10 REFERENSI MAKANAN HARI RAYA IDUL ADHA

REFERENSI MENU MAKANAN HARI RAYA IDUL ADHA – Hari Raya Idul Adha sudah tinggal menghitung hari sebagai puncak dari ibadah Haji seluruh umat muslim pasti akan merayakan nya momen idul adha diperingati dengan shola Ied dan pastinya penyembelihan hewan qurban seperti unta, kambing, domba, atau sapi

Biasanya momen idul adha kalian akan memiliki persediaan daging namun kalian binggung mau diolah natau di masak seperti apa sebenarnya banyak alternatif yang bisa menjadi pilihan menu hidangan yang akan di sajikan untuk kelurga di rumah.

Jika kalian memeng sedang membutuhkan referensi menu olahan daging yang bisa di jadikan ide masakanzona makan akan membagikannya untuk kalian silahkan disimak ya

Kambing oven

Makanan hari raya idul adha yang pertama adalah Daging kambing ternyata juga memiliki banyak pengemar seperti halnya daging sapi jika kalian memiliki oven di rumah menu kambing oven mungkin menjadi salah satu referensi yang cukup menarik untuk di coba disajikan untuk keluarga tercinta,

Walaupun hidangan ini bukan asli Indonesia melaiakan makanan khas mesir namun tenang caranya cukup mudah hanya perlu mengoleskan bumbu pada permukaan daging kambing hingga rata setelah itu panggang daging kambing yang sudah di lumuri bumbu tersebut dengan suhu 200 derajat celcius hingga matang.

Tengkleng

Bagi kalian yang belum tau Tengkleng, adalah makanan khas solo sekilas hidangan ini mirip gulai kambing namun kuahnya lebih encer, Tengkleng berisi daging, tulang dan jeroan yang di padukan kuah santan yang beraroma rempah yang sangat mengugah selera.

Bumbu yang di gunakan untuk memasak tengkleng juga tak jauh berbeda dengan bumbu gulai. Sangat nikmat jika di makan Bersama nasi putih hangat . aroma rempahnya dan rasanya pasti akan membuat kita semakin lahap untuk menyantapnya.

Tongseng

Makanan hari raya idul adha yang pertama berikutnya yang mungkin bisa di coba adalah tongseng namun umumnya tongseng dibuat menggunakan daging kambing kita bisa menganti daging kambing dengan daging sapi akan membuat citarasa yang sedikit berbeda dengan tongseng pada umunya.

Menggunakan bumbu rempah seperti jahe, cengkeng kayu manis daun jeruk juga biji pala membuat makanan ini pastinya memiliki citarasa yang istimewa agar lebih memiliki gizi yang seimbang kalian bisa menambahkan sayuran seperti tomat, kubis, daun bawang, atau kol dan di taburi bawang goreng agar lebih menggugah selera.

Semur

Makanan khas Betawi ini cukup digemari masyarakat dan juga termasuk menu makanan rumahan yang klasik namun mewah, semur di olah dengan bumbu kecap manis dan campuran bumbu rempah lainya pada umunya semur disajikan dengan kuah manis yang berasal dari kecap namun saat ini sudah banyak kreasi bumbu semur daging sapi yang membuat cita rasa semur semakin beragam

Kreasi bumbu semur ini bisa kalian sesuaikan dengan selara masing – masing  agar daging empuk kalian bisa memotong berlawanan arah serat dengan Teknik ini di percaya membuat daging menjadi empuk.

Rawon

Referensi menu makanan idul adha berikutnya adalah rawon makanan yang berasal dari jawa timur dan kabarnya rawon. Rawon adalah salah satu makanan favorit raja – raja pada zaman dahulu berbeda dengan semur yang warna kuah hitamnya berasal dari kecap jika rawon berasal dari buah kluwek

Selain kluwek masakan ini juga mengunakan rempah – rempah lain sepeti kemiri, ketumbar, jahe, serai, daun salam dan jeruk, bawang merah, bawang putih.

Rendang

Rendang makanan yang sudah di akui kelezatannya bahkan di luar negri jadi tidak ada salahnya jika kalian memasak daging qurban menjadi rendang yang spesial bagi keluarga kalian bisa membuat rendang basah atau kering sesuai selara kalian.

Rendah di masak dalam waktu yang tidak sebentar dan di masak dengan api kecil minimal 8 jam bahkan ada yang di masak dalam waktu 24 jam samapi bumbunya kering dan berubah warna hal itulah yang membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging tak hahnya itu proses teresebut membuat rendang menjadi tahan lama.

Sate

Siapa yang tak kenal dengan sate makanan yang punya cirikhas di tusuk ini dan mungkin pada saat momen idul adha banyak sekali masyarakat yang mngolah daging menjadi sate karena sangat sedehana dan mungkin karean di panggang menjadikan sate ini punya citarasa yang menarik.

Dan cara membuat sate pun sangat mudah kalian hanya perlu merendam daging dengan bumbu dan membakarnya dan kalian biasa menyatapnya dengan bumbu kacang, bumbu kecap manis atau pun saus lainya sesuai selera namun perlu di ingat membakar danging nya harus benar benar matang agar terhindar dari resiko penyakit toxoplasmosis.

Gulai

Buat kalian yang megira gule dan gulai itu sama kalian harus tahu bahwa gule dan gulai itu ternyata berbeda perbedaan terletak pada bumbu racikannya, gule merupakan makanan yang di kenal di masyarakat jawa sedangkan gulai berasal dari Sumatra.

Ciri khas gulai adalah memiliki warna kuah yang kuning dan kental dengan rempah kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jahe, lada, adas, pala, serai, jintem, kayu ,manis Racikan bumbu tersebut kemudian di masak dalam santan beserta daging.

Sop Daging

Sop daging adalah olahan yang cocok bagi kalian yang inggin menikmati olahan daging berkuah yang tidak bersantan olahan daging yang dipadukan dengan sayuran seperti kentang, wortel, kunis, kol, tomat dan daun bawang ataupun seledri untuk menambah gizi dan citarasanya.

Agar lebih menggugah selera dan lebih sedap kalian bisa menambahkan tetelan dan tulang sumsum dalam sop daging dan jagan lupa taburan bawang goreng agar lebih mantap.

Kari Kambing

Makanan hari raya idul adha yang terakhir adalah Kari kambing adalah makanan dari kota aceh yang masyarakat local biasa menyebutnya dengan kuah sie kameng. Kari kambing termasuk makanan yang wajib dalam perayaan adat aceh seperti kawinan, khitan, akikah dan perayaan hari besar laimya seperti momen idul adha kari kambing makin mantap jika di padukan dengan nasi atau roti canai

Akhir kata

BACA JUGA : 

Demikian REfERENSI MENU MAKANAN HARI RAYA IDUL ADHA yang zonamakan bisa berikan semoga bisa membatu dan memberi manfaat bagi kalian sekian trimakasih…

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements