10 Cara Pemasaran Bisnis Kuliner Lewat Blog

Blog saat ini bisa Anda jadikan sebagai media yang tepat untuk memasarkan produk kuliner yang Anda miliki. Terlebih saat ini sudah cukup banyak tempat beli domain termurah yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Ada banyak penawaran hosting murah dan terbaik. Akan tetapi, sesudah Anda membuat blog, Anda juga harus tahu strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda. Nah, berikut telah kami rangkum cara-caranya.

1. Mendaftarkan Bisnis Anda di Platform Pencarian Resto

Setelah Anda membeli hosting murah, lalu silahkan buat blog Anda. kemudian jangan lupa juga untuk mendaftarkan bisnis atau brand kuliner Anda di platform pencarian resto.

Sebut saja salah satunya seperti Zomato. Platform tersebut merupakan sebuah website dan aplikasi yang mengulas kuliner. Platform tersebut banyak diakses oleh para pecinta kuliner. Dengan begitu, produk Anda akan semakin mudah ditemukan.

Selain Zomato, Anda juga bisa mencoba mendaftarkannya di beberapa platform lain yang serupa. Selain memudahkan orang untuk mengenal produk Anda, platform tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengenalkan blog yang sudah Anda buat.

2. Optimalkan Blog dengan SEO

Optimasi SEO sangat penting untuk web maupun blog. SEO atau search engine optimization merupakan metode optimasi terbaik untuk menjaring traffic web yang lebih banyak. Bahkan dengan SEO Anda bisa menjaring audiens atau calon customer tertarget.

Apa itu audiens/customer tertarget? Mereka adalah audiens potensial yang sedang membutuhkan produk yang Anda jual. Dengan begitu, potensi untuk mendatangkan keuntungan pun menjadi lebih tinggi.

SEO merupakan optimasi agar situs web atau blog Anda mudah ditemukan. Bahkan SEO akan mengoptimalkan kata kunci yang relevan dengan produk Anda.

Contoh kata pencarian kata kunci yang relevan seperti “toko ramen terdekat”, “ramen murah”, dan lainnya. Anda bisa menyesuaikannya dengan produk kuliner yang Anda jual.

Jika website Anda muncul pada hasil pencarian kata kunci tersebut, maka akan ada ratusan hingga ribuan pengunjung web setiap hari. Dengan begitu, produk Anda akan mudah dikenal oleh banyak orang.

3. Membuat Nama Blog Sesuai Brand

Anda bebas memilih nama untuk blog yang Anda buat. Namun sebaiknya Anda gunakan nama yang sesuai dengan brand yang Anda miliki. Atau Anda memilih nama restoran Anda agar orang mudah mengenalinya.

Setelah itu, silahkan daftarkan juga brand Anda di Google Bisnisku. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa alamat situs Anda sesuai. Cara ini juga ampuh untuk memudahkan setiap orang saat mencari alamat restoran Anda.

4. Membuat Daftar Menu Berbentuk PDF

Buatlah brosur berbentuk PDF yang berisi daftar menu lengkap dengan harganya. Anda juga bisa menambahkan deskripsi terkait menu-menu tersebut dengan gaya bahasa yang menarik.

Cantumkan juga informasi lainnya, seperti bahan-bahan yang digunakan, dan informasi menarik lainnya. PDF ini bisa Anda bagikan di blog Anda untuk diunduh oleh para pengunjung blog.

5. Membentuk Review Produk Kuliner

Review sangat penting sekali pada bisnis di era digital. Bentuklah desain yang positif, namun jangan menghindari review yang negatif. Biarkan review yang ditulis oleh customer apa adanya.

Untuk mendapatkan review yang positif, maka Anda harus mengoptimalkan pelayanan. Anda harus berusaha agar customer mau menulis review positif terhadap restoran dan menu-menu yang Anda tawarkan.

Jangan lupa juga untuk membalas setiap komentar review yang ditulis oleh customer. Berterimakasihlah pada customer yang menulis review positif dan katakan Anda akan meningkatkan layanan dan kualitas pada review negatif.

6. Mengoptimalkan Promosi dengan Media Sosial

Anda bisa mendapatkan traffic blog lebih banyak dengan mengandalkan media sosial. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berpromosi. Caranya adalah, silahkan Anda share konten blog Anda di media sosial.

Namun jangan Anda share begitu saja blog Anda. Buat juga sebuah copywriting sebagai pemanis pada deskripsi konten media sosial yang Anda bagikan tersebut.

Untuk pemula, kami menyarankan Anda untuk memilih Facebook sebagai media yang tepat. Karena pengguna Facebook di Indonesia memiliki jumlah yang sangat tinggi. Dengan begitu, konten dan promosi Anda berpotensi dilihat oleh banyak orang.

7. Menggunakan Jasa Influencer

Influencer saat ini memiliki peranan penting di dalam sebuah bisnis. Pasalnya, semakin banyak pengikutnya, semakin mudah bagi para pelaku usaha untuk mengenalkan atau mempromosikan usahanya.

Silahkan Anda cari influencer yang menyediakan jasa endorsement. Carilah yang sudah memiliki pengikut yang banyak, minimal puluhan ribu pengikut. Semakin banyak pengikutnya, tentu akan semakin mudah bagi Anda untuk mengenalkannya.

Namun perlu Anda jadikan catatan, bahwa semakin banyak pengikutnya, biasanya harga endorsement-nya pun semakin tinggi. Maka dari itu, pertimbangkan juga budget sebelum memilihnya.

8. Memasang Iklan

Layanan iklan juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk pemasaran kuliner pada blog. Sistem pemasangan yang ideal untuk blog Anda yaitu Google Ads. Karena melalui cara tersebut blog Anda semakin mudah ditemukan oleh para pengguna mesin pencari, khususnya Google.

Meski begitu, Anda juga bisa memilih beberapa jenis layanan iklan lainnya. Contohnya seperti iklan Facebook yang bisa mempromosikan blog kuliner yang Anda miliki.

Baik iklan Google maupun Facebook, keduanya adalah jenis iklan yang sangat powerful. Anda bisa menargetkan audiens khusus, seperti gender, usia, hingga kata kunci tertentu.

Biaya iklan di Google Ads maupun di Facebook Ads bisa Anda sesuaikan sendiri. Jadi Anda bisa memilih budget yang pas sesuai dengan kemampuan finansial Anda saat ini.

9. Bekerjasama dengan Jasa Pengantaran Makanan

Sistem pemesanan makanan saat ini sudah semakin mudah. Contohnya aplikasi Grab Food yang memungkinkan kita untuk belanja makanan secara mudah, kapan saja dan dimana saja.

Jika Anda ingin mengoptimalkan penjualan, maka daftarkan atau bekerja sama juga dengan layanan tersebut. Tawarkan produk Anda di platform tersebut agar bisa dipesan oleh banyak orang.

Melalui platform tersebut Anda juga bisa memberikan promo-promo menarik kepada pelanggan. Promo bisa Anda manfaatkan untuk menjaring lebih banyak pembeli.

10. Memanfaatkan Email Marketing

Banyak yang berpendapat bahwa saat ini email marketing merupakan strategi pemasaran yang kurang efektif. Pasalnya, menurut pendapat mereka sudah jarang customer atau calon customer yang membacanya.

Namun fakta berbicara lain. Kenyataannya, hingga saat ini banyak perusahaan yang masih mengirimkan email marketing. Pasti ada alasan untuk hal tersebut bukan? Hal tersebut menandakan bahwa pemasaran melalui email masih terbilang efektif.

Meski begitu, jenis pemasaran dan promosinya saat ini lebih bersifat soft selling. Contohnya seperti email newsletter. Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan menu-menu terbaru, hingga harga promo.

Baca juga: Minuman Khas Jepang

Informasi promosi dan harga menarik akan menjadi alasan mereka untuk membuka email Anda. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa email marketing masih efektif hingga saat ini asalkan jenis pemasaran yang Anda gunakan efektif.

Itulah cara-cara yang tepat untuk mengoptimalkan pemasaran kuliner Anda melalui blog. Bagi yang sudah menemukan tempat beli domain dan sudah membuat blog, silahkan Anda optimalkan pemasaran dengan cara-cara di atas. 

Tinggalkan komentar