Makanan Khas Bangka

Makanan Khas Bangka – pulau yang berada di sebelah timur provinsi Sumatra ini memiliki nama yang berarti Timah. Ini berasal dari kata wangka. Karena di pulau ini terdapat banyak galian timah, maka pulau ini juga sering disebut dengan pulau timah.

Tetapi menurut bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat kita, Bangka memiliki arti sudah tua atau bisa juga sangat tua. Untuk itu Bangka dapat di artikan sebagai pulau yang sudah tua.

Wilayah ini adalah termasuk salah satu wilayah yang berada di bawah kekuasan sultan Palembang pada waktu itu. Karena runtuhnya kesultanan Palembang kemudian Bangka diserahkan kepada inggris pada tahun 1812.

Menurut sejarah, masyarakat yang menduduki tempat ini bukanlah penduduk asli. Melainkan pendatang dari suku sekak. Orang-orang suku sekak ialah masyarakat yang menganut paham animisme. Lalu kemudian mulai berdatangan bangsa melau dari wilayah malaka.

Tidak hanya terkenal dengan hasil bumi yang luar biasa, pulau Bangka juga terkenal dengan keindahan pantai dan laut yang terkenal masih alami. Hal ini di dukung oleh letak dari pulau ini yang mendukung dari segala aspek.

Disisi lain juga pulau Bangka memiliki sektor pertanian yang tidak kalah hebatnya. Yang diunggulkan dari sektor pertanian pulau Bangka adalah karet, kelapa sawit, lada dan merica. Untuk itu pulau Bangka memiliki makanan khas yang patut kita coba.

Berbicara makanan khas Bangka, kali ini zonamakan akan memberikan beberapa makanan khas Bangka yang wajib kita ketahui untuk memperluas wawasan kita tentang makanan khas nusantara.

Apa saja makanan khas Bangka?

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apa saja yang menjadi andalan pulau Bangka dari sisi kulinernya, atau bisa kita sebut makanan khas Bangka. Untuk itu simak penjelasan makanan khas Bangka di bawah ini.

Baca Juga : Makanan Khas Makasar

Lempok Cempedak

makanan khas bangka

Siapa yang belum pernah mendengar istilah lempok cempedak? Makanan khas Bangka yang satu ini merupakan kudapan yang memiliki rasa manis dan legit.  Jika kita sudah pernah memakan dodol, maka kita bisa gambarkan lempok cempedak ini adalah dodol dari Bangka.

Memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki daya tahan yang lama, tidak jarang banyak wisatawan mencari lempok cempedak ini untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Untuk memperoleh makanan ini bukanlah hal yang sulit.

Kita dapat menemukan makanan ini dibeberapa pusat oleh-oleh di pulau Bangka.

Lempah Kuning

makanan khas bangka

Makanan khas Bangka yang satu ini adalah makanan yang berbahan dasar ikan. Biasanya warga sekitar menggunakan ikan tengiri atau ikan kakap merah untuk di olah menjadi lempah kuning. Yang menjadikan masakan satu ini terasa nikmat untuk disantap.

Makanan ini juga termasuk cagar budaya nasional tak benda dari pulau Bangka. Rasanya tentu tidak perlu ditanya lagi, karena sudah terjawab kenapa bisa menjadi cagar budaya.

Baca Juga : Makanan Khas Ternate

Martabak Bangka

makanan khas bangka

Mungkin banyak dari kita yang sering menikmati makanan satu ini tetapi tidak tahu asal muasal dari makanan yang satu ini. Ya martabak manis merupakan makanan khas Bangka yang sudah menjamur keberbagai wilayah di nusantara.

Rasanya yang manis serta di bubuhi beberapa tambahan-tambahan toping seperti cokelat kacang dan lain sebaginya, tentunya menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Tahu Tok

makanan khas bangka

Makanan khas Bangka yang satu ini biasa disajikan dengan menggunakan kuah. Terkadang ada tambahan lain yaitu bakso tahu. Jika di lihat dari segi tampilan, makanan khas Bangka ini kurang menarik perhatian.

Namun jangan salah jika kita mencoba untuk menikmati kuliner satu ini tentunya kita akan merasakan sensasi yang tidak pernah terlupakan.

Tahu tok mudah di temukan di berbagai penjuru kota Bangka. Karena makanan ini sudah menjadi makanan atau sekedar camilan oleh masyarakat Bangka sendiri.

Baca Juga : Makanan Khas Manado

Balacan

makanan khas bangka

Berbahan dasar dari fermentasi aneka bahan yang diperoleh dari kekayaan laut pulau Bangka, balacan menjadi makanan favorit yang terkenal dan tentunya disukai banyak orang. Terbuat dari udang rebon yang sudah di fermentasi tentunya dalam kondisi segar ya.

Balacan juga sering digunakan sebagai tambahan esens dari sambal. Tentunya banyak orang orang yang menjadikan makanan khas Bangka satu ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Nah demikian beberapa penjelasan makanan khas Bangka versi zona makan, tentunya masih banyak lagi makanan khas Bangka tetapi keterbatasan ruang penulis untuk menjelaskan jadi hanya beberapa saja. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar