Aneka Makanan Khas Kediri

Makanan Khas Kediri – Kediri merupakan sebuah kota yang berada di provinsi jawa timur. Kota ini terletak di 130 km barat daya dari Surabaya. Kota Kediri konon katanya kota Kediri adalah kota tertua yang ada di jawa timur.

Kota Kediri juga merupakan kota terbesar ke tiga seletah Surabaya yang berada di jawa timur. Kota Kediri terbagi menjadi 2 yang dipisahkan oleh sungai Brantas. Kota Kediri dikenal sebagai pusat perdagangan industry rokok dan gula yang terbesar di Indonesia.

Di kota inilah industry rokok terbesar di Indonesia yaitu gudang garam kretek berdiri dan berkembang. Kota Kediri pernah juga dinobatkan menjadi kota yang paling rekomended untuk berinvestasi pada tahun 2010.

Industry rokok gudang garam yang berada di kota Kediri ini masuk kedalam mayoritas penopang perekonomian warga lokal. yang juga merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Sekitar 16 ribu warga Kediri menggantungkan perekonominanya kepada perusahaan rokok yang telah menyumbang pajak yang sangat besar kepada pemerintah Kediri.

Kediri memiliki julukan sebagai kota Tahu yang banyak orang lakukan sebagai ciri khas oleh-oleh kuliner yang paling sering di temukan adalah tahu kuning. Banyak wisatawan yang berburu tahu kuning saat melewati kota Kediri.

Ngomong ngomong makanan khas Kediri, sebenarnya banyak berbagai macam makanan khas yang berasal dari kota ini. Untuk itu Zonamakan akan membahas beberapa makanan khas Kediri.

Apa saja makanan khas Kediri?

Selain tahu kuning, Kediri juga memiliki makanan khas lain seperti : soto Kediri, sate bekicot, nasi goreng arang, tahu takwa dan lain sebagainya. Di bawah ini akan kita bahas beberapa makanan khas Kediri, mari kita simak.

Soto Kediri

makanan khas kediri

Soto yang disajikan dalam mangkok yang berukuran besar, dengan nasi yang tidak begitu banyak seloah-olah bergerumbul di mangkok. Yang menjadi pembeda dari soto kebanyakan adalah soto Kediri memiliki kuah yang bening, tak terlihat sedikitpun minyak atau lemak.

Soto yang menggunakan suiran ayam kampung ini berisi nasi bertabur selederi lembut dan kecambah pendek, dalam bahasa Kediri adalah capar. Soto Kediri akan terasa nikmat jika disajikan menggunakan nasi dan tentunya sambal yang sudah di rendam menggunakan kuah santan.

Tidak hanya warga lokal, banyak juga warga luar Kediri yang beinvestasi pada makanan yang satu ini dengan membuka kedai-kedai soto Kediri. Tidak kalah juga banyak wisatawan yang sulit untuk melupakan rasa khas soto Kediri ini, sehingga banyak yang repeat order.

Kerupuk Pasir/Upil

makanan khas kediri

Siapa yang tidak kenal kerupuk. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah seringkali dijadikan sebagai makanan pendamping saat kita makan santapan utama. Namun tahukah anda jika di Kediri ada kerupuk yang unik.

Ya kerupuk upil atau kerupuk pasir ini adalah salah satu makanan khas Kediri. Kenapa kerupuk upil konon rasanya yang asin dan bentuknya yang kecil-kecil membuat penamanya menjadi kerupuk upil.

Rasa asin ini yang membuat para anak kecil di desa menyebutnya sebagai kerupuk upil. Harganya yang sangat terjangkau sering dijadikan camilan oleh anak-anak Kediri. Kita dapat menikmati kerupuk ini hanya dengan uang sebesar 2 ribu rupiah perbungkusnya.

Keripik Gadung

makanan khas kediri

Salah satu makanan ringan atau camilan yang sangat enak berasal dari Kediri selanjutnya adalah keripik gadung. Namun hati-hati, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini dapat menimbulkan efek samping seperti pusing dan lemas.

Tetapi tenang saja, biasanya keripik gadung yang dijual di berbagai penjuru kota Kediri sudah melalui proses pemasakan yang aman.

Dari pengolahanya keripik gadung tidaklah sama dengan keripik ubi yang lainya. Prosesnya sangat panjang, kita harus merendam terlebih dahulu, setelah direndam  kita lalu merebus gadung, setelah di rebus kemudian di jemur.

Setelah semua tahapan dijalani barulah kita memasak/ menggoreng ubi gadung ini. Karena jika langsung dimasak, gadung akan membuat orang yang memakanya merasa pusing dan mual.  Karena getahnya yang masih menempel dan belum bersih.

Cenilmakanan khas kediri

Cenil adalah makanan tradisional yang tidak pernah tergerus oleh jaman. Para penggiat kuliner pastinya sudah mengetahui kudapan yang satu ini. kue yang di olah dengan berbagai warna ini sangat menarik perhatian kita untuk meyantapnya.

Kue ini memiliki rasa yang legit berbahan dasar tepung pati. Dalam penyajianya cenil akan ditaburi parutan kelapa yang telah dikukus matang, sehingga tidak perlu takut untuk mengalami gangguan tenggorokan.

Tinggalkan komentar