Makanan Khas Italia

Italia adalah negara di Eropa yang terletak di semenanjung Mediterania yang terkenal sebagai tempatnya Spaghetti. Italia memang memiliki budaya kuliner yang cukup tua, dari mulai pengaruh budaya Yunani, Romawi, Eropa, bahkan Arab. Selain Pizza dan Spaghetti, ternyata Italia menyimpan beragam khasanah kuliner yang menggoda selera. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pizza

Pizza adalah makanan khas Italia yang paling terkenal di dunia. Hidangan gurih dari roti bundar dan pipih ini biasanya dilumuri dengan saus serta keju dan aneka topping. Cara memasaknya biasanya adalah dengan dipanggang di dalam oven. Berbagai bahan yang sering digunakan di atas pizza antara lain yaitu daging seperti ham, bacon, dan pepperoni, buah seperti nanas dan zaitun, serta sayuran seperti cabai dan paprika. Rotinya dibuat seperti roti pada umumnya, namun biasanya diberi rasa tambahan dari berbagai bahan tambahan. Pizza dapat dibeli di Snoop’s Pizza dan Bastradi Ristorante Pluit dengan harga Rp50.000 – Rp120.000/porsi.

2. Spaghetti

Salah satu jenis makanan pasta khas Italia yang sangat terkenal adalah Spaghetti. Memiliki bentuk yang panjang, tipis, silindris, dan padat, makanan ini menyerupai mie pada umumnya. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat Spaghetti adalah gandum giling dan air, di Italia jenis gandum yang digunakan adalah gandum durum. Secara harfiah Spaghetti berasal dari kata ‘spago’ yang berarti tali tipis atau benang. Spaghetti bisa disajikan berbentuk basah atau kering, dengan tekstur yang lembut dan rasanya lezat. Spaghetti bisa dibeli di Nanny’s Pavilion dan Le Blanc Coffee n Grill seharga Rp25.000 – Rp40.000/porsi.

3. Lasagna

Laagna adalah jenis pasta yang dipanggan dalam oven dan merupakan salah satu makanan tardisional khas Italia. Secara harfiah Lasagna berasal dari kata ‘lasagne’ yang berarti berisikan daging. Selain daging, sebenarnya Lasagna bisa diisi dengan banyak isian lain seperti syuran, makanan laut, dan sebagainya. Kulit pembungkusnya sendiri berasal dari adonan tepung terigu, yang kemudian dipanggan sampai matang bersama dengan isannya. Lasagna memiliki citarasa yang gurih dan lezat dengan tekstur yang lembut. Lasagna bisa dibeli di Bottega Ristorante dan Bienvenue Bistro Terasse seharga Rp50.000 – Rp100.000/porsi.

4. Tortelini

Makanan pasta yang berbentuk cincin ini bernama Tortelini. Kadang-kadang makanan ini juga digambarkan seperti berbentuk pusar, dan dijuluki dengan istilah Ombelico. Tortelini biasanya diisi oleh campuran daging seperti babi panggang atau prosciutto, maupun keju. Makanan ini awalnya berasal dari wilayah Emilia di Italia, terutama daerah Bologna dan Modena. Tortellini dapat ditemukan di berbagai restoran di seluruh dunia dalam bentuk sajian maupun dijual di pusat perbelanjaan dalam bentuk kemasan atau makanan beku. Tortelini bisa dibeli di Patio Venue & Dining dan Trattoria Gran Rubina Jakarta, seharga Rp50.000 – Rp80.000/porsi.

5. Fettucini Alfredo

Hidangan pasta khas Italia yang bernama Fettucini Alfredo ini terbuat dari fettucine atau pasta yang dicampur dengan mentega dan keju parmesan. Saat keju mencair kemudian bahan tersebut dijadikan saus yang dicampur dengan pasta fettucine tersebut. Nama Alfredo sendiri diambil dari nama Alfredo di Lelio yaitu seorang yang menghadirkan hidangan ini pada tempat makannya di Roma pada awal hingga pertengahan abad ke-20. Fettucini Alfredo memiliki tekstur yang lembut dan bercita rasa gurih serta lezat. Keunikan lainnya terletak pada kentalnya saus Alfredo yang divariasikan dengan krim kental. Fettucini Alfredo bisa dibeli di Popolamama dan Pasta Kangen Jakarta, seharga kisaran Rp30.000 – Rp50.000/porsi.

6. Ravioli

Ravioli adalah sejenis pangsit yang memiliki isian di dalamnya, serta diselimuti dengan adonan pasta tipis. Biasanya Ravioli dinikmati bersama dengan saus dan kaldu untuk menambah cita rasanya. Jenis makanan ini termasuk dalam sajian masakan tradisional khas Italia. Ravioli umunya berbentuk bujur sangkar, meskipun ada pula bentuk lainnya seperti lingkaran dan setengah lingkaran. Nama Ravioli awalnya mucul dalam surat-surat pribadi milik Fransesco di Marco Datini, seorang pedagang dari daerah Prato pada abad ke-14. Ravioli bisa dibeli di OSO Ristorante dan Restaurant Toscana Jakarta, seharga Rp30.000 – Rp50.000/porsi.

7. Tramezzino

Roti khas Italia yang berbentuk potongan segitiga ini bernama Tramezzino. Roti ini dibuat dengan menggunakan dua roti putih yang lembut dan dibuang pinggirannya. Tramezzini adalah sebuah roti lapis yang populer sebagai cemilan. Isian di dalamnya sendiri umumnya adalah ikan tuna, buah zaitun, dan prosciutto, namun ada juga berbagai isian lain yang digunakan. Mulanya Tramezzino dibuat di Caffe Mulassano di wilayah Piazza Castello, di Turin. Selain menggugah selera, Tramezzino juga lebih menyehatkan. Tramezzino bisa dibeli di Paul Bakery Pacific Place dan Convivium Jakarta, seharga Rp30.000 – Rp50.000/porsi.

8. Panini

Panini adalah roti lapis yang merupakan makanan khas Italia. Bagi kebanyakan negara yang berbahasa Inggris, kata ‘panini’ adalah kata jamak dari ‘panino’ yang berarti roti lapis. Biasanya Panini menggunakan roti utuh yang dipanggang, dan bukan menggunakan roti yang dipotong. Jenis roti yang biasa digunakan adalah baguette, ciabatta, rosetta dan michetta. Pada bagian dalamnya berisi isian daging olahan seperti salami, mortadella, atupun prosciutto serta keju, irisan tomat, dan tuna, dan biasa disajikan hangat. Panini bisa dibeli di Union Deli dan Yo’ Panino Jakarta, seharga Rp30.000 – Rp50.000/porsi.

9. Friselle

Roti khas Italia ini memiliki bentuk seperti cincin yang menyerupai donat. Friselle namanya, bedanya terletak di bagian atasnya yang diberi topping. Beberapa topping yang dihgunakan umumnya adalah tomat segar cincang beserta dengan daun tyme dan minyak zaitun. Selain itu terkadang Friselle juga diberi tambahan seafood untuk menambah variasi rasanya. Friselle memiliki tekstur yang renyah dan garing yang khas. Biasanya roti ini sering dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Italia, bersama dengan minuman kopi. Friselle bisa dibeli di 1945 Restaurant dan OSO Ristorante Jakarta, seharga kisaran Rp30.000 – Rp50.000/porsi.

10. Ciabatta

Roti tawar khas dari Italia adalah Ciabatta yang bertekstur lebih padat dibandingkan roti tawar pada umunya. Bentuknya yang pipih pangang membuat Ciabatta sering dijadikan sebagi roti sandwhich atau Panini. Sebab roti ini memang sangat cocok dipadukan dengan isian seperti daging asap, irisan daging babi, keju, serta aneka sayuran seperti tomat dan daun selada. Setelah itu Ciabatta biasanya dinikmati bersama dengan isian dengan cara dipanggang terlebih dahulu hingga bagian luar roti tampak kecokelatan. Ciabatta bisa dibeli di AMUZ Gourmet Restourant dan KempiDeli Jakarta seharga Rp5.000 – Rp10.000/porsi.

Yuk, baca juga :

11. Saltimbocca

Mungkin makanan khas Italia ini kurang begitu populer di Indonesia. Namun jika berkunjung ke Negara Sphagetti ini jangan sampai melewatkan makanan khas yang satu ini. Saltimbocca adalah daging sapi yang diiris tipis dan dimasak dengan prosciutto asin secara bersamaan menggunakan tusuk gigi. Ada dua acara untuk memperoleh hidangan ini yang pertama adalah dengan memesannya di restoran ternama. Kedua, adalah dengan mengikuti kelas khusus pembuatan Saltimbocca yang ada di Kota Roma. Sebab makanan ini memang sangat terbatas dan bahan-bahannya bisa diketahui lewat kelas tersebut. Saltimbocca bisa dibeli di Gia Restaurant dan Corl & Screw Jakarta, seharga Rp70.000 – Rp90.000/porsi.

12. Caponata

Sajian khas yang berasal dari daerah Sisilia, Italia, salah satunya yaitu Caponata. Makanan di daerah ini dipengaruhi oleh bangsa Yunani, Romawi, dan juga Arab. Oleh sebab itu hidangan Sisilia terkenal akan citarasanya yang beragam. Caponata sendiri adalah makanan yang terbuat dari seledri, caper atau jenis herba, minyak zaitun, terong, saus tomat asam manis beserta seafood. Seafood yang digunakan umumnya berupa gurita, scampi atau udang, dan lobster kecil. Citarasanya begitu khas dan kaya akan herba. Caponata bisa dibeli di De Luca dan Pasta House AWkitchen Jakarta seharga Rp40.000 – Rp60.000/porsi.

13. Rosetta

Rosetta adalah roti khas Italia yang mempunyai bentuk unik, karena menyerupai bunga mawar. Roti ini memiliki isian yang gurih maupun manis, dengan tekstur luar roti yang garing dan renyah serta bagian dalam roti yang lembut. Selain itu, Rosetta juga bisa berfungsi sebagai sandwhich dengan irisan daging, paprika, dan bawang tumis. Nama lain dari roti ini adalah michetta dan berasal dari daerah Lombardy di Italia Utara. Cara memasak roti Rosetta adalah dengan dipanggang sehingga dihasilkan tektur yang garing. Rosetta bisa dibeli di Dynamic Bakery dan Francis Artisan Bakery Jakarta seharga Rp30.000 – Rp40.000/porsi.

14. Taralli

Memiliki nama lengkap Taralli Pugliesi, makanan ini merupakan roti khas yang berasal dari daerah selatan semenanjung Italia. Teksturnya menyerupai breadstick atau pretzel. Taralli memiliki dua varian jenis, ada yang manis dan mengkilap dengan olesan gula. Ada pula yang gurih dengan bumbu bawang putih, biji wijen, biji poppy, adas, merica, cabai, dan garam. Taralli memiliki bentuk cincin atau oval berukuran sekitar sepuluh sentimeter. Memasakn Taralli adalah dengan cara merebus adonan sebentar sebelum dipanggang. Taralli Pugliesi bisa dibeli di Cork & Screw, Plaza Indonesia dan Social House seharga Rp30.000 – Rp40.000/porsi.

15. Panzanella

Panzanella adalah makanan salad khas Italia populer yang terbuat dari sayuran dan roti. Biasanya makanan ini disajikan sewaktu musim panas di Italia. Dalam banyak resep, selain tomat dan roti basi atau roti segar, ditambahkan pula sayuran lain pada Panzanella. Seperti mentimun, bawang, seledri, zaitun, dan sayuran hijau. Panzanella lahir pada sebuah dapur petani miskin di Italia. Sebab biasanya di rumah-rumah tersebut roti dipanggang hanya seminggu sekali dan roti basi harus dibuang. Oleh sebab itu selama musim panas dulu Panzanella menjadi makanan utama bagi para petani miskin di Italia. Panzanella bisa dibeli di Bacco dan Cork & Screw, Plaza Indonesia Jakarta seharga Rp30.000 – Rp40.000/porsi.

16. Sfogliatelle

Makanan dessert khas Italia ini konon berasal dari daerah Napoli. Sebab Sfogliatelle ricca memang terkenal di daeran Napoli. Namun, sebenarnya dessert ini terbagi menjadi tiga varian jenis, ada riccia, santa rosa, dan frolla. Asal-usulnya sendiri lebih banyak merujuk pada sebuah Biara Santa Rosa di Salermo. Resep Sfogliatelle santa rosa aslinya menggunakan pastry cream dan raspberry. Setelah itu kemudia pada awal abad ke-19 seorang pastry asal Napoli berhasil merubahnya menjadi bentuk segitiga atau ricca dan bulat atau frolla. Sfogiatelle bisa dibeli di Namaaz Dining dan Remboelan Jakarta seharga Rp30.000 – Rp40.000/porsi.

17. Cannoli

Kudapan manis khas Negara Spaghetti ini memiliki bentuk yang menyerupai tabung. Cannoli namanya, terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan garam yang digoreng hingga matang. Setelah itu lalu diisi dengan krim manis yang terbuat dari keju ricotta atau mascarpone dan ditaburi cokelat, kacang pistachio, dan air mawar. Selain itu untuk menyempurnakan tekstur dan citarasanya, tidak jarang krim vanilla dan bubuk kayu manis akan ditambahkan ke dalam sajian ini. Cannoli adalah salah satu dessert Italia yang patut dicoba. Cannoli bisa dibeli di Caffe Milano Jakarta dan Warunk Canoli Bandung seharga Rp25.000 – Rp30.000/porsi.

18. Cornetto

Cornetto yang berarti tanduk kecil adalah sebuah kue pastry yang khas dari Italia. Awalnya makanan ini merupakan variasi dari kue kipferl dari Austria dan croissant yang berasal dari Prancis. Namun, Cornetto berbeda dengan croissant sebab lebih lembut dan mengandung sedikit mentega. Bahan utama Cornetto adalah adonan pastry berupa telur, mentega, air, dan gula. Selain itu, kuning telur juga dioleskan di permukaan Cornetto untuk mendapatkan warna emas saat dipanggang lalu kemudian diberi isian manis. Cornetto bisa dibeli di Momo Paradise dan Cork & Screw, Plaza Indonesia seharga Rp30.000 – Rp40.000/porsi.

19. Rhum Baba

Dessert khas Italia ini berbentuk menyerupai cupcake dan dinamakan Rhum Baba. Makanan ini terbuat dari adonan telur, susu, mentega, dan ragi. Setelah kalis adonan tersebut akan dibentuk bulat lalu dipanggang hingga berwarna kecokelatan. Lalu ditambahkan dengan krim vanilla di bagian atasnya. Agar rasanya semakin nikmat, biasanya masyarakat Italia menambahkan topping buah-buahan ke dalam Rhum Baba. Makanan ini memang sangat cocok dijadikan sebagai sajian penutup makanan. Rhum Baba bisa dibeli di Santa 88 Cake, Bakery & Restaurant dan Pand’or Jakarta seharga Rp20.000 – Rp30.000/porsi.

20. Tiramisu

Siapa yang tidak kenal dengan Tiramisu, kudapan bertekstur lembut dan lumer di mulut ini telah dikenal luas di seluruh dunia. Makanan asli Italia ini terbuat dari beberapa jenis bahan, seperti biskuityang telah dicelupkan ke dalam kopi, krim keju, dan taburan bubuk kakao. Dalam penyajiannya Tiramisu akan dibekukan terlebih dahulu pada freezer. Kemudian baru dhidangkan dalam keadaan dingin. Kini, Tiramisu seringkali dikreasikan dengan aneka topping manis mulai dari es krim, cokelat, hingga buah-buahan segar. Tiramisu bisa dibeli di The Harvest Cake dan Almondtree Cakes Jakarta seharga kisaran Rp20.000 – Rp30.000/porsi.

21. Gelatto

Tekstur dan bentuk dari makanan khas Italia ini hampir menyerupai sorbet, Gelatto namanya. Salah satu dessert manis ini memang sangat cocok dijadikan sebagai menu makanan penutup. Hidangan ini terbuat dari adonan susu dan krim yang diolah dengan proses lambat hingga teksturnya lebih padat dibandingkan es krim biasanya. Gelatto memiliki beragam varian rasa serta dihidangkan dengan berbagai macam jenis topping seperti waffle cone, cokelat, kacang-kacangan, hingga aneka biskuit sesuai selera. Gelatto bisa dibeli di Tempo Gelatto Jogjakarta dan Gelato Secrets Jakarta, seharga Rp20.000 – Rp30.000/porsi.

Tinggalkan komentar