Makanan Khas Dieng

Teman, Kata ‘Dieng’ merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi bagi beberapa orang. Dieng merupakan nama daerah yang terletak di di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Bagi pecinta ‘hiking’, nama suatu daerah ini merupakan salah satu destinasi favorit karena dieng ini merupakan dataran tinggi. Dua tempat primadonya yaitu bukit Sikunir, dan Gunung Prau.

Nama Dieng sendiri pun cukup terkenal karena ada sebuah acara tahunan yang cukup terkenal bernama dieng culture festival. Ada acara utama yang sangat dinanti-nanti oleh pengunjung atau warga sekitar yaitu tradisi pemotongan rambut gimbal.

Itulah sedikit cerita dari banyaknya pembahasan mengenai dieng. Kali ini kita akan membahas hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi semua orang, yaitu makanan.

Jika kita ingin berpergian ke suatu tempat yang baru, pastilah kita bertanya-tanya dan mencari referensi mengenai makanan khas di suatu kota tersebut.

Jadi tidak usah bingung dan cemas, kami akan memberikan beberapa rekomendasi makanan khas dieng yang sangat populer yang tidak akan membuat kecewa jika kamu ingin berkunjung ke sana.

1. Mie Ongklok

makanan & oleh-oleh khas dieng

Makanan yang bernama Mie Ongklok ini merupakan makanan khas dari dataran tinggi Dieng. Jika kamu ke Dieng, pastikan kamu jangan melewatkan menu yang satu ini.

Mie Ongklok merupakan oalahan makanan yang berbahan dasar mie dan memakai kuah. Ya, ini adalah mie rebus khas Dieng. Mie ongklok ini terbuat dari racikan resep khas yang dilengkapi potongan daun kucai, kol, dan kuahnya yang dicampur dengan tepung kanji.

Nama dari Ongklok sendiri berasal dari alat pembuatan mie ini yang terbuat dari anyaman bambu dan menyerupai keranjang kecil. Dari asal nama alat perebusan mie ini lah nama Mie Ongklok ini tercipta.

Harga rata-rata mie ongklok ini berkisaran antara Rp. 10.000 – Rp. 20.000. Harga yang sangat terjangkau ditambah dengan citarasa khas dataran tinggi Dieng yang tak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke sana.

2. Carica

makanan & oleh-oleh khas dieng

Jika kamu pergi ke sekitar dataran tinggi Dieng, menu penutup atau minuman segar yang paling direkomendasikan adalah carica. Aneka olahan carica banyak kita jumpai di sana.

Carica sendiri merupakan tanaman buah yang masih satu keluarga dengan pepaya. Rasa yang manis dan citarasa khas buah carica sendiri sudah cukup untuk menyegarkan dahaga kamu.

Carica biasa diolah menjadi sejenis manisan atau sup buah yang dibuat di dalam kemasan. Kamu dapat meminumnya dalam keadaan dingin untuk menambah kesegaran yang mantap.

Setelah seharian berwisata, kamu dapat menyegarkan tubuhmu kembali dengan meminum carica ini.

Harga rata-rata minuman carica ini berkisaran antara Rp. 5000 – Rp. 10.000 per kemasan atau per gelasnya.

3. Purwaceng

makanan & oleh-oleh khas dieng

Purwaceng merupakan jenis tanaman obat yang tumbuh di dataran Dieng.

Purwaceng banyak diolah menjadi kering dan dapat dibuat teh. Minuman ini biasanya dinikmati di pagi hari. Banyak khasiat yang terkandung di dalam purwaceng, antara lain dapat meningkatkan vitalitas, menghangatkan tubuh, menghilangkan pegal linu, mencegah atau meredakan masuk angin, meringankan demam dan juga dapat menjadi anti kanker.

Jadi pastikan kamu mencicipi minuman sehat yang satu ini jika kamu berwisata ke Dieng.

Harga rata-rata purwaceng cukup bervariasi berkisaran antara Rp. 50.000 – Rp. 100.000 per kemasan.

4. Kopi Arabika

makanan khas dieng yang enak

Di Indonesia, banyak sekali jenis-jenis kopi yang terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu jenis kopi yang perlu kamu cicipi yaitu kopi arabika dari Dieng.

Biji kopi ini ditanam di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dengan suhu rata-rata 6 derajat celcius. Dengan proses tanam yang terjaga dan penuh perawatan menghasilkan citarasa yang sangat berkualitas.

Kamu dapat meminumnya langsung tanpa gula jika kamu pecinta kopi sejati, jadi apa salahnya jika kamu mencoba kopi yang satu ini.

Harga dari biji kopi ini berkisaran antara Rp. 40.000 – Rp. 50.000 per 500 gram. Atau Rp. 15.000 – Rp. 30.000 per gelasnya.

5. Sagon

macam-macam makanan dari dieng

Salah satu makanan khas Dieng yang lainnya adalah sagon. Sagon merupakan jajanan khas Dieng yang tidak boleh kamu lewatkan.

Sagon terbuat dari tepung sagu dan ditambah dengan parutan kelap dan melalui proses pemanggangan. Citarasa yang gurih dan mengenyangkan dapat mengganjal perut kamu selagi berwisata di Dieng.

Biasanya, pedagang-pedagang sagon ini menyajikan jajanan ini dalam keadan hangat. Teksturnya yang tebal, berserat dari kelapa parut ini akan membuat kamu ketagihan untuk menambah lagi.

Harga rata-rata sagon ini berkisaran antara Rp. 5000 – Rp. 10.000 per porsinya.

Yuk, baca juga :

6. Keripik Jamur

kuliner khas dieng

Di dataran tinggi dieng, banyak petani-petani jamur yang menghasilkan jamur terbaik.

Salah satu jajanan khas dataran tinggi Dieng yaitu keripik jamur. Walaupun tak asing lagi bagi kita, namu di Dieng keripik jamur sudah menjadi makanan khas Dieng yang menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjungnya. Selain bergizi, keripik ini juga memiliki citarasa yang khas dan nikmat tentunya.

Jadi, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Dieng ini sebagai cemilan yang bisa kamu nikmati bersama teh hangat ataupun kopi.

Harga rata-rata keripik jamur ini berkisaran antara Rp. 10.000 – Rp. 20.000 per porsinya.

7. Sego Megono

makanan khas dieng yang enak

Tak lengkap rasanya jika kita tidak makan nasi. Begitulah orang Indonesia yang sangat suka memakan nasi.

Makanan khas Dieng satu ini adalah sego megono, ya sego atau sega merupakan bahasa jawa yang berarti nasi. Di Dieng, makanan khas yang satu ini merupakan makanan dari olahan nasi yang cukup terkenal di dataran Dieng.

Sego megono sendiri adalah olahan nasi putih yang dicampur dengan teri dan irisan sayur lainnya. Olahan ikan teri yang sangat nikmat ini dapat membuat kamu menambah dan ketagihan, dan pastinya mengenyangkan.

Tak lengkap rasanya jika sego megono ini disantap sendirian. Biasanya sego megono ini disantap bersama tempe kemul yang akan kita bahas di bawah. Paduan rasa tempe kemul serta teri dan nasi hangantnya akan menghidupkan lagi energi kamu setelah lelah seharian atau memulai aktivitas.

Harga rata-rata sego megono ini berkisaran antara Rp. 3000 – Rp. 10. 000 per porsinya.

8. Kacang Dieng

makanan & oleh-oleh khas dieng

Makanan khas Dieng yang satu ini merupakan jajanan yang cukup terkenal. Namanya adalah kacang Dieng.

Jajanan satu berbahan dasar kacang yang tumbuh baik di sekitaran dataran tinggi Dieng. Bentuk dari kacang ini juga terbilang cukup unik, bentuknya yang besar seperti kacang koro yang membuat sensasi saat menggigit lebih puas.

Banyak wisatawan yang mencari-cari jajanan yang satu ini jika berkunjung ke Dieng. Rasanya yang gurih dan asin membuat hari semakin lengkap dengan menyantap jajanan ini sembari mengobrol bersama teman. Jadi pastikan kamu mencicipi makanan khas Dieng yang satu ini.

Harga rata-rata kacang dieng ini berkisaran antara Rp. 20.000 per kemasan.

9. Dendeng Gepuk

makanan khas dieng yang enak

Makanan khas Dieng yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Namanya adalah dendeng gepuk.

Dendeng gepuk ini terbuat dari daging sapi pilihan berkualitas. Citarasa yang kompleks dan gurihnya bumbu racikan khas Dieng membuat hidangan yang satu ini banyak diburu wisatawan. Rasanya sangat cocok jika dinikmati bersama nasi hangat.

Kamu dapat menemukannya di pusat oleh-oleh atau di toko-toko yang menjual aneka oleh-oleh.

Harga dendeng gepuk ini berkisaran antara Rp. 100. 000 per kemasannya.

10. Geblek

makanan khas dieng

Makanan khas Dieng yang satu ini terdengar tidak biasa. Namanya adalah geblek.

Nama yang sangat unik untuk sebuah makanan. Justru disitu daya tariknya membuat orang semakin penasaran dengan hidangan yang satu ini.

Geblek ini merupakan jajanan khas tradisional berwarna putih yang dibuat dari tepung singkong lalu digoreng. Teksturnya yang kenyal ditambah dengan sambal pelengkapnya membuat jajanan satu ini nikmat dan harus kamu cicipi.

Harga geblek ini berkisaran antara Rp. 5000 – Rp. 10.000 per porsinya.

11. Tempe Kemul

macam-macam makanan dari dieng

Makanan khas Dieng yang satu ini merupakan jenis jajanan atau cemilan. Namanya adalah tempe kemul.

Kemul sendiri berarti selimut dalam bahasa Jawa. Berarti makanan yang satu ini berarti tempe yang diselimuti. Nama yang cukup unik seperti nama geblek tadi.

Tempe kemul sedikit berbeda denga tempe yang bertepung lainnya. Karena racikan resep dari tepung yang sangat khas dan tradisional, penggunaan tepungnya pun lebih tebal jadi jika digoreng kering akan menyajikan sensasi “kriyuk”.

Jajanan yang satu ini sangat nikmat jika dinikmati dengan kopi, teh hangat, ataupun carica sembari mengobrol dengan teman.

Harga rata-rata tempe kemul ini berkisaran antara Rp. 5000 – Rp. 10.000 per porsinya.

Tinggalkan komentar