasa nya jika kamu belum mencicipi rujak cingur. Rasa asam, pedas, manis dan gurih menjadikan makanan ini banyak disukai oleh semua kalangan.

Rujak cingur sendiri terdiri dari beberapa bahan yaitu, cingur sapi/mulut sapi yang diolah dengan bumbu khusus, tauge, mentimun dan tahu yang kemudian disiram dengan bumbu petis.

Selain itu banyak penjual yang menambahkan nanas sebagai menu tambahan agar rasa nya jauh lebih segar, sehingga akan menambah kekayaan cita rasa yang dimiliki rujak ini.

Harga makanan ini berkisar mulai dari Rp.17.000 per porsi.

4. Bakso Bakar

makanan khas malang

Seperti yang telah kita bahas di atas, bakso khas malang memang memiliki cita rasa yang sangat sedap.

Hal itu terbukti dengan banyak nya variasi menu bakso yang bisa kamu beli di kota ini.

Bakso bakar sendiri banyak diminati oleh para anak muda, karena bakso bakar sendiri memiliki cita rasa yang manis dan pedas.

Sehingga bagi para anak muda yang suka dengan makanan pedas pasti langsung jatuh cinta dengan makanan ini.

Jika kamu tidak suka rasa yang pedas kamu dapat memilih varian rasa lain yang tersedia.

Bakso bakar ini dapat kamu temukan di pinggir jalan kota Malang.

5. Cwie Mie

macam-macam makanan dari malang

Makanan ini juga biasa disebut dengan mie pangsit, karena memang mie ini dihidangkan dengan pangsit dan aneka bahan lainnya.

Cwie Mie sendiri merupakan makanan khas malang yang dulu nya dibuat oleh orang Tionghoa yang bermukim di kota malang dan sekitar nya.

Dalam penyajiannya makanan ini menu nya terdiri dari mie, pangsit, daging ayam, sawi, kuah dan sambal.

Bagi kamu para pecinta mie, sangat disarankan untuk mencoba mencicipi hidangan lezat yang satu ini.

Yuk, baca juga :

6. Soto Geprak

macam-macam makanan dari malang

Jika kamu suka dengan soto, sangat disarankan untuk segera mencicipi soto geprak yang ada di kota malang ini.

Soto ini memiliki peminat yang cukup banyak dan ramai sehingga kamu wajib mencari tahu terlebih dahulu jam buka dari warung ini.

Hal itu terbukti dengan banyak nya orang yang kecewa, ketika ingin menyantap soto ini akan tetapi stok nya sudah habis.

Soto ini memiliki cita rasa yang gurih serta dapat menghangatkan tubuh sehingga sangat cocok dengan perpaduan udara dingin di kota malang, dan menjadikan banyak penjual yang kewalahan dengan minat masyarakat pada makanan yang satu ini.

7. Nasi Pecel Kawi

makanan khas malang yang enak

Jika kamu mencari menu makanan untuk sarapan atau makan siang di kota malang, menu yang bernama pecel kawi ini bisa kamu coba.

Pecel ini terbuat dari sayur bayam, tauge, nasi, kerupuk uli, dan peyek kacang yang disiram dengan bumbu kacang yang lezat.

Banyak penjual menambahkan menu pelengkap pada pecel ini seperti sate jeroan, sate telur puyuh, atau pun telur dadar.

Harga nasi pecel ini juga cukup terjangkau mulai dari Rp.10.000 per porsi.

8. Putu Lanang Celakat

macam-macam makanan dari malang

Camilan manis dan gurih yang satu ini memiliki banyak penggemar.

Putu sangat pas jika kamu jadikan camilan di malam hari untuk menghabiskan waktu dengan keluarga anda saat berlibur di malang.

Rasa manis dari gula jawa yang dipadukan rasa gurih dan parutan kelapa menjadikan camilan yang satu ini sangat pas di lidah orang indonesia, terutama orang jawa.

Bagi kamu yang sangat suka dengan putu, kamu juga bisa membuat sendiri di rumah, bahan yang digunakan juga cukup sederhana dan mudah.

Bahan-bahannya terdiri dari dari tepung beras, parutan kelapa, garam dan gula merah.

Jika kamu bingung silahkan buka halaman Resep Masakan Indonesia ini, di sana banyak sekali resep yang membahas seputar makanan khas Indonesia.

9. Bakwan Malang

makanan khas malang yang enak

Bakwan malang memiliki rasa yang renyah dan gurih. Gorengan ini sangat pas apabila dimakan saat masih hangat.

Bagi kamu para penggemar gorengan, wajib untuk mencicipi bakwan khas Malang yang satu ini. Selain itu sangat mudah sekali untuk mendapatkannya di sekitar kota Malang.

Namun peru diingat, nikmatilah gorengan ini secukupnya, karena terlalu banyak makan gorengan tidak baik untuk kesehatan terutama tenggorokan kita.

10. Ronde Titoni

makanan & oleh-oleh khas malang

Udara dingin yang menusuk di kota malang saat malam hari, menjadikan ronde sangat pas untuk dijadikan teman menghabiskan waktu malam bersama keluarga maupun sahabat.

Ronde titoni terdiri mulai dari roti tawar, kolang-kaling, kacang tanah yang disangrai, moci dan air yang sudah dicampur rempah seperti jahe dan lainnya.

Sangatlah mudah untuk mendapatkan ini saat malam hari di kota Malang, karena ronde ini memang minuman hangat yang cocok dinikmati pada malam hari.

Tinggalkan komentar