Makanan Khas Sukabumi

Makanan khas Sukabumi – Kota Sukabumi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat , Indonesia . Kota ini merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Nama Sukabumi sendiri sampai saat ini memiliki dua pendapat berbeda.

Pendapat pertama mengatakan bahwa nama Sukabumi berasal dari kata Bahasa Sunda , yaitu Suka dan Bumen (Menetap) yang bermakna suatu kawasan yang disukai untuk menetap, dikarenakan iklim Sukabumi yang sejuk.

Pendapat kedua mengatakan bahwa nama Sukabumi berasal dari kata Bahasa Sanskerta , yaitu Suka (kesenangan, kebahagiaan, kesukaan) dan Bhumi (Bumi, Tanah) sehingga nama Sukabumi memiliki arti “Bumi yang disenangi” atau “Bumi yang disukai”.

Apapun artinya yang jelas Sukabumi ini sudah cukup populer di telinga masyarakat Indonesia karena beberapa tempat wisata yang sangat asri dan sejuk.

Setiap kali mengunjungi suatu daerah, tentunya selain tempat wisata, kita akan mencari referensi kuliner yang khas dari daerah tersebut, dan termasuk juga buah tangan sebagai ciri khas yang dapat diberikan kepada sanak saudara yang ada di rumah.

Begitu juga ketika berkunjung ke satu kota di Jawa Barat ini, Sukabumi. Yuk disimak informasi menarik seputar makanan khas Sukabumi seperti Mochi, dan lain-lain yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin mengunjungi Sukabumi.

1. Mochi

makanan khas sukabumi yang enak

Siapa yang tidak kenal dengan mochi? Camilan enak ini menjadi favorit bukan hanya bagi masyarakat Sukabumi saja, namun juga hampir setiap orang menjadikan mochi sebagai makanan favorit.

Teksturnya sangat lembut dan kenyal ditambah dengan warnanya yang bermacam-macam dengan tampilannya yang lucu menambah daya tarik tersendiri kuliner yang satu ini. Rasa atau isian mochi sendiri banyak, seperti rasa durian, kacang, coklat, original, dan lain-lain.

Ada banyak sekali kue mochi yang dijual di Sukabumi, kamu dapat dengan mudah menemukan toko kuenya jika berada di Sukabumi, namun yang paling terkenal adalah kue mochi lampion.

Rasa dan kualitas mochi lampion merupakan jaminan seumur hidup karena diolah dengan cara yang baik dan benar. Meskipun harganya lumayan menguras kantong, namun mochi ini cocok dijadikan oleh oleh khas Sukabumi untuk keluarga Anda.

2. Nasi Uduk Ungu

makanan khas sukabumi yang enak

Makanan khas dari Sukabumi selanjutnya adalah nasi uduk ungu yang cukup populer. Berbagai macam keunikan kuliner ini terletak pada warna nasinya yang berwarna ungu, berbeda dengan nasi uduk pada umumnya yang sering kamu temui.

Warna ungu pada nasi tersebut berasal dari buah bit atau ubi ungu yang digunakan sebagai pewarna makanan alami, bukan dari pewarna makanan berbahan kimia ya.

Satu porsi nasi uduk ini berisi nasi dan campuran lauk lainnya berupa ayam goreng, tempe, tahu, telur dadar, sambal, dan juga lalapan. Siapapun yang mencoba nasi uduk ini pasti akan ketagihan.

Dengan komposisi ini, tentu rasanya gurih dan khas, dan tidak bisa kamu temui ketika mencoba nasi uduk di kota lain. Jadi, kamu sedang di kota Sukabumi, sempatkan mencicipi kuliner satu ini.

3. Sagon Bakar

kuliner khas sukabumi

Kue Sagon merupakan salah satu jajanan pasar dari Sukabumi yang terbuat dari tepung sagu dengan campuran berbagai macam bahan lain yang dipadu menghasilkan makanan ringan yang memiliki rasa khas dan unik.

Ada banyak macam kue sagon yang beredar di masyarakat saat ini. Diantaranya Kue Sagon Bakar.

Sagon bakar terbuat dari bahan utama yaitu parutan kelapa. Sagon bakar biasanya disajikan berbentuk persegi panjang atau kotak. Rasanya sangat gurih khas dari rasa kelapa parutnya.

Sagon bakar bisa kamu jadikan cemilan sembari berkeliling kota Sukabumi atau bisa juga kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Sukabumi.

4. Sate Aci

makanan & oleh-oleh khas sukabumi

Dari namanya kamu tentu sudah dapat menebak kalau makanan khas yang satu ini terbuat dari aci atau tepung kanji. Tepung kanji sebelumnya diolah menggunakan kompor dengan aci kecil, kemudian dicampurkan dengan berbagai penyedap rasa, yang diaduk perlahan dan jangan sampai menggumpal.

Setelah adonan mendidih, kamu dapat menuangkannya ke cetakan yang ditusuk dengan lidi. Tunggu hingga dingin, lalu angkat. Kamu dapat menyajikan sate ini seperti sate ayam, yakni disiram dengan bumbu kacang.

Karena cara yang cukup mudah untuk membuat sate aci ini, kamu pun dapat mencobanya di rumah dengan berbekal resep khas kuliner asli Sukabumi.

Yuk, baca juga :

5. Roti Priangan

makanan & oleh-oleh khas sukabumi

Makanan legendaris asal Sukabumi yang wajib dinikmati selanjutnya adalah roti Priangan. Roti yang memiliki adonan khusus ini sangat diburu para wisatawan dan mereka yang berkunjung ke Sukabumi.

Rasa yang enak dan lezat menjadi salah satu pesona yang sulit ditolak untuk memanjakan lidah Anda.

Roti Priangan dengan nama awal Oey Tjiang Lie mulai berdiri sejak 1943 hingga kini adalah bukti betapa banyaknya orang yang tersihir kelezatan kuliner ini, dan kamu pun harus menjadi salah satunya.

Menyantap hidangan ini memang paling pas ditemani dengan secangkir teh hangat sembari menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh kota tersebut.

Bagi kamu wisatawan yang sedang berlibur ke Sukabumi, jangan lupa untuk membagikan kenikmatan kuliner ini bagi keluarga di rumah.

6. Sekoteng Singapore

makanan khas sukabumi yang enak

Nah, kalau tadi disajikan beberapa menu makanan dan rekomendasi buah tangan untuk sanak saudara yang jadi khas kota Sukabumi, kali ini ada menu minuman yang  juga sayang untuk kamu lewatkan. Sekoteng Singapura.

Biasanya  minuman ini ditemukan pada malam hari, kuliner khas Sukabumi yang konon berasal dari negara tetangga Singapura ini tentu akan memberikan cita rasa berbeda yang bisa kamu nikmati.

Jika dibandingkan dengan sekoteng pada umumnya, yang membedakan menu ini adalah terdapat roti jahe yang merupakan ciri khas Sukabumi yang ikut masuk ke dalam sekoteng. Menambah kehangatan akan minuman ini bukan?

Jadi, Bagaimana? Sudah terbayang kehangatannya? Tunggu apalagi! Jika kamu sedang di Sukabumi atau akan berkunjung ke Sukabumi, segera saja cicipi.

7. Nasi Hijau

makanan khas sukabumi

Salah satu kreasi lain dari Sukabumi ialah nasi hijau. Kita biasa mengenal nasi kuning yang mengambil warna kuningnya dari kunyit. Namun jika nasi hijau ini mengambil warna hijaunya bukan dari daun suji ataupun daun pandan melainkan dari daun bayam dan tentunya dicampur dengan bahan-bahan alami tradisional lainnya. Pastinya sangat sehat dan bergizi.

Citarasanya pun tak kalah dengan nasi kuning maupun makanan yang berbahan nasi lainnya. Nasi hijau ini sangat cocok disajikan dengan ayam goreng, telur dadar, kerupuk, bawang goreng, dan pastinya sambal. Jadi jangan sampai kamu melewatkan kuliner yang satu ini.

Tinggalkan komentar