Makanan Khas Makassar

Indonesia memang selalu punya kejutan dalam keindahan dan kekayaan alamnya. Makassar pun tak kalah dalam memiliki kekayaan budaya yang berbagai macam seperti pakaian adat, tempat-tempat bersejarah dan juga makanan khas makassar yang sangat menarik untuk dinikmati.

Salah satu kota yang berada di pulau Sulawesi ini memang tak kalah indah dengan kota lainnya yang berada di daerah lain. Makassar, ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan ini banyak menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya.

Makanan khas Makassar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota kelahiran Sultan Hassanudin ini.

Banyak juga makanan-makanan khas Makassar yang menjadi ikonik kota dan bahkan sudah banyak yang terkenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Makassar yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Jalangkote

makanan & oleh-oleh khas makassar

Banyak orang yang menyebutkan jika makanan khas Makassar yang satu ini sangat mirip dengan pastel. Namun ternyata berbeda, perbedaanya terletak di kulit pastel yang lebih tebal dibandingkan dengan jalangkote.

Sehingga, tekstur kulit dari makanan yang satu ini cukup garing atau renyah. Jika pada umumnya pastel berisi bihun dan sayur wortel, jalangkote ini sedikit berbeda.

Isian dari jalangkote adalah wortel, kentang, tauge, dan juga laksa yang dicampurkan bawang putih, bawang merah, dan diberi bumbu rempah.

Ada juga variasi lain dalam membuat jalangkote dengan seperti dari telur rebus dan daging cincang. Kulit jalangkote terbuat dari tepung terigu, santan, telur, mentega dan garam.

Selain itu dari segi penyajian jalangkote ini berbeda dari pastel. Jika biasanya pastel dicamil dengan cabai rawit, jalangkote ini disantap dengan sambal yang merupakan kombinasi dari cuka dan juga cabai.

Jalangkote di Makassar bisa di dapatkan di restoran dan kafe dengan harga mulai dari Rp 10.000 per porsi.

2. Coto Makassar

macam-macam makanan dari makassar

Makassar juga memiliki makanan sejenis soto yang terkenal. Berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat.

Coto Makassar ini punya bumbu kuah yang merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Perpaduan rempah-rempah yang terdiri dari 40 jenis dimasak di kuali tanah liat yang disebut dengan korong butta.

40 jenis rempah itu diantaranya adalah kacang tanah, cengkeh, pala, kemiri, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, jintan, merica, ketumbar, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, cabai, garam, pepaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jerohan.

Konon rempah-rempah itu tidak hanya berguna untuk menentukan rasa Coto Makassar, tetapi juga sebagai penawar kolesterol yang ada di jeroan.

Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat atau burasa, dan siap dinikmati dengan tambahan sambal tauco yang segar.

Coto Makassar dapat ditemukan di seluruh wilayah Makassar dengan harga mulai dari Rp 20.000 per porsi.

3. Konro

makanan & oleh-oleh khas makassar

Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang konon berasal dari tradisi suku Bugis yang ada di Makassar ini.

Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Makanan yang punya kuah berwarna coklat kehitaman ini biasanya dimakan dengan burasa atau ketupat yang dipotong-potong terlebih dahulu.

Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Coto ini punya aroma yang relatif kuat akibat digunakannya ketumbar sebagai bahan pembuatnya.

Rasa pedas dan aroma ini dibuat dari campuran rempah, seperti ketumbar, keluwak, pala, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkih, dan daun salam.

Dalam penyajiannya, coto Makassar biasanya didampingi dengan lauk lain seperti bakwan, perkedel, sate usus, dan jerohan.

Untuk dapat menikmati coto Makassar ini, kita bisa merogoh kocek mulai dari Rp 15.000 per porsi.

4. Konro Bakar

makanan khas makassar

Konro bakar merupakan salah satu masakan khas yang banyak dicari wisatawan. Konro sendiri bisa diartikan sebagai sapi.

Isinya bukan daging sapi, melainkan tulang iga sapi. Mau dibakar atau direbus biasa di dalam kuah sup, tulang iga ini tetap enak disantap. Konro bakar banyak menggunakan rempah-rempah seperti bawang, ketumbar, merica, cengkeh, dan kayu manis sehingga rasa dan aromanya begitu kuat.

Bukan cuma cita rasanya yang menggoda, variannya pun menarik untuk dicicipi. Adapun iga biasanya dimasak langsung dan dihidangkan dalam kuah sop, namun dapat juga divariasikan dengan iga bakar yang disajikan terpisah dari kuah sop yang kini dikenal dengan nama Sop Konro Bakar.

Tulang yang masih berbalut daging sapi disajikan dengan guyuran bumbu kacang dan kuah sup konro berwarna kehitaman yang khas. Begitu daging di iga digigit, maka seketika itu dagingnya terlepas dari tulang.

Rasanya sangat lunak dengan bumbu yang meresap hingga bagian yang paling dalam. Perpaduan antara bumbu kacang dengan daging iga sangat pas. Untuk satu porsinya, sop konro bakar disajikan dengan nasi panas serta ada aneka lauk lain seperti perkedel, tempe, dan tahu.

5. Pisang Epe

makanan khas makassar

Buah pisang bisa disajikan dan disantap dalam berbagai macam bentuk penganan. Bisa disantap langsung, atau diolah dulu dengan cara dibakar, direbus, hingga dibuat menjadi kolak.

Di Kota Makassar, pisang diolah menjadi bentuk makanan yang disebut dengan pisang epe. Pisang dikupas dan dipanggang di atas bara api hingga setengah matang.

Kalau sudah cukup lunak, pisang diletakkan diatas alat yang terbuat dari balok kayu untuk kemudian ditekan hingga pipih atau agak gepeng yang kemudian pisang tersebut dipanggang lagi.

Proses pembakaran pisang dilakukan dua kali yang bertujuan agar pisang terasa renyah saat dinikmati. Setelah proses pembakaran selesai, pisang disajikan di atas piring dan kemudian disiram dengan saus lelehan gula merah yang beraroma durian atau nangka.

Beberapa penjual pisang epe ada yang menyediakan pilihan toping tambahan yang bisa ditaburkan di atas pisang, misalnya cokelat, keju, kelapa parut, dan kacang panggang.

Pisang epe dapat dijumpai di seluruh wilayah Makassar dengan harga mulai dari Rp 5.000.

6. Gogoso

makanan & oleh-oleh khas makassar

Gogoso ini mirip seperti makanan lemper yang terkenal di Jawa. Makanan yang berbahan utama beras ketan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Makassar.

Makanan gogoso ini mempunyai dua jenis, salah satunya adalah gogoso kambu atau gogoso yang menggunakan isi. Proses pembuatan gogoso yang lezat ini sendiri yaitu dengan dibakar, sehingga membuat makanan ini mempunyai cita rasa yang khas.

Yang sangat membedakan gogoso dengan lemper adalah bentuknya yang panjang dan ramping. Gogoso sendiri ada yang memliki isi dan ada juga yang tidak berisi.

Gogoso yang memiliki isian, biasanya disebut gogoso kambu atau gogoso isi. Untuk Gogoso kambu atau gogoso isi, biasanya diberi isian berupa daging ikan seperti ikan tongkol dan tuna yang dicampur dengan kelapa sangrai yang dibumbui oleh bumbu khas Makassar.

Tak jarang pula ada yang mengganti isiannya dengan daging ayam atau abon sesuai dengan selera masing-masing.

Gogoso dapat dibeli di pasar tradisional, restoran, dan kedai yang ada di Makassar dengan harga mulai dari Rp 5.000 per buah.

7. Sup Saudara

makanan khas makassar

Sop saudara adalah masakan khas Sulawesi Selatan yang juga banyak diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke Makassar.

Biasanya dihidangkan bersama dengan nasi. Berbeda dengan coto, dalam kuah sop saudara ditambahkan bihun dan perkedel kentang serta ada pula kuah yang ditambahkan susu yang memberikan sensasi manis pada kuah sop saudara.

Pembeli bisa memiliki jenis-jenis isian yang akan dimasukkan ke dalam sup. Isian yang tersedia diantaranya campuran daging sapi dan paru goreng, hati sapi, babat, dan kikil.

Dalam penyajiannya, sop ditambakan sedikit jeruk nipis dan sambal yang cukup untuk meningkatkan kekuatan rasa sop ini. Daging sapi yang lembut dan paru goreng yang renyah benar-benar memanjakan lidah.

Semangkuk saudara bisa didapatkan di beberapa restoran dan rumah makan di Makassar dengan harga mulai dari Rp 20.000 per mangkuk.

8. Pallu Mara

makanan khas makassar yang enak

Pallumara berasal dari kata “pallu” yang berarti masak dan “mara” yang berarti kering (kental). Secara umum, pallu mara adalah makanan olahan ikan yang dimasak dengan kuah yang kental.

Bahan yang digunakan dalam pallu mara diantaranya menggunakan asam Jawa. Makanan ini dimasak dengan kuah berbumbu asam jawa, daun sereh, kunyit, bawang merah, bawang putih, garam serta penyedap rasa secukupnya hingga seluruh bumbu meresap pada ikan hingga mengering.

Ikan yang biasa digunakan diantaranya ikan kakap, ikan tongkol, ikan tuna, dan ikan lainnya. Dalam proses memasaknya, pallu mara bisa lebih dari dua kali menambahkan air setelah didihan pertama.

Inilah yang menyebabkan pallumara menjadi agak kental. Pallu mara bisa didapatkan di beberapa restoran di Makassar dengan harga mulai dari Rp 20.000 per porsi.

9. Pallu Kacci

makanan khas makassar yang enak

Hidangan nikmat dari Kota Makassar ini juga merupakan makanan berkuah layaknya sop dan memiliki kuah berwarna kekuningan.

Pallu kacci berbahan dasar dari ikan. Orang Makassar biasanya menggunakan ikan bolu atau di daerah yang lain lebih umum dengan sebutan ikan bandeng.

Selain ikan bandeng, ikan cakalang dan tuna juga merupakan ikan yang biasa dipiih untuk memasak makanan khas yang satu ini. Dan untuk bumbunya, makanan khas Makassar yang satu ini menggunakan bermacam rempah khas Indonesia seperti bawang merah, asam jawa, bubuk kunyit, garam, gula, cabai rawit, dan tomat.

Selain bahan utama dan campuran bumbu, ada juga bahan sebagai pelengkap semisal taburan bawang goreng yang membuat olahan ikan ini bertambah gurih, harum dan juga lezat.

Pallu Kacci bisa didapatkan di beberapa restoran di Makassar dengan harga mulai dari Rp 15.000 per porsi lengkap dengan burasa atau ketupat.

10. Pallu Basa

macam-macam makanan dari makassar

Pallu basa adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti coto Makassar, pallu basa juga terbuat dari jeroan sapi atau kerbau.

Proses memasaknya pun hampir sama dengan coto, yaitu daging untuk isian direbus dalam waktu lama. Setelah matang, jeroan yang ditambah dengan daging itu diiris-iris, kemudian disajikan dalam mangkuk.

Dahulu, pallu basa dengan daging sapi hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan, sementara bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan.

Kini, penjual-penjual pallu basa memberikan bermacam-macam pilihan daging sapi atau jeroan untuk dihidangkan. Yang membedakan pallubasa dengan coto Makassar adalah bumbunya yang diracik khusus.

Selain itu, Coto Makassar dimakan bersama ketupat, sementara Pallubasa dimakan bersama nasi putih.

Pallu basa bisa didapatkan di beberapa restoran di Makassar dengan harga mulai dari Rp 20.000 per porsi lengkap nasi putih hangat.

11. Pallu Ce’la

makanan & oleh-oleh khas makassar

Masih dengan masakan dengan nama depan “pallu”. Kali ini pallu cella berarti ikan yang dimasak dengan rasa asin. Untuk membuat menu ikan pallu cella cukup mudah dan sederhana.

Jenis ikannya bisa apa saja. Boleh memakai ikan bandeng, tuna atau cakalang, tembang, dan layang. Setelah ikan yang menjadi bahan baku utama sudah ada, bahan-bahan lainnya yang perlu disiapkan adalah garam, kunyit, lada, serai, salam dan cabai.

Selain tahan disimpan hingga beberapa hari, pallu cella juga sangat nikmat dihidangkan bersama nasi hangat dan raccak tipa atau mangga yang dicincang halus. Pallu ce’la biasanya disajikan pada saat acara adat ataupun acara keagamaan.

Selain membuat sendiri, pallu ce’la dapat diperoleh di berbagai restoran dan rumah makan dengan harga mulai dari Rp 15.000 bervariasi tergantung dari jenis ikan yang dipilih.

Yuk, baca juga :

12. Cucuru Bayao

makanan khas makassar yang enak

Cucuru bayao adalah kue khas Makassar yang rasanya sangat manis.

Kue yang satu ini dapat dengan mudah di dapatkan dalam berbagai acara adat seperti pesta perkawinan yang disajikan bersama kue tradisional lainnya seperti barongko, taloba, biji nangka, kue pelita, sikaporo dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Makassar, cucuru artinya kue dan bayao yang artinya telur. Kue ini berbahan dasar dari telur, gula pasir, susu dan kenari. Bentuknya bulat pipih dan berwarna kuning tua.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut mirip kue bolu dengan rasa yang begitu manis dan gurih dengan aroma dan rasa telur yang kuat.

Cita rasa manis yang kental pada kue-kue ini sangat disukai banyak orang sehingga cocok untuk dijadikan sajian ataupun sekadar teman minum teh.

Selain bisa dibuat sendiri kue cucuru bayao juga bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional ataupun toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 3.000 per buah.

13. Bebek Palekko

kuliner khas makassar

Bagi para penggemar bebek, kalian harus mencoba harus coba palekko Makassar.

Palekko adalah makanan khas Makassar yaitu nasi campur dengan bebek goreng yang nikmat, dimana kuliner pedas dari bahan dasar itik atau bebek bumbu palekkonya sangat nikmat, pedasnya mantap dan bikin ketagihan.

Bumbu yang digunakan untuk membuat masakan ini diantaranya bawang putih, bawang merah, cabai, serai, kemiri, lada, dan pala.

Dari rempah tersebut membuat aroma dari bebek semakin kuat dan menggugah selera. Bebek palekko biasanya disajikan bersama dengan lauk lain seperti bakwan, perkedel, kerupuk dan tempe.

Di Makassar banyak tersedia penjual bebek palekko yang menjualnya mulai dari Rp 20.000 per porsi.

14. Mie Titi

makanan khas makassar yang enak

Apabila Anda mengunjungi Makassar, salah satu kuliner yang sayang untuk dilewatkan adalah mie titi.

Makanan ini bisa dimasukkan dalam daftar kuliner yang mesti dicicipi selain coto makassar dan palu basa. Penampakan mie titi mirip mie lidi yang biasanya dijadikan jajanan anak-anak.

Namun mie titi punya ukuran sedikit lebih tebal. Sepiring mie titi terdiri dari potongan ayam, bakso ikan, udang, dan sawi menjadi pelengkap yang ditaburkan di atas mie. Karena gurih dan renyah, bunyi kriuk akan keluar saat menggigit mie ini.

Hal menarik lain dari kuliner ini adalah kuah kentalnya. Kuah tersebut dibuat dari campuran kaldu, telur, dan tepung kanji.

Untuk mendapat cita rasa gurih, perpaduan merica dan bawang putih dijadikan tambahan bumbu pada kaldunya. Mie titi juga bisa dibawa ke luar kota sebagai oleh-oleh karena mie titi punya mie yang kering, dan tinggal diberi kaldu dan isian.

Sepiring mie titi bisa didapatkan dengan harga Rp 25.000

15. Barongko

kuliner khas makassar

Barongko merupakan makanan khas suku Bugis di Makassar yang terbuat dari bahan dasar pisang.

Pisang dihaluskan kemudian dicampur telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian dibungkus juga dengan daun pisang lalu kemudian dikukus. Jika sudah matang, barongko biasa disimpan dalam kulkas, yang enak dinikmati dalam kondisi dingin.

Bahan utama dari barongko ini adalah pisang kepok. Pisang kepok memang terkenal dengan kelegitannya. Namun jika tidak ada pisang kepok maka pisang nya bisa diganti dengan pisang raja saja tapi sudah pasti rasanya akan jauh berbeda.

Barongko bisa dengan mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional di Makassar dengan harga mulai dari Rp 5.000 per buah.

16. Buras

macam-macam makanan dari makassar

Buras adalah salah satu makanan khas suku Bugis di Makassar. Makanan ini dikenal juga dengan nama lepat, lontong bersantan atau buras.

Bentuknya hampir mirip dengan lontong namun agak pipih dan dimasak dengan cara tersendiri. Buras merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan pada hari lebaran yang bisanya tersaji bersama coto makassar ataupun opor ayam.

Makanan ini dibuat dari beras yang dimasak tertebih dahulu dengan santan hingga menjadi nasi lembek dan selanjutnya dibungkus dengan daun pisang.

Selain untuk hidangan pada hari lebaran, buras juga banyak dipilih sebagai makanan untuk bekal dalam perjalanan karena mampu bertahan hingga 2 x 24 jam. Buras bisa dikonsumsi dengan sambal kacang dan telur rebus.

Tetapi bagi masyarakat Bugis atau Makassar lebih sering menjadikannya teman untuk makan coto Makassar, sop konro, pallubasa, atau makanan yang berkuah lainnya karena dapat menambah kenyang dan nikmat.

Buras dapat dijumpai di pasar tradisional dan kedai-kedai makanan dengan harga mulai dari Rp 3.000 per bungkus.

17. Songkolo Bagadang

makanan khas makassar yang enak

Songkolo bagadang menjadi salah satu penganan wajib bagi penjelajah kuliner tengah malam di Makassar.

Songkolo atau yang juga kerap disebut sokko, merupakan makanan berupa nasi ketan hitam atau putih yang ditaburi serundeng atau parutan kepala sangrai.

Lauk dari songkolo biasanya dinikmati dengan ikan teri asin, telur, dan sambal kuning. Di Makassar, songkolo biasa di temukan pada pagi hari di warung kopi yang buka mulai subuh.

Atau di depan pasar tradisonal pada malam hari ketika pasar sudah tutup. Warga biasanya berlomba-lomba membuat Songkolo dengan hiasan beraneka macam karena mudah untuk dihias dan disajikan pada saat hari raya lebaran atau saat makan bersama keluarga besar.

Songkolo juga bisa disajikan dengan lauk lain seperti tempe goreng, kering kentang, ayam goreng, dan ikan.

Songkolo biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 5.000 bervariasi tergantung lauk yang dipilih.

18. Sup Ubi

makanan khas makassar

Sop ubi adalah salah satu kuliner khas Makassar, namun sayang sekali sop ubi ini kalah populer dengan coto, konro dan pisang ijo.

Makanan sop ubi ini berbentuk sop dengan kuah kuning mirip soto terbuat dari kaldu ayam dan rempah-rempah yang memang mirip soto.

Dengan campuran sayuran kol dan tauge, laksa, taburan daging ayam di suwir dan kacang goreng. Sop ubi ini cocok dinikmati sebagai menu makan siang ataupun makan malam karena mengenyangkan dan hangat.

Sop ubi terdapat kuah kaldu yang tempat terendamnya aneka macam sayur. Selain sayuran, juga ada bahan pelengkap yang lainnya semisal daun bawang, bihun, dan perasan air jeruk nipis.

Sop Ubi bisa dijumpai di rumah makan dan restoran di sekitar Makassar dengan harga mulai dari Rp 15.000.

19. Kapurung

macam-macam makanan dari makassar

Makassar terkenal juga dengan makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan, termasuk kapurung ini.

Kapurung merupakan makanan khas makassar yang berkuah dengan rasa sedikit asam namun sangat menyegarkan. Makanan dari bahan dasar sagu ini disajikan dengan kuah bumbu kacang yang dicampur dengan berbagai macam sayur serta daging ikan.

Sayuran yang biasa digunakan untuk menjadi bahan pendamping kapurung ini adalah kacang panjang, jagung manis, terong, bayam, dan jantung pisang.

Sementara itu bumbunya adalah cabai, kemiri, lada, dan bawang putih. Sensasi asam dari kuah kapurung berasal dari buah patikala.

Makanan ini akan tambah nikmat saat disajikan dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Kapurung sangat cocok jika disajikan dalam keadaan masih panas.

Kuah bumbu kacang serta kaya akan rempah yang pedas akan memberikan kehangatan di tenggorokan para penikmatnya. Kapurung yang terbuat dari sagu ini sangat mudah dicerna, kenyal dan mengenyangkan.

Salah satu kapurung yang terkenal di Makassar adalah kapurung buatan kapurung kasuari yang dihargai mulai dari Rp 20.000 per porsinya.

20. Ikan Bakar Bandeng

kuliner khas makassar

Karena Makassar adalah kota pelabuhan, tidak heran jika banyak makanan yang berasal dari laut, salah satunya adalah bandeng bakar ini.

Jika biasanya bandeng digoreng atau dipadukan dengan menu lain, kali ini makanan khas makassar yang satu ini dibakar sehingga rasanya juga cukup unik. Dari bentuknya, ikan ini nampak sama dengan ikan bakar lainnya.

Tapi setelah mencium aromanya, Anda akan langsung merasakan sensasi yang berbeda. Ikan bandeng yang akan dibakar dilumuri terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu khas seperti bawang putih, jeruk nipis, cabai merah.

Selain tidak amis seperti ikan pada biasanya, bandeng ini juga punya duri yang lunak karena sebelumnya sudah dikukus terlebih dahulu, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk membersihkan durinya.

Ikan bandeng bakar ini cocok disajikan bersama nasi hangat ditambah sambal mangga muda yang segar.

Bandeng bakar ini bisa ditemui di banyak restoran dengan harga mulai dari Rp 20.000 per porsi.

21. Es Palu Butung

makanan khas makassar

Makassar juga terkenal punya cuaca yang panas karena dekat dengan garis katulistiwa, oleh karena itu makanan ini sangat cocok untuk dicoba ditengah panasnya Makassar.

Es palu butung merupakan kuliner khas Makassar yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Berbeda dengan pisang berbalut adonan berwarna hijau pada es pisang ijo, pisang dalam hidangan es palu butung justru dipotong-potong dadu seperti pada hidangan kolak.

Pada dasarnya, es palu butung adalah hidangan yang sangat sederhana. Selain pisang, es ini menggunakan semacam bubur berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan santan sebagai isiannya sehingga rasanya gurih.

Tambahan es serut serta susu kental manis di atasnya semakin memberi rasa segar. Di Makassar dan sekitarnya, Es Palu Butung ini sangat mudah ditemui apalagi saat bulan ramadan.

Hidangan es ini menjadi salah satu menu berbuka puasa buruan warga Makassar, karena selain menyegarkan juga mengenyangkan.

Es palu butung bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional ataupun kedai es pinggir jalan dengan harga mulai dari Rp5.000.

Tinggalkan komentar