8 Makanan Khas Papua Barat Yang Patut Dicoba

Halo semuanya kali ini zona makan akan membahas makanan khas papua barat, Papua barat ( Pabar ) merupakan sebuah provinsi di indonesia yang letaknya berada di ujung barat pulau papua. Nama ibu kota dari papua barat adalah manokwari. Bernama Irian jaya barat,perubahan nama Papua barat diresmikan berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 24 Tahun 2007. Papua barat dan Papua merupakan Wilayah Indonesia yang memperoleh status Otonomi Khusus. Meski telah menjadi sebuah provinsi, namun perlakuan khusus seperti provinsi Induknya tetaplah didapatkan. Provinsi yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 1.134.068 Jiwa ini memiliki aneka ragam keindahan alam, karena hal ini Papua barat banyak dilirik para wisatawan yang menyukai tempat wisata yang menyugugkan keindaham alam.  Namun siapa sangka, papua barat juga memiliki beragam makanan khas yang tidak hanya unik tetapi juga memiliki cita rasa yang sangat unik dan sangat sulit dilupakan.

Berwisata di papua barat biasanya hanya ikin menikmati keindahan alam yang ditawarkan, namun tidak ada salahnya kita mencoba untuk berwisata kuliner, untuk menikmati makanan khas di Papua Barat. Pembahasan selanjutnya akan kami suguhkan beberapa makanan khas papua barat yang wajib kita coba.

Ikan bakar pedas Manokwari

makanan khas papua barat

makanan khas papua barat yang pertama adalah ikan bakar pedas manokwari, Sebagian dari kita tentunya sudah sangat sering menikmati hidangan Ikan Bakar, seperti lele bakar, gurame dan nila bakar, namun bagai mana dengan ikan cakalang bakar kha manokwari ini. Hidangan Ikan Cakalang bakar ini adalah salah satu makanan  khas dari Kota manokwari Papua Barat. Makanan yang disajikan dengan bumbu bakar yang pedas sangat menggugah selra kita, ikan yang masih segar diambil dari laut lalu dibakar dengan bumbu bumb rahasia khas dari papua barat akan terasa nikmat dikonsumsi sembari menikmati keindahan alam papua barat.

Aunuve habre

makanan khas papua barat

Apakah anda baru mendengar kata ini? Sangat unik memang makanan khas yang satu ini. Makanan ini mirip seperti Steak ala ala eropa yang menyajikan daging sebagai bahan bakunya nya. Berbeda dengan Aueve Habre, steak yang satu ini menggunakan ikan cakalang sebagai bahan bakunya. Agar menjaga ke estetikan dari makanan steak asal papua barat ini, biasanya disajikan dengan dibungkus dengan daun talas.

Rica – rica cacing laut

makanan khas papua barat

Mungkin bagi kita cacing adalah hewan yang kotor dan menjijikan, namun makan ini dipercaya masyarakat lokal mampu untuk meningkatkan kejantanan laki laki. Karena makanan ini banyak menganduh protein yang baik untuk tubuh. Biasanya makanan ini disajikan dengan cara digoreng kemudian dimasak rica rica dengan bumbu yang pedas

Kapurung

makanan khas papua barat

Masih makanan yang berbahan dasar ikan, menu selanjutnya adalah kapurung. Ini adalah ikan peda/ kembung yang diolah menjadi sebuah sup. Dengan olahan bumbu khas papua dan dalam kuahnya juga ada tambahan papeda.

Aunu senebre

makanan khas papua barat

Makanan khas papua barat satu ini berbahan dasar dari teri nasi. Biasnya dalam penyajianya aunu senebre dipadukan dengan parutan kelapa dan taburan daun talas. Rasa yang ditawarkan dari makanan yang satu ini adalah renyah dan gurih. Biasanya para penduduk setempat menjadikan makanan yang satu ini sebagai lauk dalam pelengkap hidangan sagu.

Sagu lempeng

makanan khas papua barat

Sagu merupakan makanan sehari hari bagi penduduk papua barat. Salah satu makanan khas dari papua barat yang menggunakan bahan dasar sagu adalah Sagu Lempeng. Proses pembuatan sagu lempeng sampir sama dengan pembuatan roti tawar seperti biasanya.

Ulat sagu

makanan khas papua barat

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ulat sagu dapat dikonsumsi. Masyarakat lokal biasanya mengolah ulat sagu dengan cara dibakar dan di tusuk seperti sate. Bumbu yang digunakan hanyalah garam. Karena rasa yang sitawarkan menu ini adalah rasa gurih. Menurut penelitian, ulat sagu ternyata juga memiliki protein yang tinggi. Oleh karena itu makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Kue eurimoo

makanan khas papua barat

Ada yang menyebut hidangan ini dengan sebutan klepon papua. Karena memiliki bahan dasar dan cara pembuatan dan tampilan yang sama dengan makanan khas jawa yaitu klepon. Maka banyak yang menyebut sebagai klepon papua.

Yuk Baca juga :

Demikian rekomendasi makanan khas dari papua barat. Aneka ragam makanan yang dapat kita temukan di provinsi ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tidak heran, jika banyak wisatawan yang tertarik dengan papua barat untuk menjadikanya salah satu pusat destinasi wisata yang popular.

Tinggalkan komentar