Aneka Olahan Ikan Tongkol

Olahan Ikan Tongkol – Ikan tongkol, siapa yang belum pernah menikmati hidangan dengan bahan dasar ikan tongkol? Rasanya kita sudah pernah ya menyatap beberapa sajian olahan ikan tongkol.

Tetapi mungkin juga ada yang belum pernah sama sekali, mungkin bisa karena alergi makan ikan laut tidak menyukai atau alasan lain.

Ikan tongkol merupakan ikan laut dari suku Scrombridae. Ikan ini hidup pada perairan dangkal yang dekat dengan pesisir. Ikan tongkol adalah salah satu target yang wajib bagi nelayan. Karena harganya yang stabil, dan tingkat pencarianya yang setiap hari ada, membuat ikan tongkol menjadi perburuan wajib bagi nelayan.

Di luar negri ikan ini dikenal dengan sebutan little tuna, false, albacore, mackerel tuna atau juga kawaka. Ukuran yang tergolong sedang, membuat ikan ini mudah untuk di olah menjadi makanan. Karena harganya yang tergolong terjangkau maka banyak masyarakat memilih untuk mengolah ikan tongkol.

Biasanya ikan tongkol akan disajikan dengan cara dimasak dengan cabai hijau, balado dan lain sebagainya. Namun tahukan anda jika ikan tongkol dapat di olah dengan bumbu-bumbu khas nusantara yang memiliki citarasa khas dan keunikan masing-masing.

Apa saja olahan ikan tongkol?

Ikan tongkol biasa kita nikmati dengan cara dioseng, cabai hujau, ataupun balado. Nah kali ini Zonamakan akan berbagi aneka resep olahan ikan tongkol yang mungkin bisa anda coba saat bosan dengan olahan ikan tongkol yang hanya itu-itu saja.

Rica-rica Ikan Tongkol

olahan ikan tongkol

Bagi kita yang menyukai makanan yang pedas, sepertinya kita wajib untuk memasak hidangan yang satu ini. Ikan tongkol yang kita gunakan bisa menggunakan ikan tongkol yang sudah di potong-potong atau juga ikan tongkol utuh.

Sebelum memasak, ikan tongkol baiknya dimarinasi terlebih dahulu, dengan menggunakan perasan air jeruk nipis agar mengurangi bau amis dari ikan tongkol tersebut.

Jika sudah di marinasi dan didiamkan beberapa saat, lalu kita racik bumbu rica-rica sesuai selera kita. Lalu kita masak dengan ikan tongkol yang sudah kita persiapkan.

Baca Juga : Resep Ayam Rica-rica

Pindang Tongkol Kuah Asam Pedas

olahan ikan tongkol

Olahan ikan tongkol yang selanjutnya adalah pindang tongkol kuah asam pedas. Sajian ini memiliki citarasa yang asam dan pedas, khas masakan timur yang biasa memiliki rasa asam.

Hidangan ini cocok disajikan saat siang hari, ketika kita lapar tetapi mengantuk, mungkin akan tergugah semangat kita pada saat siang hari.

Pindang tongkol kuah asam pedas disajikan dengan nasi yang hangat, beuh kenikmatan yang hakiki saat disantap pada siang hari.

Baca Juga : Resep Pesmol Ikan Kembung

Tongkol tumis bumbu pedas

olahan ikan tongkol

Apakah  anda repot atau bahkan sedang malas untuk masak? Nah kita ada sebuah solusi untuk kondisi yang anda sedang alami. Buatlah tongkol tumis bumbu pedas. Karena salah atu olahan ikan tongkol ini termasuk hidangan dengan cara pembuatan yang sederhana.

Kita hanya perlu menyiapkan bumbu tumis pedas, untuk kemudian dimasak bersama dengan tongkol yang sudah kita siapkan sebelumnya, tumis sebentar sembari bumbu meresap dan.

Taraa, ikan tongkol tumis bumbu pedas siap untuk dinikmati. Untuk menambah rasa unik kita dapat menambahkan daun kemangi bagi yang menyukai yaa.

Baca Juga : Resep Gurame Bakar

Lodeh ikan tongkol

olahan ikan tongkol

Ketika bosan mengolah ikan tongkol dengan sajian kering-kering terus, atau oseng-oseng terus, kita dapat mencoba olahan ikan tongkol yang satu ini. Ya lodeh ikan tongkol bisa dijadikan alternative ketika kita ingin masakan berkuah tetapi hanya mempunyai ikan tongkol sebagai bahanya.

Cara masaknya pun tergolong mudah, seperti lodeh biasanya. Hanya yang membedakan kita harus memarinasi ikan tongkol terlebih dahulu. Hal ini agar nantinya ikan tongkol tidaklah begitu amis saat di olah.

Baca Juga : Resep Udang Asam Manis

Pepes ikan tongkol

olahan ikan tongkol

Untuk kita yang menyukai pepes, namun bosan dengan olahan pepes gurame  atau nila, kita bisa membuat olahan ikan tongkol menjadi pepes. Untuk mendapatkan aroma yang lebih menggoda kita dapat menambahkan sedikit daun kemangi tetapi sesuai selera ya.

Seperti pepes ikan kebanyakan, saat membuatnya memerlukan daun pisang sebagai bungkus pepesnya. Tetapi jika  kita tidak ingin repot menggunakan daun pisang, kita juga dapat menggunakan tempat yang tahan pasas sewaktu kita mengungkus pepes lele tersebut.

Nah demikian beberapa rekomendasi aneka olahan ikan tongkol, semoga bermanfaat yaa. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar